My Passion; Part 1

Salah satu passion-ku di dunia akademik adalah kajian tentang Islam dan komunitas Muslim yang ada di berbagai negara di seluruh dunia, terutamanya adalah negara-negara minoritas Muslim. Sejak jenjang sarjana hingga master, aku selalu mengaitkan tulisanku (terutama my final year thesis) dengan tema-tema perkembangan Islam dan Komunitas Muslim. Saat S1, tema skripsiku adalah Islam dan Muslim di Amerika Serikat pasca 911, sedangkan untuk tema tesisku adalah Persepsi pelajar Jepang terhadap Islam dan Muslim.

Karena passion-ku ini, maka aku selalu "ngiler" dan bersemangat ketika membaca Islam Digest, sebuah terbitan khusus dari Republika yang terbit setiap hari Ahad. Salah satu bahasan di dalamnya adalah perkembangan Islam di berbagai negara; membuatku selalu ingin mengeksplorasi langsung khazanah peradaban Islam (sekalian jalan-jalan. hehehe….). Memang, sungguh menarik mempelajari bagaimana sejarah dan peradaban Islam berkembang di seluruh dunia, termasuk isu-isu kontemporer yang menyangkut dengannya.

Nah, rencanaku ke depannya, aku ingin melakukan kajian lebih luas dan mendalam terkait Islam dan komunitas Muslim yang ada di negara-negara lain; terutama di Asia Timur (Korea Selatan dan China daratan) serta negara-negara "Stan".

Sebagai salah satu bentuk keseriusanku dalam hal ini, setiap kali aku berkunjung ke berbagai toko buku yang pernah aku datangi di berbagai tempat, selalu aku sempatkan untuk mencari literatur terkait Islam dan komunitas Muslim yang ada di daerah/ negara tersebut. Beberapa literatur yang sudah aku miliki mencakup; Islam di Jepang, Islam di China, Islam di Asia, Islam di Thailand, Islam di Amerika Serikat, Islam di Benua Amerika, dan akan segera menyusul buku-buku lainnya. Hehe…. (I am book + bookstore freak :D).


Gambar di atas adalah gambar cover buku æ¥æ¬ã?®ã ã¹ãªã 社ä¼ã(Muslim Community in Japan) karya Sakurai Keiko sensei yang kupunya. Postinganku terkait buku ini bisa dibaca di SINI 🙂

So, sejak sekarang aku mulai menyicil rencana dan passion-ku ini dengan menulis segala sesuatu terkait perkembangan Islam dan komunitas Muslim di berbagai negara di dalam MP. InsyaAllah selama Ramadhan nanti, secara rutin akan ku-posting-kan, sekaligus sebagai target dan program Ramadhan-ku tahun ini. Bismillah….

Jaa, ganbare :D! Jia you😉

5 thoughts on “My Passion; Part 1

  1. nihon-go?waah..berarti pinjem bukunya nanti pas aq dah bisa baca kanji..heheheh
    mau deh yang bahasa Inggrisnya mba chiku, hari selasa insya Allah aku ke IM🙂

Leave a Reply

