[Story] Xuexi Hanyu

Nimen hao, wo de pengyoumen! Wo jiao Retno. Wo de zhongguo mingzi shi Sun Li Wei. Wo shi Yinni ren. Wo shi daxuesheng. Xianzai, Wo zai Yinni Daxue xuexi Hanyu. Hanyu shi hen nan, danshi wo hen yao hui shuo Hanyu!!! JIA YOU ^^!!

(translasi : Halo teman-temanku! Namaku Retno. Nama Chinaku adalah Sun Li Wei. Aku adalah orang Indonesia. Aku seorang mahasiswa. Sekarang ini, aku belajar Bahasa Mandarin di Universitas Indonesia. Bahasa Mandarin itu sangat sulit, tapi aku ingin bisa berbicara bahasa Mandarin. Semangat ^^!)

Hari ini adalah pertemuan ketiga dari Hanyu Kouyu Ke (Mandarin Conversation Class) yang aku ikuti di PPB UI Salemba. Semakin kusadari betapa susahnya belajar bahasa Mandarin yang memang layak mendapat gelar sebagai “bahasa tersulit di dunia” !!! Lidahku sering keseleo karena berbagai shengdiao (nada-nada) dalam pinyin Mandarin yang meliuk-liuk dengan indahnya. Kering rasanya bibir ini mengulang-ulang kata yang sama, agar dapat terucap dengan nada yang benar.

Huah… Memang penting banget untuk bawa botol minum or gelas, karena harus selalu “sedia minum sebelum haus” ^^ !!!

Blom lagi ketika mempelajari Hanzi-nya! Ribuan “Kanji” rumit dan ruwet itu menghantuiku! Tapi kali ini aku cukup beruntung karena programku ini memang tak mengajarkan how to write Chinese character. Yokatta na~! tapi tetep aja, Bahasa Mandarin susahnya minta ampyun.

 

Tulisan di atas : ZHONGWEN (bacanya ; chongwen) yang berarti Bahasa Mandarin

By the way, bahasa ada ribuan jumlahnya di dunia ini. Tapi, mengapa aku memilih untuk mempelajari bahasa Mandarin dari sekian ribu bahasa itu? Alasan pertama karena bahasa Mandarin (Hanyu) itu dipakai oleh lebih dari 1,3 milyar penduduk PRC (Zhongguo), yang keberadaannya ndak hanya di negara China aja, tetapi juga berada di seluruh dunia (negara mana sih yang nggak ada China town-nya?). Betapa bahagianya apabila kita bisa berkomunikasi dengan 1,3 milyar penduduk dunia. haha… (susah juga mbayanginnya ^^”)

Yang kedua adalah maybe caused by my own idealism. Rasanya, ada kepuasan tersendiri apabila aku bisa “menaklukan” bahasa tersulit di dunia ini. Secara salah satu cita-citaku adalah bisa menguasai 5 bahasa utama dunia (insyaAllah Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Arab, dan Rusia)

Dan yang ketiga adalah wo hen xiang Zhongguo qu! I really wanna go to China, someday, then menelusuri Silk Road di Western China, dan tak lupa mengunjungi Xinjiang Uyghur untuk bertemu dengan saudara-saudara Muslimku di sana. Juga melakukan penelitian Contemporary Islam development.

Wanna be an East Asian Studies Expert!

Oleh karenanya, salah satu tahap menuju ke sana adalah I have to JIA YOU xuexi Hanyu! Semoga bisa terkabul… Aamiin ^^!

Advertisements

3 thoughts on “[Story] Xuexi Hanyu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s