Journey to Wuhan

Wuhan, ibukota dari Propinsi Hubei di daerah China Tengah, merupakan kota tempat tinggal teman-teman China seperjuanganku di AsTW 2010. Saat mengunjungi negeri panda akhir Juni – awal Juli yang lalu, aku menyempatkan diri untuk berkunjung ke Wuhan. Lokasinya cukup jauh dari Beijing, memakan waktu sekitar 11 jam perjalanan dengan kereta, dengan total jarak sekitar 1220 km.

Perjalananku ke sana dimulai dengan membeli tiket di Stasiun Kereta Beijing (pusat). Tiket kereta yang kubeli adalah tiket soft seat seharga kurang lebih 500.000 kalau dirupiahkan. Memang sangat mahal. Namun, mengingat jaraknya yang jauh dan fasilitas kereta yang setara dengan kereta eksekutif di Indonesia, ya tak mengapalah. Saatnya menikmati hasil menabung 2 tahun terakhir ini😀.

Kereta yang kugunakan adalah jurusan Beijing Xi – Hankou dengan kode kereta Z3. Di China, jenis kereta dibagi-bagi berdasarkan kodenya. Ada yang K, Z, T, dan D. Kelas yang paling lambat jalannya adalah K, kemudian T, Z, dan yang paling cepat adalah D. Untuk kelas D, mungkin bisa disamakan dengan Shinkansen-nya Jepang (Bullet train).

001fd04cea510ccb932a0d
Ini dia “D train” aka Shinkansen ala China😀

Nah, selain pembagian kode kereta, ada juga pembagian kelas di dalam kereta. Ada hard seat (kayak di kelas ekonomi), soft seat, hard sleeper dan soft sleeper (yang ini paling pueenak!!). Berhubung saat itu adalah pas liburan musim panas, banyak orang Beijing yang mudik ke Wuhan. Alhamdulillah, aku masih beruntung bisa mendapatkan tiket soft seat di saat peak season ini.

Perjalanan ke Wuhan dimulai dengan perjuangan ke Beijing East Railway Station ato Stasiun Kereta Beijing Barat (Beijing Xi Zhan). Berhubung China sangat luas dan banyak penduduknya, maka stasiun kereta dibagi-bagi sesuai arah tujuannya. Ada stasiun Beijing Barat, Timur, Selatan dan Beijing Pusat. Karena Hubei Province letaknya di barat daya Beijing, maka stasiun keretanya adalah yang Beijing Barat.

PS: Untuk foto-foto perjalanan ke Wuhan, please:

One thought on “Journey to Wuhan

  1. Pingback: [Story] Thanks T700, Welcome A645 | Chikupunya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s