365 Hariku (Part I)

* Tulisan ini merupakan rekam jejak hari-hariku sepanjang tahun 2010.

INTRO

Dua hari ini, tepatnya hari terakhir tahun 2010 (31 Desember 2010) dan hari pertama di tahun 2011, kuhabiskan untuk merenung. Aku hendak mengingat kembali apa-apa saja yang sudah kulakukan sepanjang tahun 2010 yang lalu. Dari hal tersebut, aku ingin mengambil pelajaran dengan mengevaluasinya dan akan kugunakan untuk merancang kembali rencana hidupku di tahun 2011.

Ada banyak kisah terjadi selama 365 hari yang lalu. Tentu saja kisah-kisah tersebut berwarna-warni seperti pelangi, mulai dari kisah sedih, mellow, menegangkan, mendebarkan, memilukan, kisah cinta (ha..ha..), persahabatan, kebahagiaan, dll. Pokoknya semua jenis kisah menjadi bagian dari 365 hariku. Aku tidak ingat detail satu per satu dari 365 hariku itu, tapi yang pasti banyak terjadi peristiwa besar selama waktu tersebut.
Berikut di dalam postingan ini aku sampaikan beberapa rekam jejak sejarah dan pengalaman yang masih kuingat.
JANUARI 2010

Berhubung bulan ini adalah bulan paling awal di tahun 2010, maka rekam ingatannya adalah yang paling lemah karena paling lama sudah berlalu (ha..ha..). But, ada 5 peristiwa besar yang mengisi hidupku dalam bulan ini. Here they are :
1) Alhamdulillah, aku mendapat rezeki ‘hadiah’ awal tahun dari NYA, berupa pengumuman hasil seleksi AsTW 2010 yang akan dilaksanakan di Mahidol University, Thailand. Pada hari itu, aku mendapat 2 email dari Kyushu University (pihak penyelenggara AsTW) yang menyatakan bahwa aplikasiku diterima dan aku pun berhak atas beasiswa sebesar 140.000 Yen untuk mengikuti kegiatan AsTW 2010 di Thailand pada akhir bulan Februari – Maret 2010. Di sinilah titik awal dari salah satu pengalaman yang tak terlupakan dalam hidupku.
2) Pada 14 Januari 2010, aku genap berumur 23 tahun. Ndak terasa, aku bertambah tua (dan akan semakin tua pada 13 hari ke-depan, insyaAllah). Siapin kado dan ucepan selamet buat aye ya! (*ngarep. he..he…)
3) Pada tanggal 22 Januari 2010, aku melepas kepergian teman-temanku yang akan menjadi sukarelawan di komunitas Lepra yang ada di Republik Rakyat China. Ke-sebelas temanku tersebut berada di China untuk menjalani praktik kegiatan sukarelawan selama 2 pekan. Sebagai project officer kegiatan ini, ada perasaan lega dalam hatiku; lega karena jerih payahku dan juga teman-teman selama 2 bulan terakhir dapat berjalan dengan cukup lancar hingga program selesai secara keseluruhan.
Walaupun aku ndak ikut serta ke China, tapi dari pengalaman ini, aku mendapat banyak pelajaran dan pengalaman. Aku banyak belajar tentang bagaimana merancang sebuah kegiatan, mulai dari tataran ide abstrak, konsep, teknis, hingga tahapan evaluasi dan juga follow up-nya. Selain itu, aku juga belajar tentang bagaimana meng-handle stress, permasalahan, tantangan, hingga konflik. Pokoke mantab tenan😀
4) Kakak perempuan, yang merupakan saudaraku satu-satunya, mengakhiri masa lajangnya pada 24 Januari 2010. Aku senang sekali, namun aku juga sedih. Dengan menikahnya kakakku, maka aku resmi menjadi "anak tunggal" dari Bapak – Ibuku. Hiks… Kesepian… Aku ingat, pada saat akad nikah kakakku, aku menangis sesenggukan sepanjang prosesi akad, sampai-sampai dandanan cantikku (hiyyah… ^^") dibasahi dan dirusak oleh banjir air mata. wkwkwk….
5) Pada akhir Januari 2010, aku memutuskan untuk tidak menyambut kesempatan emas berkunjung ke kampung halamannya Obama di Hawaii, US. Pada akhir Desember 2009, aplikasiku untuk mengikuti konferensi dari East West Center di Honolulu, Hawaii pada Februari 2010 diterima. Namun, karena alasan krusial (seperti finansial–> perlu duit Rp 20 juta!!) dan juga masalah administratif lainnya, dengan berat hati kuputuskan untuk batal ikut. hiks… Tapi ya sudahlah, kalau memang rezeki, ia takkan ke mana ^____^
FEBRUARI 2010

