Museum Sejarah Jakarta

Berikut ini sekilas tentang informasi dan deskripsi mengenai dua museum yang aku kunjungi Ahad lalu ; MUSEUM TAMAN PRASASTI dan MUSEUM NASIONAL. Infonya aku ketik ulang dari brosur /leafletyang kudapat dari sana ^___^! Selamat membacaâ¦.

MUSEUM TAMAN PRASASTI

Museum Taman Prasasti didirikan di bekas pemakaman kuno yang telah beroperasi sejak tahun 1795. Kompleks pemakaman ini dikenal sebagai Kebon Jahe Kober. Dahulu, pemakaman ini diperuntukkan bagi para bangsawan dan pejabat tinggi Belanda pada masa VOC berkuasa di Batavia, namun seiring dengan berjalannya waktu, juga dipergunakan oleh umum, terutama mereka yang beragama nasrani. Sejak tahun 1975, pemakaman ini ditutup dan kemudian dipugar untuk diresmikan penggunaannya sebagai museum pada tahun 1977 oleh gubernur DKI kala itu, Bapak Ali Sadikin. Pada Agustus 2003, Museum Taman Prasasti yang terletak di jalan Tanah Abang I no. 1 Jakarta Pusat ini, bergabung di bawah satu managemen dengan Museum Sejarah Jakarta.

Museum Taman Prasasti merupakan bukti dari sisa taman pemakaman umum dari akhir abad ke-18, dengan koleksi nisan makam abad ke-16 dan ke-17, sangat berharga sebagai tempat yang member kesaksian tentang komposisi penduduk Batavia dan Jakarta yangberasal dari seluruh dunia. Selain itu juga mencakup informasi tentang panjang pendeknya usia termasuk kematian banyak anak dan aneka macam bahasa yang digunakan di kota ini.

Museum Taman Prasasti kaya akan berbagai gaya arsitektur klasisisme, neo-gotik dan Hindu-Jawa. Seni pembuatan nisan makam ini berasal dari abad ke-17 sampai abad ke-20. Bangunan utamanya yang dibangun pada tahun 1844 juga menjadi unsur penting dalam lintasan sejarah. Bangunan di depan komplek pemakaman tua ini adalah bangunan bergaya Doria yang disediakan untuk menyemayamkan jenazah sebelum melalui upacara penguburan. Terdapat dua sayap kiri dan kanan, masing-masing untuk menempatkan jenazah pria dan wanita.

Keberadaan Museum Taman Prasasti di ruang terbuka memberikan peluang penataan koleksi prasasti dan taman menyatu dalam suatu taman museum yang indah. Untuk itu perlu penataan ulang taman dan koleksi prasasti (lama dan baru), pembentukan zona, hierarki ruang, visual, pemilihan jenis tanaman, dan penambahan elemen taman lainnya.

Pengunjung dapat mempelajari latar belakang orang yang disebut pada nisan dan kaitannya dengan sejarah kota Jakarta. Untuk lebih mengenalkan keberadaan Museum Taman Prasasti kepada masyarakat umum, belakangan ini Museum Taman Prasasti sering digunakan untuk lokasi syuting video clip dan foto-foto kenangan maupun kegiatan lomba.

Sekarang ini museum ditumbuhi berbagai pohon yang rindang, sejuk dan damai. Memang selain fungsi preservasi nilai historik dari museum ini, juga terdapat fungsi sosial dan pelestarian alam, dimana taman yang luas ini difungsikan sebagai paru-paru kota dan juga fungsi sosial lainnya.

MUSEUM NASIONAL

Dirintis sejak tahun 1778, sebagai museum tertua dan terbesar di Indonesia, telah dua abad Museum Nasional setia melestarikan warisan budaya Indonesia dengan lebih dari 141.000 koleksi dari seluruh nusantara dan Negara-negara tetangga. Beragam koleksi menarik dari zaman prasejarah sampai dengan koleksi khasanah budaya beserta sejarahnya bisa kita temukan. Seperti karya seni persembahan pande emas dari Kerajaan Kutai untuk keluarga raja, berupa kalung emas berhias batu berlian bermotif dua ekor naga yang saling membelit yang mengandung makna kesubutan. Koleksi lainnya adalah keramik, numismatic dan heraldic, arkeologi, geografi dan etnografi.

Jam Buka Museum Nasional

Selasa â Kamis dan Minggu : 08.30 â 14.30

Jumat : 08.30 â 11.30

Sabtu : 08.30 â 13.30

Minggu : 08.30 â 14.30

Senin dan Hari Libur Nasional : TUTUP

Bea Masuk

Dewasa : Rp 750,-

Anak-anak : Rp 250,-

Perkiraan Waktu Tempuh

10 menit dari stasiun Gambir

5 menit dari Monumen Nasional (MONAS)

Kontak Museum Nasional

Alamat : Medan Merdeka Barat 12, Jakarta 10110, Indonesia

Telp : +6221 386 8172

Fax : +6221 344-7778

Website : www.museumnasional.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s