My Dream!

Terinspirasi dari tulisan teman di milis alumni SMA seangkatan dan buku tetralogi Laskar Pelangi (yang membangunkanku akan â?mimpi-mimpi gilaâ? sewaktu kecil). Berikut isinya…

â?Susan, Susan….. besok gede mau jadi apa?â? Itu kira-kira lirik lagu yang dulu pernah dipopulerkan oleh boneka Susan (aku sendiri dah lupa, gimana persisnya syair lagu ini). Lirik lagu itu kedengarannya sederhana, tapi kenyataannya, saat kita masih kecil, kita pasti pernah punya beragam mimpi tentang masa depan. Minimal, mimpi tentang mau jadi apa kita nanti kalau sudah besar….

Sakjane, akeh tenan mimpiku. Tapi mimpi yang paling tak inget dan tergila yang pernah kupunya adalah jadi perampok mobil pos. He..he… Soale mbiyen pas SD lagi gandrung-gandrungnya ngoleksi perangko. Jadinya, aku mikir bahwa surat-surat yang tak rampok itu, bakal takteteli perangko-ne, ben koleksinya semakin banyak…^-^"

Trus, trus…..mimpi pas SMP yaitu pengen banget jadi Arkeolog. Saat itu aku lagi suka banget mempelajari sejarah peninggalan peradaban kuno, seperti di Mesir, di Amerika Latin (Maya, Inca, Aztec) de el el. Penyebabnya adalah kesenangan dalam membaca buku sejarah zaman kuno dan nonton film-film yang berbau treasurer hunter! Rasanya keren gitu loh, ngilang, tersesat dan bertualang di negeri antah berantah sambil berburu harta karun bernilai tinggi. Ha…ha….

Nah, kemudian mimpi pas SMA. Tentunya tambah macem-macem lagi, tapi lumayan lebih logic and realistic ketimbang mimpi-mimpi pas SD dan SMP…Sempet kepikiran untuk jadi atlet Taekwondo profesional (ha..ha..medheni yo??) karena saat itu lagi gandrung-gandrungny ikut ekskul Taekwondo. Then, pernah juga pengen jadi ahli biologi, karena Biologi merupakan the most favourite lesson dibandingkan pelajaran IPA lainnya (ato malah satu-satunya pelajaran IPA yang di-bisa-in ya??)

Trus, pengen jadi dokter…Cita-cita yang paling banyak ditulis (or wajib ditulis?) oleh kita sewaktu kecil. Selain itu, sepertinya sudah menjadi â?kulturâ? di SMA aku bahwa sebagian besar siswanya akan memilih FKU! Aku cukup terpengaruh oleh kultur itu, sampai pada suatu hari, aku akhirnya gak jadi milih KU karena beberapa pertimbangan yang cukup serius. Waktu itu, sempat mampir ke Fakultas Psikologi untuk ikut tes pemilihan jurusan sesuai bakat dan kepribadian. Hasilnya, mengatakan bahwa aku bisa aja masuk ke Kedokteran, tapi itu akan sangat susah mengingat kapasitas otak aku yang cukup terbatas pada bidang-bidang ke-IPA-an serta sifat aku yang agak anti-lab (maksudnya penelitian di dalam ruangan lab). Aku lebih cocok berkecimpung di bidang-bidang yang terjun langsung di lapangan (outdoor) serta studi ke-bahasa-asing-an.

Dan karena dorongan guru BK-ku (tribute for Bu Titun ^o^), she said that bahwa KU bukanlah segalanya. So, aku milih HI dan sastra Jepang sebagai pilihan yang sesuai minat dan bakatku. Akhirnya, tercetus pemikiran yang sedikit bernada keputus-asaan, "klo gak to be, to get dokter aja lah..^-^". He…..(Ternyata, dimana-mana dokter masih menjadi âidamanâ? para wanita dan mertua ya???)

One thought on “My Dream!

Leave a Reply

