S.IP

S.IP. Apakah kepanjangannya? Tahu?

S.IP merupakan singkatan dari "Sarjana Ilmu Politik", yang merupakan gelar bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, terutama bagi mahasiswa jurusan Ilmu Politik/Pemerintahan, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi (masih gak ya??). Tentunya ia didapatkan jika dan hanya jika sang mahasiswa berhasil melewati perjuangan studi selama bertahun-tahun + lolos dan lulus dari sepak terjang pertanyaan en kritikan dari dosen penguji saat ujian skripsi.

Alhamdulillah, ia tersematkan di belakang namaku dalam lembaran sakti mandraguna bertandatangankan bapak rektor UGM plus bapak dekan Fisipol, a.k.a IJAZAH. Secara resmi, aku mendapatkannya setahun + satu hari yang lalu, tepatnya Hari Rabu, 19 Februari 2008. Pada hari itu, aku sekeluarga bela-belain untuk bangun lebih pagi dengan tujuan merapikan diri sebelum datang ke acara sakral bernama WISUDA. Sungguh mengharukan! uhu..hu…(oops, jadi melenceng dari tema awal…Lanjut lagi!)

Namun, hingga sekarang, setahun plus 2 hari setelahnya, sudahkan gelar tersebut aku pertanggungjawabkan? Jangan-jangan belum digunakan dengan sepatutnya? Sebuah gelar yang menjadi amanah sebagai lulusan Fisipol dengan keilmuan Hubungan Internasional, hasil serentetan perjuangan dibalik peraihannya.

Then, bagaimana dengan Anda, wahai orang-orang bergelar??? Entah Prof, Dr, MA, MSc, MBA, MM, MSi, SIP, S.Kom, BSc, S.E., S.H., dr., S.T., de el el…

Semoga saja gelar tersebut tidak menjadikan kita manusia sombong dengan hanya sekedar menjadikannya sebagai penghias di kartu undangan walimahan (^_____^"), berbagai baliho atau spanduk kampanye pemilu, tanpa pembuktian keilmuan yang nyata.

GELAR. Ia tak sekedar sebagai sebuah pajangan. Namun ia merupakan sebuah pertanggungjawaban dan amanah yang harus kita jalankan dengan sebaik-baiknya dan sebagai mana mestinya…

Semoga kita tidak termasuk orang yang munafik. Aamiin…

PS: ditulis dalam rangka wisuda teman-teman di UGM, hari Rabu 18 Februari 2009 kemarin dan juga refleksi setahun (plus-plus) pasca menjadi Retno Widyastuti, S.IP (ehem..ehem… ^___^). Semoga berkah dan bermanfaat selalu ilmunya ya! AAMIIN !!!

Advertisements

6 thoughts on “S.IP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s