Arti Ketulusan

Tak seperti biasanya, sampai sepertiga malam terakhir aku masih terjaga. Tapi ini bukan insomnia. Saat-saat dimana aku masih membuka mata hingga larut pertanda ada banyak hal yang sedang kupikirkan.
Too many to think. Mostly, pikiran itu berisi pertanyaan-pertanyaan yang belum kutahu jawabannya. Ada rasa bingung, gundah, galau, dan tak tenang, di dalamnya.

Satu kata yang menjadi sumber pertanyaanku itu bernama "ketulusan". It just a word, tapi ada deretan makna dan pertanyaan hidup yang teramat dalam dibaliknya.
Ia amat mudah diucapkan oleh orang-orang yang mungkin justru belum terlalu paham apa artinya. Mungkin juga termasuk aku. Maka dari itu, aku bertanya pada diriku sendiri.
Hati tiap-tiap manusia itu penuh rahasia dan misteri. Hanya Allah yang Maha Mengetahui segalanya.
Satu hal yang kuharap, semoga apa yang kupikirkan saat ini tak seperti apa yang kukira. Dan semoga makna ketulusan itu dapat dipahami oleh setiap dari kita, khususnya aku.
Bismillah….

One thought on “Arti Ketulusan

Leave a Reply

