CPNS Deplu, owarimashita!!

Sebuah cerita tentang pengalaman ikut CPNS DEPLU.

Alhamdulillah, yokatta ne. Begitulah perasaanku Jumat siang kemarin, saat tes wawancara substansi selesai kujalani. As I told you before in my previous story, 4 hari kemarin aku menjalani serangkaian tes tahap akhir seleksi CPNS Deplu 2008. Empat macam tes itu antara lain tes tulis penguasaan IT (selasa), tes tulis psikologi (rabu), tes wawancara psikologi (kamis), tes wawancara substansi (saigo no hi, jumat).

Cerita akan kusampaikan mulai dari awal. Dimulai dari adanya pengumuman penerimaan CPNS Deplu 2008 sekitar awal September kemarin, dengan dukungan penuh dari orang tua, finally aku mengirimkan berkas aplikasi untuk mengikuti seleksinya. Berkas aplikasi itu merupakan syarat untuk seleksi administratif.

Oya, sebelumnya seleksi CPNS Deplu ini ada 4 tahap :

  • Seleksi administratif ; pendaftaran dilakukan secara online terlebih dahulu, kemudian formulir online dicetak dan dikirimkan beserta berkas persyaratan lain, termasuk FC ijazah, FC transkrip, foto, FC akte kelahiran, FC SKCK, FC kartu kuning pencari kerja dari Depnaker, dll.
  • Seleksi ujian tulis substansi ; materi ujiannya seputar pengetahuan umum tentang sejarah dan diplomasi Indonesia, isu-isu terkini dunia internasional, aktivitas terkini dari DEPLU, dll. Ada sekitar empat bagian ; pilihan ganda, isian singkat, pertanyaan esai dalam bahasa Indonesia dan pertanyaan esai dalam bahasa inggris.
  • Seleksi Kemampuan Bahasa ; bahasa yang diujikan sesuai dengan pilihan bahasa yang paling dikuasai. Pilihannya ; bahasa Inggris, bahasa Jepang, Mandarin, Arab, Perancis, Rusia dll
  • Seleksi Tahap akhir ; tes penguasaan IT, psikotest, tes wawancara psikologi dan tes wawancara substansi.

Nah, lanjut lagi. Dengan diumumkannya hasil seleksi administratif, berarti bagi mereka-mereka yang lolos seleksi harus mengambil kartu ujian di Pusdiklat Deplu Jl. Sisingamangaraja (deket bundaran Senayan) yang akan dipakai di seluruh proses seleksi. Jadi harus dijaga dengan baik. Kartu ujiannya berwarna biru, dengan berhiaskan foto, nomor ujian dan identitas peserta.

Hari ujian tulis substansi tiba. Pelaksanaannya dilakukan secara serentak, dengan diikuti oleh lebih dari 10.000 orang (akeh tenan >_<) di JIE Kemayoran, di Hall yang gedhe banget! Ada perasaan heran sekaligus kagum, bisa melakukan ujian secara beramai-ramai dengan ribuan orang. Hehe…Lembar jawaban ujiannya seperti block note. Tadinya aku berpikir, koq pake block note??

Setelah mendapatkan lembar soalnya, barulah aku mengerti kalau jawabannya akan sangat panjang-panjang. Hampir-hampir, tinta bolpointku habis dibuatnya.Memang perlu ketahanan dan kemampuan tingkat tinggi untuk menulis dan berkonsentrasi. Hoho… Oya, saat ujian tulis ini aku bertemu secara tidak sengaja dengan banyak teman se-almamaterku, jadi kaya’ reunian ^___^

Selang beberapa waktu, hasil ujian tulis substansi diumumkan. Alhamdulillah aku lulus, dan berarti aku berhak ikut tes penguasaan bahasa. Bahasa yang kupilih adalah Inggris, karena untuk tes penguasaan bahasa, harus dipilih bahasa yang benar-benar paling dikuasai, bukan yang hanya sekedar bisa. Karena, level bahasa yang diuji sepertinya cukup tinggi. Misal ; TOEFL standar minimal 550, JLPT level 2 or 3, en yang lainnya ndak tahu.

Untuk tes bahasa Inggris diadakan di LIA Pramuka, Jepang di Japan Foundation, Perancis di CCF, dan bahasa lainnya di Pusdiklat Deplu. Saat tes bahasa ini, khusus bahasa Inggris, diikuti sekitar 999 orang peserta. Wa… asyik, ramai-ramai mengerjakan tes secara serentak lagi. Apalagi aku bertemu dengan lebih banyak teman almamaterku, reunian lagi deh ^^!

