Conspiracy

Category: Movies
Genre: Documentary
Kemarin Kamis, aku dan teman-teman ODP++ IM, menonton film ini dalam rangka mempelajari bagaimana sebuah problem solving dalam suatu rapat.

Nah, film yang dipakai untuk belajar itu berjudul CONSPIRACY (tahun 2001) yang berkisah tentang sebuah pertemuan (rapat) 2 jam yang menentukan hidup matinya 6 juta nyawa.

Terlepas dari pro kontra peristiwa Holocaust Yahudi oleh NAZI Jerman dan nilai-nilai humaniter, dari film yang berlatarkan Perang Dunia II ini aku bisa melihat bagaimana dinamika sebuah rapat antar para pengambil keputusan dalam memutuskan nasib 6 juta orang Yahudi yang ada di Jerman dan daratan Eropa.

Berdasarkan film ini, pada dasarnya keputusan NAZI untuk "mengevakuasi" (mengeliminasi) para Yahudi adalah lebih karena faktor kondisi lahan, pangan dan ekonomi Jerman masa Perang Dunia, bukan sekedar alasan ideologis atau nasionalis semata.

Dua kubu; pendukung dan penentang "pembersihan" etnis yahudi menyampaikan argumen-argumen mereka, dan selama 2 jam rapat tersebut, dibahas seputar keputusan "mengevakuasi", serta teknis-teknis "evakuasi" dan "eksekusi". Keputusan tersebut dilakukan dengan dasar keefektifitasan dan keefisienan.

Hm…. Dari film ini, aku jadi ngebayangin, bagaimana sebuah rapat dan dinamika di dalamnya (dalam mengambil suatu keputusan) bisa berdampak pada nasib suatu pihak.

Bagaimanakah dengan para decision maker di negeri ini????

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s