Myelin

Category: Books
Genre: Other
Author: Prof. Rhenald Kasali
Tahu buku ini pertama kali dari my bitter brother (wkwkwk). Pertama kali saat mendengar judul bukunya, kukira ini adalah sebuah novel dengan tokoh utama seorang wanita China, secara namanya ada "Lin" gitu (hoho~ parrah ^^"). Karena gak ngeh dan kurang tertarik dengan jenis novel, maka saat berkunjung ke toko buku, aku tidak berusaha untuk mencarinya.

Nah, dalam peristiwa lainnya, aku membaca sebuah tulisan dari Prof. Rhenald Kasali yang berjudul Passport. Seketika, aku langsung terkagum-kagum dengan segala tulisan beliau.

Peristiwa berikutnya…

Suatu hari di akhir pekan, aku berkunjung (untuk kesekian kalinya) ke toko buku langgananku itu. Sebut saja namanya adalah TM Bookstore, yang ada di bilangan Depok (tepatnya Depok Town Square). hahaha…

Nah, secara taksengaja aku melihat sebuah buku bersampul merah, dengan nama "Rhenald Kasali" sebagai penulisnya. Dan terkejutlah aku, saat membaca judulnya adalah MYELIN. hahaha… Kayaknya memang jodoh ama ni buku ;D. Memang, my bitter brother itu ndak memberitahu tentang apa isi bukunya dan siapa penulisnya. Tanpa pikir panjang, akhirnya kubeli buku itu.

Prof. Rhenald memperkenalkan myelin atau muscle memory yang membuka mata kita bahwa manusia tidak cukup berinvestasi pada otaknya saja, tetapi juga ototnya (muscle) agar ia berorientasi pada tindakan, membentuk budaya disiplin, dan membangun intrapreneuring, tata nilai, serta kinerja.

Brain memory dapat diibaratkan kereta Jabodetabek yang hanya mengandalkan sebuah lokomotif di kepalanya. Myelin merupakan rahasia di balik perkembangan talenta manusia dan kesuksesan dunia usaha yang melesat bak kereta Shinkansen. Dengan Myelin, seluruh kekuatan dihidupkan agar perubahan bukan sekedar angan-angan (copas dari ringkasan bukunya :D).

***

Dari buku ini, aku banyak belajar hal baru, terutama nilai-nilai leadership dan entrepreneurship (yang sangat jarang kujamah ^^"). Penjelasan konsepnya dipaparkan secara ringan dan kasuistik melalui perjalanan perusahaan-perusahaan serta orang-orang top di Indonesia maupun dunia, seperti Susan Boyle (Britain’s Got Talent), Se Ri Pak (pe-golf wanita asal Korea Selatan), Blue Bird, Wijaya Karya dll. Hohoho~ Jadi semakin tahu dunia bisnis dan kewirausahaan ^^

Tambahan lagi. Ada sebuah kata dan konsep baru yang aku pelajari dari sini, sungguh menginspirasi dan menjadikanku bersemangat untuk menerapkannya, yaitu KNOWLEDGE MANAGEMENT.

Penjelasan tentang knowledge management akan kutulis dalam postingan khusus dan tersendiri (soalnya lumayan panjang jhe :D).

Jaa, intinya buku ini highly recommend buat teman-teman semua ^^! Selamat membaca (baik dengan cara membeli, numpang baca di toko buku, maupun meminjam :D)

Lebih lanjut tentang resensi buku ini bisa dibaca di:

http://www.antaranews.com/berita/1269705043/rhenald-kasali-mengajak-indonesia-bergerak

PS: chongmal gomawoyo, oppa 🙂

Advertisements

9 thoughts on “Myelin

  1. farahzu said: Whaaaa aq juga amaze dg buah pikiran beliau.. Cerdas sekali. Inspires me always.. Thx for sharing yaa.. *berminat. Hhe..

    wah sy jd ikt penasaran..
    sy jg pnh jastifikasi sebuah buku, tp pas dah baca tnyta isinya beda 180 derajat dari perkiraan.

  2. farahzu said: Whaaaa aq juga amaze dg buah pikiran beliau.. Cerdas sekali. Inspires me always.. Thx for sharing yaa.. *berminat. Hhe..

    yang saya tahu, myelin itu pembungkus otot,bukan? hehehe…myelin sheath (ada di buku anatomy saya)

  3. mro0308 said: wah sy jd ikt penasaran..sy jg pnh jastifikasi sebuah buku, tp pas dah baca tnyta isinya beda 180 derajat dari perkiraan.

    Betul-betul… Saya pernah beberapa kali salah justifikasi ^^". Sumonggo, selamat mencari dan membaca bukunya 🙂

  4. irmaruslina said: yang saya tahu, myelin itu pembungkus otot,bukan? hehehe…myelin sheath (ada di buku anatomy saya)

    Inggih, inggih, betul mbakyu :). Nah, di buku ini dijelaskan cukup detail hubungan antara pembungkus otot tersebut dengan kesuksesan en nilai2 leadership. hehehe… Selamat membaca ^^~

  5. irmaruslina said: yang saya tahu, myelin itu pembungkus otot,bukan? hehehe…myelin sheath (ada di buku anatomy saya)

    buku-bukunya Rhenald Kasali itu yang recommended apa aja ya, mbak? Re-code DNA, Myelin, Change, Cracking Zone,dll?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s