Pengumuman hasil tes bahasa pun dipajang di website Deplu. tersisa sekitar 350 orang untuk mengikuti seleksi tahap akhir yang terdiri dari empat macam tes itu, dan keempatnya berlangsung pekan ini. Tes penguasaan ITnya berupa tertulis, jadi harus siap-siap berimajinasi kita sedang di hadapan komputer. Klik mouse sebelah kanan then click apa gitu. Trus saranku, belajarlah juga tentang Linux, tak hanya Microsoft aja. Di sanalah letak kelemahanku, I’m barely not know about Linux. Misale, siapa penemu Linux?? Huwaaa…. ora ngerti!! Karena penasaran, setelah pulang aku langsung buka internet untuk cari tahu siapa nama penemunya. Ternyata jawabannya adalah Linus Trasvold dari Finland. Ho~

Lanjut hari kedua, tes tulis psikologi. Ceritanya seperti yang dah aku sampaikan sebelumnya.oya, aku baru tahu kalau tes dengan beribu angka njelimet itu namanya tes PAULI.

Hari ketiga, tes wawancara psikologi. Tesnya berdasarkan hasil psikotest yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Jadi, bapak psikolognya akan bertanya seputar kepribadian, latar belakang pribadi, motivasi, dan serangkaian pertanyaan seputar problem solving terkait dunia diplomasi. Untukku, tes wawancara inilah yang paling berat karena pertanyaannya langsung terkait dengan pribadiku. Misalnya, bagaimana cara mengatasi kerasnya dunia diplomasi padahal aku adalah seorang wanita. Bisakah aku bertahan?? Cukup menjadi bahan pikiran hingga saat ini.

Hari terakhir, jumat kemarin. Tes wawancara substansinya serasa kaya’ pendadaran alias sidang skripsi, karena ada 3 orang panelis yang akan menanyai kita. Dua panelis sepertinya adalah diplomat senior, dan satu orang dosen HI UI. Aku sempat grogi, tapi karena kebaikan dan keramahan para panelis, alhamdulillah bisa teratasi, walaupun terkadang aku lupa bahasa inggrisnya. Hehe..bahkan aku sempat bertanya, “Maaf pak, bahasa inggrisnya ini apa ya? saking groginya, jadi lupa. Saat itu, aku ditanya seputar skripsiku dan serangkaian pertanyaan seputar isu internasional dan nasional seperti good governance, isu terorisme, pemilu AS, Gerakan Non Blok, OKI, dll. Aku juga sempat ditanyai tentang motivasi masuk Deplu. Aku jawab, “Saya ingin ikut berjuang dalam dunia diplomasi. Ough.. semangat membara!!

Finally, rangkaian tes menegangkan itu sudah selesai. Sekarang tinggal menunggu hasilnya saja, apakah aku akan diterima menjadi CPNS dan dilatih di pusdiklat selama setahun, atau tidak karena memang belum rezekinya aku masuk ke sana. Setelah aku berikhtiar, aku pasrahkan segalanya pada keputusan Sang Maha Mengetahui, tentang mana yang baik untukku menurut NYA. Karena, DIA pasti tahu mana yang terbaik untukku; entah itu diterima atau tidak. Wallahu a’lam. Keep on positive thinking.

Yang harus kulakukan sekarang adalah tetap menjalani hidup, dan tidak akan berputus asa walaupun kekecewaan akan melanda. Satu hal yang aku yakin bahwa pasti ada hikmah dari setiap peristiwa, sekecil apapun itu. SEMANGAT!! Keep on fighting ne ^_____^

17 thoughts on “CPNS Deplu, owarimashita!!

  1. Minna-san~……Hontou ni doumo arigatou gozaimasu, atas dukungan semangat dan doanya…InsyaAllah, saya akan terus berjuang. DIA pasti memberikan yang terbaik untuk semua hamba NYA…..Semangat!!!!!!!!

  2. Salam kenal..
    Ngbaca tulisn mba jd inget pngalamn thn kmrn.Tdaftar sbg psrta tes cpns DEPLU u/ posisi BPKRT.Harap2 cemas nunggu pngumumn.
    Smua kputusn ada dtangan 4JJl.
    Alhamdulillah sy dnyatakn lulus & mulai mjalani masa2 diklat.
    Btw,smoga sukses ya..

