Re-post: I’m Truly Indonesian

Dua hari ini, aku lagi senang melihat-lihat tulisan dan postinganku jaman dahulu. Lucu aja, melihat pikiran apa yang aku curahkan di dalam MP saat itu. Kadang malah suka lupa sendiri kalau pernah nulis tema tersebut. hahaha…. (efek samping dari begadang –> rada’ error). Jaa, selamat membaca bagi yang mau membaca :D!


Jakarta, 17 Juli 2008


Jangan sekali-kali menanyakan pertanyaan ini padaku, â?Asalnya dari mana??â? Pasti pertama kali akan kujawab dengan helaan nafas yang panjang. (hahaha… padahal pertanyaan ini adalah pertanyaan yang lazim dan umum ditanyakan orang-orang saat pertama kali berkenalan :D)


WHY???


Kalaupun ada yang tanya itu, biasanya kujawab, â?Dari Indonesia!â?. He…he… Terdengar agak menjengkelkan ya? Kujawab seperti itu bukannya bermaksud sombong or sok Nasionalisme (tapi aku cukup nasionalis koq ^^), melainkan lebih pada alasan ke-simple-an dan kepraktisan menjawab.


Jujur ajah, agak males njelasin asal usul dan keaslian ku, baik itu keaslian secara wilayah, darah, maupun tampang ^^â?! Teman-teman se-SMP, se-SMA, maupun se-Jurusanku pasti cukup paham dengan maksudku ini.


Keaslian secara wilayah buatku cukup ambigu, karena â?asliâ? nya itu dilihat dari mananya? Tempat lahir? Tempat tumbuh? Or tempat tinggal sekarang?


Jika dilihat dari tempat lahir, aku berasal dari Pangkalan Berandan, Sumatra Utara. Dilihat dari tempat tumbuhnya, ada banyak! Selain di Brandan, ada Jambi (semasa TK en SD), Wonosobo (semasa SMP), Jogja (semasa SMA en Kuliah S1), juga Pondok Gede yang sering kuaku sebagai Jakarta :D! Padahal Pondok Gede termasuk ke dalam wilayah administrasi Kota Bekasi, Jawa Barat ^^! Nah, yang Pondok Gede ini merupakan wilayah tempat tinggalku sekarang.


Kadang ada yang nyletuk, â?Sebutin aja asli secara tempat tinggal! Ribet banget!â?. Wah, kalau njawab gini, malah bisa bikin tambah bingung. Karena, aku belum terlalu lama di Jakarta. Dan agak kurang nyaman kalo "mengaku-aku" sebagai anak Jakarte (pinggiran). Tapi, â?asal Jakartaâ? sempat kupakai sebagai senjata andalan ketika KKN dulu. He..he..Tujuannya agar dimaklumi jika aku ndak bisa berbahasa jawa Kromo ^^"


Lanjut!!!!

Sekarang berdasarkan darah, eh maksudnya secara genetika. Aku adalah anak PEJABAT!! Ho..ho.. Sombong kan?? PEJABAT maksudnya Peranakan Jawa BATak. Kalau Ibu, dari Sumatra Utara. Tapi, sakjane yo ibuku juga bukan asli Batak, so ndak punya marga. Walo begitu, sejak lahir sampai dewasa ibuku tumbuh di lingkungan kultur Melayu dan Batak.


Ditelusuri dari silsilah keluarga ibu, Kakek Nenekku adalah orang perantauan. Kakek dari Purworejo dan Nenek dari Bandung (Sunda euy!). Sedangkan Bapakku, bliau berasal dari Wonosobo, Jawa Tengah. Secara silsilah keluarga, bapak turun temurun memang asli Jawa. Alhasil, keaslian secara darah juga membingungkan.


Yang terakhir, secara â?Tampangâ?!

Fisik-li, wajahku sangat oriental, dalam artian lebih tampak seperti warga keturunan Tionghoa. Terlebih mataku memang sipit. Keunikan tampangku ini (hue… narsise metu! ), sering kupergunakan untuk mengusili teman baru ^^. Kalau ada yang nanya, aslinya dari mana, akan kubalas dengan pertanyaan, â?Coba tebak, aku dari mana??â? Jawabannya sangat bervariasi. Untuk sesama orang Indonesia, ada yang bilang dari Palembang, Bandung, Kalimantan, etc.


Ada sebuah peristiwa yang cukup membuatku sering senyum-senyum sendiri. Suatu ketika di kampusku, ada seorang bapak yang duduk di depanku, mengajakku ngobrol. Pada intinya, beliau mengira aku adalah orang dari China, ASLI!! (Mungkin, dikira mahasiswa pertukaran yang sudah cukup fasih berbahasa Indonesia kali ya) Langsung kujawab, â?Bukan pak, saya orang Indonesia Asli!â?, sambil nyengir-nyengir ^=^. Klo untuk teman asing, kebanyakan ngiranya dari China, trus ada juga yang ngira dari Malaysia, Jepang, Korea bahkan Turki!! (maybe klo Turki karena dilihat dari fisik yang bongsor yak ^^â? ??)


Kesemua hal itu memang membuatku bingung. Tapi, kalau ditanya dari suku mana, aku akan njawab dengan mantab, â?JAWAâ?. Coz baik secara genetik maupun kultur tumbuh dan tinggalnya, lebih banyak di Jawa. Lebih-lebih namaku adalah â?RETNOâ?, which is a common name for Javanese girl. Futsuu namae ! Tapi, jangan sekali-kali ngajak ngomong pake bahasa Jawa Kromo ya. Bisa roaming internasional (sekedar informasi, Bahasa Jawa adalah bahasa äsing" pertama yang aku pelajari :D).


Hm… Bisa dikatakan, secara wilayah, darah dan tampang aku adalah â?orang nomadenâ? dan juga â?anak seribu pulauâ?. Karena aku memang tinggal dan tumbuh di daerah-daerah yang berbeda sepanjang wilayah Negara Kesatuan Republik

Indonesia yang tercinta ini

. Hehe… Harap Maklum!


Jadi tak mengapa, kalau ada yang bertanya Ãsalnya dari mana?", aku akan menjawab pertanyaan tadi dengan mantab, â?Dari INDONESIA, ASELI ^^!â?

4 thoughts on “Re-post: I’m Truly Indonesian

  1. menarik sekali🙂
    dengan mudah kalo ditanya suku, aku jawab 100% sunda. hehe.. cuman kalo dari daerah lahir, dibesarkan, dan tempat tinggal, ya emang ribet. tapi nggak senjelimet mbak chiku ;D

Leave a Reply

