The International Relations

Cambodia, Canada, China, Colombia, Denmark, Egypt, France, Germany, Greece, India, Iraq, Jamaica, Japan, Kazakhstan, Lao PDR, Macedonia, Malaysia, Mexico, Morocco, Myanmar, Nepal, Pakistan, Palestine, Russia, Saudi Arabia, Singapore, South Korea, Spain, Sudan, Taiwan, The Philippines, Thailand, Turkey, UK, Ukraine, USA, Vietnam.

Having friends from those countries, make me see many different perspectives, and a lot of new experiences. They opened my heart & eyesâ¦.Dear, my international friends ^____^!

Bertemu dengan banyak orang baru, ternyata memang memberikan banyak sekali pengalaman-pengalaman dan pengetahuan yang tak disangka-sangka. Tak bermaksud menyampingkan teman-teman yang ada di negeri sendiri, aku hendak menuliskan secara khusus tentang mereka, teman-temanku dari sebrang sana.

Pertama kali memiliki teman dari negara lain ketika aku masih kelas 5 SD. Saat tu, aku gemar sekali berkorespondensi, surat menyurat via Pos, termasuk dengan teman dari sebrang sekalipun. Sampai-sampai, bapak tukang pos hampir setiap hari bertandang ke rumahku untuk mengantarkan untaian kata dari berbagai daerah itu (thanks Mr.Postman ^___^!).

Nah, teman asing pertamaku ini berasal dari negeri jiran, Malaysia, tepatnya di Langkawi. Aku selalu berkomentar, â?wah…nggak ngerti! Baca suratnya berkali-kalipun masih saja tak pahamâ?, tiap mendapatkan surat darinya. Tapi, aku selalu terkagum-kagum pada setiap ceritanya, walau hanya setengahnya yang dapat kupahami (cakap malay memang membingungkan ^___^). Tentang keluarganya, kehidupan sehari-harinya, sampai kondisi lingkungannya. Mungkin dari pengalaman itulah muncul ketertarikanku pada sebuah hubungan internasional, hubungan silaturahmi yang borderless, dan yang membuka mataku bahwa â?Ada orang lain di luar sanaâ?.

Tak pernah kubayangkan sebelumnya bahwa aku bisa bertemu dengan orang-orang dari negara-negara lain, termasuk dari negara langka (maksudnya, negara yang namanya saja belum pernah kudengar sebelumnya). Sering terceletuk, â?o…ternyata ada to negara ini??â? haha..

Alhamdulillah, bersyukur sekali aku diberi kesempatan untuk bersapa dengan mereka. Walau hanya sekejap, tapi mereka memberikan banyak arti dalam hidupku. Aku jadi tahu bahwa banyak sekali peristiwa terjadi di dunia ini ; apakah itu konflik, perang, kesejahteraan, perdamaian dan sebagainya. Termasuk ketika bertemu dengan saudara-saudaraku dari Palestina, Bosnia, Irak, Sudan dan Albania. Kuketahui bagaimana kehidupan traumatis mereka, yang penuh dengan teror setiap saat. Dan sebaliknya, juga ketika ku bertemu dengan berbagai sahabat dari negara maju, dengan segala kemewahan dan gaya hidup hedonis mereka. Sebuah paradoks kehidupan.

Hm…then, beragam karakter, sifat dan pemikiran mereka seringkali membuatku tercekat. Sesaat stagnan, dan berpikir berulang kali. Pun ketika aku harus menjelaskan tentang hal â?baruâ? (menurut mereka), tentang agama dan keyakinanku, ISLAM. Di satu sisi aku merasa sangat-sangat tak berilmu, karena ternyata masih banyak hal yang belum kuketahui dan sulit kujelaskan dengan bahasa paling sederhana agar mudah mereka cerna. Sehingga, di sisi lain, justru itu lah yang menjadi tantangan buatku untuk menggali lagi lebih dalam, ilmu NYA yang tak terbatas itu.

Dari mereka pulalah kutemukan arti pentingnya sebuah bahasa. Bahasa yang menjadi alat agar dapat berkomunikasi dengan lancar bersama mereka. Baru kutahu bahwa bahasa Inggrisku masihlah sangat terbatas, sehingga sering membuat kami mis-communication, dan terkadang gak nyambung. Hehe…(walah, angel tenan to yo??? IELTS and TOEFL. melu BIPA wae kaliâ!)

Kurasakan juga betapa bahagianya ketika aku dapat berbicara dengan bahasa yang sama dengan mereka, walau itu cuma sepatah dua patah kata. At least aku tahu bagaimana mengucapkan dua kata wajib dalam mempelajari bahasa apapun ; terima kasih dan I love you! (haha…. ^^â?).

Yang terpenting dari kesemuanya itu adalah tak ada batasan dalam menjalin sebuah ukhuwah. Dan dari ukhuwah itulah akan ada banyak sekali pengalaman dan pengetahuan baru.

Dear, saudara-saudaraku yang ada di penjuru dunia! YOROSHIKU ONEGAISHIMASU! YOSH ^____^ !

Benarlah bahwa DIA menciptakan bermacam-macam suku dan bangsa di dunia ini, agar kita dapat saling mengenal. Ingin sekali kubertemu dengan setiap suku bangsa ciptaan-NYA. Agar aku dapat lebih mengenal.

Kupanjatkan doa agar ukhuwah ini selalu terjaga hingga akhir hayat.

PS: Tambahan

TERIMA KASIH

Syukron (Arabic), Spasibo (Russian), Merci (French), Muchas Gracias (Spanish), Tessekkur edirim (Turkish), Khop Chay lai-lai (Lao), Arigatou gozaimasu (Japanese), Kamsahamnida (Korean), Xie-xie (Mandarin), Villen Danke (Germany), Shukria (Hindi), etc

I LOVE YOU (hehe…)

Aishiteru (Japanese), Saranghaeyo (Korean), Wo ai ni (Mandarin), Seni Seviyorum (Turkish), Koi hag coi (Lao), Uhibbuki/Uhibbuka (Arabic), Je taime (pie to nulise??), Kyom Srolanneaâ (Cambodia), Mahal Kita (Tagalog), Ye tebya lublu (Russian), Mai tumse bahut pyar karta hun (howeâ¦.! dhowo tenan. Bahasa Hindi.Lihat di kamus. ketahuan sering lihat Bollywood ^^â?), dan akeh sing lali

4 thoughts on “The International Relations

  1. wah..mbak..aku mau dong dikenalin temenmu juga…aku pengen bgt punya penpall dari egara lain, tapi klo via pos biayanya mahal euy…
    omong2 kok di buletin board cuma ada org indonesia ya? paling banter org malaysia…knapa ya? mp kan internasional?

  2. wa..wa..boleh, boleh…pengen kenal yang dari mana? hanya beberapa koq yang lewat pos. Laennya, pake email/YM …tekor ntar klo pake pos smua…ha…ha…
    Mungkin karena sistemnya link-link-an gitu..klo ada link temen luarm mungkin bisa menghubungkan dengan yang lainnya…ayo ajak-ajak ^^….

  3. Salam kenal juga chie-san…Teman-teman saya itu sebagian besar bertemu langsung (tatap muka), jarang lewat YM. Memang, dulu pernah ada pengalaman lewat imrc, dapet yang "aneh2"…he..he….nggak lagi deh. Alhamdulillah bisa berkesempatan bertemu langsung dengan banyak orang dari berbagai penjuru dunia….Yosh, semangat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s