  3. Mbak Retno sebelumnya perkenalkan saya Gustaf latar belakang saya IT saya dapat blog Mbak hasil Googling.

    besok(29-08-09) saya akan ikuti tes Tertulis di Kemayoran. saya memang sedikit tegang dan gugup tapi setelah membaca kisah Mbak saya sedikit tenang dan tetap berharap kepada Yang Maha Kuasa, sembari tentunya menambah pengetahuan informasi terkini. Semoga saya bisa lulus menjalani ujian dari DEPLU

  4. assalamuaikum mb retno…
    saya taw ttg mb retno dari googling pengalaman..saya widya dari solo,heheehe,rada gaptek blum pny bginian..
    mau tanya mba retno,kemaren sy hbis ikut tes cpns utk BPKRT,rada shock emg dg soalnya,gak nyangka kalo akun smua,sy pkir akan disamakan dg PDK…
    sya maw tanya mb dian,tes tahap 3 itu TOEFL yah?dan untuk tahap 4 yang wawancara substansi apkah yang ditanyaen soal isu global&diplomasi kalo untuk kategori BPKRT??saya rada miskin info,br bsa lebih siap kalo lolos,hehehehe…
    makasie mb retno
    wassalam..

  5. salam kenak mbak ^_^
    saya kagum baca pengalmn mbak yng bisa lulus cpns deplu 2008 sampai ujian wawancara

    klo boleh saya tahu…
    untuk PDK….tes bahasa Inggrisnya ada tes lisan dan tulisnya ya mbak???
    apa jenisnya itu masih seputar pertanyaan diplomasi atau seperti tes2 TOEFL biasa???
    hee…karena saya belum terbayang sama sekali mbak….
    trims mbak…^_^

  6. iya mba sy juga mau nanya, apa tes kemampuan bahasa (inggris) deplu itu seperti tes TOEFL biasa?dan kira2 brapa skor yg diminta deplu ya mba?sama mau nanya, kan dari sekitar 900 org itu ga semuanya ngambil bahasa inggris, ada yg ngambil bahasa lain juga..nanti pas disaring jadi 350 itu apa ada kuota untuk masing2 yg ngambil tes bahasa tertentu mba?makasih byk ya..

  7. Salam kenal too, mbak priadarsini. Nama mbak mengingatkan saya pada teman saya dari malaysia, Rachel Priadarsini Darmaraj. he..he..
    Kembali ke topik. Tes bahasa inggris zaman saya, hanya grammar, listening dan reading. Sama seperti TOEFL paper based pada umumnya. Mboten wonten speakingnya ^^.
    Untuk speaking english dan pertanyaan seputar dunia diplomasi akan ditanyakan pada saat wawancara substansi akhir.
    Selamat berjuang yak ^___^! insyaAllah dapat yang terbaik…

  8. Untuk mbak/mas akuada, standar bahasa inggrisnya klo ndak salah 550 (paper based). Untuk soal kuota, saya juga kurangtahu. Tapi sepertinya bukan berdasarkan kuota, tapi pada lulus atau tidaknya kecakapan bahasa yang dipilih dan diujikan. Tapi, saran saya, fokus saja pada pengerjaan tes bahasa yang dipilih, tentang kuota jangan terlalu diambil pusing. Ntar malah jadi ndak konsentrasi ^^. Jaa, ganbatte kudasai ne ^^! Sukses selalu…

  9. hai there,
    salam kenal, saya Sara. gak sengaja "nemu" blog ini saat saya browsing utk aplikasi Monbusho 2011. Surprised juga ternyata mbak ikutan cpns deplu 2008. saya ikut cpns 2007, dan alhamdulillah sekarang sudah jadi pns kemlu setelah mengikuti pendidikan selama tahun 2008. klo boleh tau mbak lolos gak yah?? karena klo iya berarti kita satu kantor dong :p

  10. Dear Mb Sara, salam kenal sebelumnya :D! Unfortunately, kita "belum" sekantor mbak😀. Pas saat itu, saya belum rejeki untuk mencari nafkah lewat Deplu. he..he.. Perhaps tahun ini coba lagi (??) Anyway, Mb Sara kenal dengan mas Yoga dan Mas Adi kah (dari HI UGM)?

  11. Aden M Faisal

    Assalamualaikum Mba dan semuanya🙂 senang bisa nemu blog ini dan baca mengenai pengalaman mba cpns kemlu dan senior2 yg uda ikut tes cpns kemlu juga. Sy juga lg ikut CPNS Kemlu 2013 ni alhamdulillah baru s.d TKB dan degdegan mudah2an seperti kta mba untuk hasil serahkan smuanya pd Allah yg maha mngthui yg terbaik untuk kita🙂

Leave a Reply

