Dunia Kerja

Kemarin Jumat, aku bertemu dua kawan karibku saat kuliah di Jogja dulu. Bisa dikatakan pertemuan ini merupakan reuni kecil-kecilan chapter Jakarta. Kami bertemu di tempat kerja salah satu temanku yang sudah bekerja di sebuah perusahaan milik pemerintah terbesar di Indonesia, yang terletak di jalan protokol Jakarta.


Tentu saja aku sangat senang bisa bertemu teman-temanku itu. Walaupun kami sudah purna-studi S1 dan tak lagi berada di tempat yang sama, serta masing-masing kami telah melanjutkan jalan hidupnya sendiri, sebisa mungkin kami tetap keep in touch. Sejauh nafas ini masih berhembus….


Hm……Sungguh, aku terpana dan terbengong-bengong dan jujur aja, agak segan untuk menginjakkan kaki di gedung perusahaan tempat bekerja temanku yang sangat lux dan megah. Tentu saja, karena gedung itu merupakan â?markas pusatâ? dari perusahaan yang melingkupi seluruh Indonesia. Untung aja, aku memakai baju yang â?cukup rapiâ?, jadi ndak terlalu minder untuk bisa masuk ke sana….he…he…..


Di siang itu, setelah saling melepas kangen (karena sudah hampir setahun tidak bertemu), kami langsung menuju sebuah tempat di kawasan SCBD untuk makan siang bareng. Sambil menikmati ayam goreng tulang lunak ( ^o^â? ), kami berbincang-bincang mengenai pengalaman-pengalaman dan keadaan terkini dari masing-masing kami.


Dua orang temanku itu sudah bekerja walaupun statusnya masih kontrak, karena tergolong fresh-graduate dan masih dalam tahap awal. Mereka bercerita tentang suka-duka dalam bekerja. Sepertinya, cukup banyak kesulitan-kesulitan, hambatan-hambatan, dan tantangan yang mereka hadapi. Tapi mereka terlihat sangat senang dan menikmatinya, penyebabnya adalah pekerjaan yang mereka lakoni sudah sesuai dengan minat dan keinginan masing-masing. Aku yakin akan hal tersebut.

Then, aku merasa bahwa teman-temanku yang sudah bekerja itu sangat keren!!!!! Apalagi baju seragamnya…. he..he…. Kakkoi da ne….^^! SUGOI…. Subhannallah. Betapa bahagianya. Alhamdulillah, sungguh aku ikut merasa senang ^^!


Di sela-sela hatiku, jujur, aku merasa sedikit iri. Iri karena kagum terhadap mereka yang sudah mampu mencari penghasilan sendiri dan membantu orang tua. Iri karena mereka sudah bisa keluar dari zona kenyamanan seorang anak……


Sedangkan keadaanku berbeda dengan teman-temanku itu. Aku masih saja bergantung pada orang tua. Teman-temanku sudah bekerja, sedangkan aku masih memperpanjang waktuku untuk berada di â?zona nyamanâ? ini dengan melanjutkan studi S2. Status â?mahasiswaâ? memang merupakan sebuah status yang relatif aman untuk menghindar dari kerasnya kehidupan masyarakat dan dunia kerja. He…he….jadi malu………


Aku jadi teringat sebuah pesan dari salah seorang temanku itu, â?Cobalah sesekali untuk keluar dari zona nyaman ini, walaupun akan terasa sangat berat dan mengusik hati!â?.


Benar juga…..

Aku merasa masih belum ada apa-apanya dibandingkan mereka-mereka yang telah bekerja dan mampu melewati tembok "dunia kerja". Melihat mereka, membuat semangatku terpacu. Paling tidak, aku ingin bekerja paruh waktu, sembari tetap menjalani studiku. Aku tak ingin lagi membebani orang tua dalam masalah finansial, at least bisa memenuhi anggaran jajanku sendiri.


Sebisa mungkin, walaupun terdengar sangat egois, aku ingin ketika bekerja nanti (yang benar-benar kerja) adalah di sebuah institusi di mana aku bisa mengajar dan mengabdi dengan menjadi seorang dosen. Walaupun itu berarti aku harus menanti hingga studi strata dua ini selesai (paling tidak untuk 1,5 tahun ke depan).


Suatu saat, aku akan keluar dari zona nyaman ini dan bertarung menghadapi kerasnya dunia kerja, sesulit apapun itu. Amin……


Semoga bisa…….Pasti bisa!!! InsyaAllah…..

2 thoughts on “Dunia Kerja

  1. Wah, Subhanallah, paling tidak pikiran ini juga ada di kepala saya, mbak. Saya ingin melanjutkan S2, tapi tanpa membebani orang tua. Yah, minimal dg bekerja utk memenuhi kebutuhan sehari2.

    Semoga sukses, mbak! Ma’annajaah!

Leave a Reply

