Refleksi Akhir Tahun #2; Work

Masih terekam jelas dalam ingatan, dini hari pada hari Jumat, 31 Desember 2010, aku mendapat sebuah SMS dari seorang kawan yang kini menjadi partner kerjaku. Di dalam SMS tersebut, ia menyampaikan bahwasanya tertanggal 3 Januari 2011, aku resmi menjadi bagian dari gerakan ini; Indonesia Mengajar.
Era baru dalam hidupku pun dimulai! Dunia Kerja :D!!


Di penghujung tahun 2011 ini, di dalam benakku terbayang berbagai kilas balik peristiwa yang terjadi sepanjang tahun penuh kenangan. Dalam hidupku, untuk pertama kalinya aku memiliki sebuah "pekerjaan". Akan tetapi, baru kusadari bahwasanya apa yang dianggap sebagai "pekerjaan" ini, bukanlah pekerjaan. Tapi sebuah kesempatan untuk belajar tentang hidup dan segala apa yang ada di dalamnya.
Di sana kurasakan berbagai rasa kehidupan, mulai dari yang manis, hingga yang terpahit sekalipun. Aku belajar bagaimana untuk menjadi lebih kuat, menjadi pribadi dengan kepribadian yang lebih matang, tangguh, tak mudah menyerah, dan penuh dengan refleksi diri untuk menjadi lebih baik.
Kusadari, ada banyak kelemahanku yang cukup "membahayakan" jika aku takkunjung menemukan cara untuk mengatasinya. Zona yang selama ini kutinggali, ternyata masih terlalu sempit. Sehingga apa yang kutahu dan kukira sebelumnya, masih sangat minim.
Need to enlarge my comfort zone!
Di sini, aku banyak belajar tentang hal-hal baru yang belum pernah aku jamah sebelumnya; dunia media massa, dunia komersial, dunia korporat, dunia buku-percetakan, hingga dunia anak-anak muda kota :D.
Juga sempat bertemu dengan berbagai karakter orang, mulai dari yang sangat "wah" sampai yang "aneh". Yang tak disangka pula, di sini pulalah aku sering mendapatkan kesempatan langka; bertemu para tokoh yang selama ini hanya kulihat di layar kaca :D! Pernah pula masuk koran, tivi en radio 😀
Selain itu, aku juga berkesempatan untuk mengetahui negeri ini dari dekat; mengunjungi berbagai pelosok Indonesia. Mulai dari ujung barat Indonesia (Aceh) hingga daerah timur Indonesia (Maluku Utara). Jarang-jarang bisa ke pelosok Indonesia :D!
Pada intinya, aku sangat bersyukur bisa "belajar" (instead of bekerja) di sini. Alhamdulillah, sungguh anugerah yang luar biasa besar, memiliki tempat belajar yang tepat dalam menapaki dunia nyata untuk pertama kalinya. Entah, apa jadinya jika seorang yang lugu sepertiku ini berada di tempat yang salah. Namun, rencana Nya memang selalu indah :). Segala benturan-benturan yang kuhadapi setahun ini, kuyakini merupakan cara Nya untuk menjadikanku lebih kuat.

Semoga apa yang telah kupelajari selama setahun ini, bisa bermanfaat ke depannya :)! Semangat optimisme 🙂
Dan pada 3 Januari 2012 nanti, genap satu tahun aku membersamainya; keluarga besar Tim Galuh :). Subhanallah… Alhamdulillah… Allahuakbar…

2 thoughts on “Refleksi Akhir Tahun #2; Work

Leave a Reply

