Tips Membangun Peta Karir & CV

Beberapa waktu yang lalu, Mbak Gita, seorang expert di dunia per-HRD-an😀, berbagi tips seputar bagaimana membuat career plan dan CV yang OK. Di postingan ini, saya copaskan ya. Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan kita semua🙂


TIPS MEMBANGUN PETA KARIR
Oleh Ghita Utoyo
(Media Indonesia, 02 Nov 08)
Buatlah jurnal perjalanan karir yang berisi hal-hal dibawah ini:
1)
Apa yang ingin dicapai 5 tahun dan 10 tahun ke depan? Dengan selalu mengingat tujuan jangka panjang, langkah perjalanan karir dan jenis pekerjaan yang Anda pilih akan memiliki arah yang terfokus.
2)
Buat daftar keahlian dan ketrampilan yang Anda kuasai, untuk selalu mengingat nilai tambah yang dapat Anda kontribusikan dalam pekerjaan.
3)
Buat daftar keberhasilan yang sejauh ini telah diraih termasuk hal-hal yang Anda banggakan, sehingga Anda akan selalu menghargai hasil kerja keras Anda.
4)
Uraikan kegiatan pengembangan diri, baik dalam hal teknis pekerjaan maupun hobi. Penjabaran ini penting dilakukan untuk selalu mengingatkan dan memberi kesempatan pada diri sendiri belajar hal-hal yang baru. Jangan biarkan diri Anda terkubur dalam rutinitas pekerjaan dan melupakan pengembangan diri.
Lihatlah kembali resume Anda, dan kembangkanlah terus berdasarkan jurnal perjalanan karir diatas. Lakukanlah hal ini secara rutin, bukan hanya sewaktu Anda membutuhkan atau mendapatkan tawaran pekerjaan. Dengan demikian Anda akan selalu siap menjual keahlian Anda setiap saat ada peluang.
Identifikasikan pihak-pihak, institusi, maupun kegiatan yang dapat membantu Anda membangun network baru. Tidak hanya di dunia pekerjaan, tetapi juga yang menyangkut komunitas hobi. Kita tidak pernah tahu dari mana dan dari siapa datangnya sebuah kesempatan.
Jangan hanya berkutat dengan teman-teman yang sama dari industri yang selalu sama. Galilah inspirasi dari dunia luar untuk melahirkan ide-ide dan inovasi baru yang dapat mendukung perjalanan karir Anda.
Kenalilah keunikan dan kekuatan Anda, serta jadikanlah sebagai pijakan untuk menonjolkan keunggulan Anda dibandingkan dengan kebanyakan orang lain. Terkadang mengenali keunikan pribadi dapat membantu Anda memilih area keahlian khusus, seperti halnya seorang spesialis.
Selalu siap mempromosikan keberhasilan Anda, dengan cara dan waktu yang tepat. Jangan takut orang berpikir bahwa Anda sombong. Mengungkapkan kisah sukses wajar Anda lakukan untuk mendapatkan apresiasi akan hasil kerja keras yang telah Anda lalui.
Buatlah rencana jangka panjang yang terdiri dari beberapa potongan rencana jangka pendek didalamnya, untuk Anda jadikan pijakan. Perhatikan dan pikirkanlah setiap perubahan yang terjadi, apakah tetap sesuai dengan tujuan jangka panjang yang telah ditetapkan pada awal peta perjalanan karir Anda.


TIPS MEMPERSIAPKAN CV/RESUME PRIBADI


CURRICULUM VITAE
Adalah dokumentasi/jurnal pengalaman hidup, keahlian, dan pencapaian pribadi seseorang
KEUNTUNGAN MEMILIKI CV?
⢠Memiliki dokumentasi tertulis
⢠Menghargai perjalanan hidup
⢠Mengenal jalur (track) tujuan hidup/karir yang ingin dicapai
KOMPONEN CV
⢠Layout First Impression sesuai industry
⢠Sistematika dan Struktur penulisan
⢠Gaya penulisan sesuai industry
⢠Isi yang terukur & portfolio bila dibutuhkan
STRUKTUR PENULISAN CV
AWAL
âFoto
âProfil Pribadi
âTujuan Karir
âLatar Belakang (Ringkasan Karir)
âGambaran kepribadian (jika dibutuhkan)
ISI
âPendidikan dan Skill
âTraining
âHighlight Achievement (Pencapaian)
âPengalaman Bekerja
â¢Tahun dan Nama institusi
â¢Peran dan Posisi
â¢Ringkasan deskripsi pekerjaan
â¢Achievements
AKHIR
-Profesional filosofi (jika dibutuhkan)
-Referensi
Contoh Gaya Penulisan:
CONTOH INTRO PADA EMAIL PEMBUKA
As 28 years old married guy, God bless me with beautiful wife and adorable 7 months daughter, I also love to driving over the land and travel to various ancient cities as one of my interest besides polishing âmy ladyâ? (â81 Toyota Corona), playing my Gibson Les Paul guitar, collecting DVD and Music CD.
CONTOH ISI YANG TERUKUR
Responsible for the performance of 25 large client to the maximum of 53 specialist portfolio of clients for the 3rd largest magazine marketing specialist company in Australia, accounted for approx. Aus$ 1.2 billion annual total budget revenue
CONTOH PROFESIONAL FILOSOFI
I am deeply committed with the concept of âDoing the right thing in the right wayâ?. Interpersonal relationship, Trust, Communication and a strong ground of management-employee mutual support and contribution, along with the above concept, are essential as the foundation of an organization.

4 thoughts on “Tips Membangun Peta Karir & CV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s