Setelah membatalkan keikutsertaanku ke Hawaii, aku pun mencoba untuk menata hati dan fokus pada agendaku berikutnya, yaitu persiapan untuk mengikuti
short course AsTW 2010 di Thailand. Sebenarnya, di Februari 2010 tersebut, aku seharusnya sudah mulai menulis tesisku mengingat semester itu adalah semester terakhirku (semester 4) untuk menuntut ilmu di PPs Kajian Wilayah Jepang UI. Tapi, dengan mengatas-namakan *
re-freshing*, akhirnya aku "kabur" sejenak dari tesis dan dosen pembimbingku (maap ya Pak ^^") dengan pergi meninggalkan tanah air tercinta, menuju negeri gajah putih. ha..ha…
Semua persiapan teknis seperti tiket, koordinasi, peralatan, dll sudah siap pada pekan ke-3 Februari. Akhirnya, pada pekan ke-4 Februari, akupun bertolak menuju Svarnabhumi Airport, Bangkok. Oya, dalam perjalananku ini, aku (rupanya) ditemani oleh adik-adik se-almamaterku dari UGM (it’s you, dear ;
Kiki, Meta and Jhendra ;D). Dengan kehadiran mereka, aku merasa kembali menjadi mahasiswa UGM (–> ndak ngrasa jadi mahasiswa UI). he..he..
Di AsTW 2010 ini, aku bertemu dengan teman dari berbagai bangsa dan negara, khususnya dari negara-negara ASEAN dan Asia Timur. Kami semua (ber-54 orang), menikmati 14 hari kami di negeri eksotik ini (*jalan-jalan mode ON).
MARET 2010

Waktu selama 2 pekan di awal Maret 2010, dipenuhi dengan kegiatan perkuliahan seputar ASEAN dan Bahasa Thai, serta studi ‘jalan-jalan’ lapangan ke beragam tempat di seputaran Bangkok. Di event ini, aku sempat pula berjumpa dengan kawan lama (it’s Trang and Nat, from AUN 2007 in Vientiane) yang ternyata menjadi dosen di kampus tempatku kursus. REUNI-an da~ I!!
Njuk, opo maneh yo??
Oya, dari pengalaman selama di Thailand ini aku juga belajar tentang banyak hal. Salah satunya adalah ‘bahwa cinta bukanlah segalanya!!’ ha..ha.. (udah deh, gak usah dibahas ;b)
Setelah event AsTW usai, aku tidak langsung menuju tanah air. Ekspedisi "kabur dari tesis" ku ini kulanjutkan dengan ber-solo travelling ke Kuala Lumpur – Malaysia dan Singapura. Dengan berbekal doa, "kenekatan" dan jaringan teman yang kumiliki, aku menghabiskan 1 pekanku berputar-putar di dua negara ini. Syukron untuk nduk Ana, bu Sita + suami, Neysia, Mb Ayu Intan + Keluarga, temen2 alumni Teladan at NTU, serta Bela HI 2006 atas akomodasi dan waktunya. he..he..
APRIL – MEI 2010

Setelah puas meng-kaburkan diri, kini aku harus fokus untuk menyelesaikan tesis. Berhubung waktu yang tersisa sampai deadline pendaftaran wisuda periode Agustus 2010 semakin menipis, aku harus ngebut sekencang-kencangnya dalam menyelesaikan
my final writing.
Two more months left…
JUNI 2010

Akhirnya, setelah berkutat dengan buku, jurnal, lepi, kertas-kertas yang berserakan, beribu-ribu laman website, kamus elektronik tercinta, ratusan kilometer perjalanan Pondok Gede – Depok (hiperbola mode ON), dan nasihat "inspiratif" dari para sensei (dosen pembimbing formal dan informalku. he..he..), alhamdulillah aku bisa menyelesaikan tulisan "master piece" ku pada akhir Mei, dan pengelola jurusan KWJ pun akhirnya mengumumkan jadwal "hari pembantaian" yang jatuh pada 07 Juni 2010.
The day, 07 Juni 2010.
Deg…deg…deg…. Hatiku berdegup kencang tak terkira. Akhirnya bisa melewati masa-masa paling menentukan dalam 2 tahun studi di Depok.
(Alhamdulillah, ucapan dan rasa terima kasih saya haturkan atas bantuan bapak pembimbing, serta bapak – ibu penguji sidang tesis saya, serta dukungan dan doa dari teman-teman semua).
Resmi sudah statusku yang baru. Dengan lulusnya aku dari KWJ, hal ini berarti aku tak lagi menjadi seorang mahasiswa. Selamat datang gelar baru, menjadi "pengangguran" :b!!
to be continued….

6 thoughts on “365 Hariku (Part I)

  1. ternyata seorang sarjana pun memberikan cap pada dirinya sebagai pengangguran,,padahal profesi terkadang bukan untuk mengasapi dapur tapi ya itu tadi agar tidak dicap pengangguran

  2. hm… sakjane rada’ ndak dhong dengan komentarnya, bung ^^". But, maturnuwun sanget nggih😀

    Itu dia yang menjadi permasalahan. IMHO, seseorang dikatakan bukan pengangguran ketika ia sudah memiliki sebuah pekerjaan formal yang berpenghasilan. Menurut cq, apapun bentuk kegiatan ato pekerjaan yang dilakukan, selama itu memiliki kemanfaatan bagi orang lain, maka ia bukan pengangguran. he..he..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s