Do Not Smoking!!

Tribute for hari tanpa tembakau se-dunia….

I like the words "Do Not Smoking". Karena jelas, aku tidak suka orang yang merokok…bahkan rasa tidak suka-ku pada perokok itu bisa menempati posisi lima besar "the most I hate". Ingin rasanya menempelkan semua tulisan "Do Not Smoking" itu di semua tempat umum, apalagi di public transportation.

Pernah gak sih, ngrasain betapa menyebalkannya berada di dekat perokok, yang merokok dengan santainya di tengah sumpeknya transportasi umum (bis or angkot), yang sempit berdesak-desakan, sewaktu hujan pula. Ough…. Membayangkannya saja sudah membuatku pusing dan bu xing! Asapnya itu lho, bikin gak tahan! Sering aku berpikir bahwa perokok adalah orang paling egois di dunia! Maka, tak heran apabila aku memasukkannya dalam chart tangga teratas orang-orang yang tak kusukai.

Alasan-alasannya, antara lain;

1) Perokok itu adalah orang yang "aneh". Kenapa aneh? Karena di zaman yang semakin sulit ini, koq ada aja orang yang suka membakar uangnya sendiri. Merokok = Membakar Uang

2) Perokok itu the truly egois people. Hanya demi menikmati nikotin yang justru bisa mematikannya, ia rela mengorbankan keluarga, istri dan anaknya yang kurang gizi dan kelaparan karena tak bisa makan.

3) Perokok sangat egois dan jahat karena telah menyebarkan marabahaya bagi orang di sekitarnya. Sering dengar or lihat di berita-berita, bahwa sudah terbukti dengan jelas dan nyata bahwa perokok pasif itu lebih rentan terkena penyakit daripada perokok itu sendiri. Kalau mw ngrokok, ya mbok ngrokok di ujung langit, biar gak ada orang lain yang terkena imbas "asap beracunnya". Kalo susah nemuin ujung langit, ya isep aja semua asepnya, jangan sampai nyebar kemana-mana.. Bahaya lain dari ngerokok bisa kita llihat dari tulisan-tulisan yang terpampang di pom bensin. "Berbahaya! Dilarang Merokok! Bisa mengakibatkan kebakaran". Ada banyak kasus kebakaran dan ledakan gas, yang disebabkan "hanya" gara-gara percikan kecil api dari puntung rokok yang dibuang sembarangan, blom dimatiin pula.

Nah, jelas tho?? Kalau merokok itu membahayakan nyawa orang lain. Klo pembelaannya karena privacy ,"suka-suka gw mau diapakan uangnya. Mau dibakar kek, mau disobek, mau dibuang. Itu uang-uang gw…!", justru semakin menegaskan bahwa "yes, gw orang yang egois"

"Ngrokok buat ngilangin stress, suntuk, capek, ngantuk, dingin….etc". Kalo hanya karena itu, emangnya ndak ada alasan lain yang lebih baik or qualified, yang bisa dijadikan pembelaan?? Apa tidak ada cara lain yang lebih baik, untuk bisa menghilangkan rasa stress, suntuk, capek, ngantuk, dingin, dll?

Maka, aku sangat setuju dengan fatwa yang mengatakan bahwa ROKOK adalah HARAM!! Maybe, aku terlihat seperti orang yang ekstrim. Tapi YA! Aku memang ekstrim untuk hal-hal yang benar dan jelas hukumnya. Sekeren-kerennya, sehebat-hebatnya, secakep-cakep/secantik-cantiknya, sepinter-pinternya, pokoknya se-…se-…lainnya, apabila aku tahu bahwa dia perokok, maka automatically imagenya akan jatuh di mataku. Langsung menjadi "not respect anymore". Secara profesional aku masih bisa menghormatinya, tapi secara moral, maap maap aja ya🙂

Biasanya, apabila aku bertemu dengan orang yang merokok di dekatku, dengan terang-terangan aku tunjukkan "sikap tak bersahabat dan tak suka". Pasti aku langsung pasang tampang sadis dan sinis. Kalau dia orang yang kukenal cukup dekat, biasanya aku akan ngomong langsung , "PERGI kau dari hadapanku :D"

Kalau gak kenal, biasanya aku suka "menyindir" dengan tunjukkan sikap batuk-batuk (dengan KERAS) dan mengipas-ngipas asapnya….di hadapannya secara langsung! Kalau orangnya "nyadar", lebih tepatnya sadar diri, Alhamdulillah ia akan dengan segera mematikan rokoknya ato pergi dari hadapanku. Tapi klo orangnya "tebal rasa", duh nyebelin banget TT___TT.

Bagaimana bisa orang yang mengaku dirinya cerdas dan hebat tapi dengan entengnya membabat habis rokok sampai berbatang-batang?? Orang pinter koq cari penyakit sendiri???? "Are you really a smart people?"

Jelas bahwa ROKOK adalah sumber penyakit mematikan (kanker paru-paru). Jelas bahwa ROKOK sumber kemiskinan dan rentan konflik dan Jelas bahwa ROKOK lebih BANYAK MUDHARATnya daripada manfaatnya.

Memang fakta bahwa cukai rokok menjadi sumber penghasilan terbesar pemerintah untuk menghidupi warga negaranya. Namun, fakta ini adalah fakta yang memiriskan hati.

Semoga kita bisa tersadar akan kebenaran yang nyata, bukan mencari pembenaran.

"SAY NO to ROKOK!"

One thought on “Do Not Smoking!!

  1. Betul banget ukht…namun memang sulit menyadarkan mereka yang telah kecanduan merokok, karena merokok itu bukan hal baik sehingga ia ditunggangi syetan…dan kebanyakan kita senang dengan hal-hal yang ditunggangi syetan

Leave a Reply

