Famous Failure

Postingan ini tak-copas dari my SMA’s friend (PHP) FB notes. Wis minta ijin ama yang nulis😀. Ada beberapa bagian yang tak-olah ulang (hehehe, maap ya Pe).

Smoga bisa menjadi bahan renungan buat kita semua dalam menyikapi hidup😀.

Sumonggo, selamat membaca🙂

***

Bagaimana sikap kita ketika kita mengalami situasi semacam ini;

1. Ditolak mentah-mentah oleh perusahaan rekaman. Mereka berkata, "Kami tidak suka suara kalian, dan grup kalian sebaiknya menuju pintu keluar".

2. Dikeluarkan dari tim basket SMA. Kemudian mengunci diri dalam kamar dan menangis karenanya.

3. Dikeluarkan dari sekolah drama. And they said, "Anda hanya membuang-buang waktu saja. Anda tidak punya masa depan di dunia pertunjukan"

4. Dikritik oleh seorang guru yang berkata, "Anda terlalu bodoh untuk belajar apa pun dan sebaiknya bekerja di ladang saja"

5. Dipecat dari penerbitan surat kabar karena dianggap kurang imajinasi dan tidak punya ide yang orisinil/asli.

6. Dihadapkan dengan rentetan peristiwa; tunangan meninggal, gagal dalam bisnis dua kali, menderita kerusakan syaraf, dan kalah dalam pemilihan umum sampai 8 kali.

Apakah pernah mengalami situasi semacam hal-hal di atas? Apakah ketika itu kita merasa jatuh dan tak bersemangat lagi?


Wajar saja jika kita bersikap demikian, karena kita semua hanya manusia biasa. Tapi pernahkah kita berpikir bahwa di luar sana, ada orang-orang yang (juga) manusia biasa namun memilih untuk bersikap positif. Sejarahlah yang mencatat dan membuktikan hasil dari sikap yang mereka ambil…..

No 1

Kita sedang membicarakan grup musik The Beatles. Enam diamond album, 24 multi-platinum, 43 platinum, 53 gold, dan masih banyak lagi penghargaan lain adalah balasan yang mereka dapatkan karena tidak menyerah waktu itu. Sampai sekarang belum ada grup musik yang mampu menandingi ketenaran mereka.

No 2

Michael Jordan. Anda seorang olahragawan? Anda harus malu seandainya tidak mengenalnya. Dia dikukuhkan sebagai atlet basket terhebat sepanjang masa oleh National Basket Association (NBA).


Pengakuannya: "Saya meleset dalam lebih dari 9000 lemparan, kalah dalam hampir 300 pertandingan, 26 kali dipercaya untuk memenangkan pertandingan dengan satu tembakan tapi malah meleset. Saya telah gagal, gagal lagi, dan gagal lagi. Itulah mengapa saya berhasil."


Dan memang fakta bahwa dia pernah dikeluarkan dari tim basket sekolah, kemudian menangis di dalam kamar…


Wah memang benar yg Candil bilang: rocker juga manusia (eh maksud saya atlet ;))

No 3

Dia adalah Lucille Ball. Terus terang saya sendiri juga belum begitu mengenal siapa orang ini. Jadi saya coba cari di google dan memang banyak muncul nama itu di sana. Saya berfikir dalam hati, ah orang-orang biasa juga bisa muncul di google. Tapi setelah melihat prestasi yg dia raih: penghargaan maupun nominasi yg tak terhitung banyaknya, termasuk Emmy Award (5 kali), Golden Globe (2 kali), American Comedy Award, dan masih banyak lagi. Ternyata memang saya yg kuper, hehe… Berawal dari penolakan dan akhirnya menjadi seorang pemain drama termasyur. Hebat.

No 4

Sungguh berbahaya apa yg dilakukan guru tersebut. Jika saja si murid menjadi putus asa maka mungkin dunia tidak akan seterang sekarang, karena murid itu adalah Thomas Alva Edison. Tercatat telah lebih dari seribu penemuannya yang kini dipatenkan, termasuk yang paling fenomenal: bola lampu pijar. (Saya masih penasaran bagaimana cara si guru melihat bakat seseorang!)

No 5

Itulah perlakuan yang dulu diterima oleh Walt Disney. Mickey Mouse, Donald Duck, Popeye The Sailorman, dan Felix The Cat ternyata muncul dari seorang yang dianggap kurang berimajinasi dan tidak orisinil. Direktur surat kabar itu pasti malu melihat apa yang sudah dicapai oleh Disney sekarang.

No 6

Hmm.. What can I say about this man? Dia diuji dengan empat ujian besar: cinta, harta, kesehatan, dan jabatan.


Kehilangan orang yg dicintai tentu bukan sesuatu yg mudah untuk dihadapi (percayalah, memang sulit :)). Belum lagi dia harus gagal dalam bisnisnya, tidak hanya sekali namun DUA kali. Kemudian penyakit syaraf menggerogotinya, harus istirahat total (bed rest) selama 6 bulan, dan menjalani sisa hidup dengan penyakit itu. Sesuatu yg mungkin membuat kebanyakan orang berfikir adalah sesuatu yg wajar jika dia tidak lagi bersemangat dalam hidup.


Namun, lihatlah dia sekarang, lihat bagaimana orang mengenal Abraham Lincoln: sebagai salah satu presiden paling berpengaruh dalam sejarah Amerika dan juga dunia. Dan mengenai "kalah dalam pemilihan umum sampai 8 kali"….wew, saya tak bisa membayangkan jika itu terjadi pada orang indonesia (mengingat baru kalah sekali saja sudah ada yg sampai tidak waras)🙂

Kabar baiknya adalah baik Michael Jordan, The Beatles, Lucille Ball, Thomas Edison, dan Walt Disney tidak membutuhkan apa yg kita sebut sebagai ‘bakatâ untuk menjadi luar biasa. Bagaimana bisa dikatakan berbakat, mereka bahkan dipandang sebelah mata. Sikap (attitude) dan usahalah yg menjadi modal utama mereka. Sesuatu yg seharusnya bisa dimiliki oleh siapa pun. Termasuk kita.

Akhirnya, saya ingin mengatakan bahwa kegagalan yg pernah kita alami ini tidaklah terlalu buruk, jadi masih sangat terbuka kemungkinan bagi kita untuk mengungguli pencapaian mereka…


ataukah saya harus katakan, kita belum bisa berhasil seperti orang-orang itu karena kita belum mengalami kegagalan dan pengalaman pahit seperti yg mereka alami…🙂


SO, JANGAN TAKUT GAGAL ATAU BAHKAN MENCOBA…

KARENA DISANALAH LETAK PELAJARAN TERBESAR… ^ ^

Wallahu aâlam


Keep Optimist en ikhtiar :D!


(Rewritten from PHP’s FB notes)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s