Dream to India

Sore ini, aku mendapatkan sepucuk surat elektronik dari sahabatku yang berada di India. Dia bernama Nivedita Kumari. Aku mengenalnya saat kami mengikuti program yang sama, yaitu program JENESYS 2010 dari Japan Foundation di Tokyo. Selama program, kami sering bersama. Berhubung I am a big fan of India (not only Japan ya. lol :D), maka terjadilah komunikasi yang intensif antara aku dan dia. Banyak hal yang kutanyakan, mulai dari Shah Rukh Khan (ahahay) hingga berbagai pertanyaan tentang arti dari lirik lagu Bollywood yang sering kudengar (eits, ini pengaruh dari mbakku yang Bolly mania ya😀. wkkwkwk…)

Nive, panggilan akrabnya, mengirimkan undangan pernikahannya padaku. Ia akan menikah pada 17 Februari nanti, di Patna, Bihar, India. Ini kali pertama aku mendapatkan undangan nikahan versi India😀. Saat membaca lokasi pernikahannya, aku dibuat penasaran luar biasa. Maklum, aku tidak tahu sedikitpun tentang apa dan dimana itu Patna ataupun Bihar.

Maka, dimulailah pengembaraan khayalku. Menuju India…..

Kutanya pada mbah google untuk mengetahui segala sesuatu tentang Patna – Bihar. Ternyata, Patna adalah ibukota dari Bihar yang semacam propinsi. Bihar terletak di sebelah timur Uttar Pradesh (kya..kya… Ladakh :D), di sebelah selatannya Nepal, dan di sebelah baratnya Bangladesh. wa…wa….

Semakin kubaca detail dari lokasi ini, semakin aku ingin ke sana. Ternyata di Bihar ada pula daerah yang terkenal, yaitu Bodhgaya tempat dimana Budha Gautama disebutkan mendapatkan pencerahan.



Lalu, semakin kutelusuri lebih dalam tentang India dan segala sesuatunya. Sampai akhirnya aku membaca sebuah kesempatan beasiswa untuk melanjutkan studi di negeri ini, yang ditawarkan oleh Pemerintah India melalui kedutaan besarnya. Akhirnya, aku pun membuka satu per satu tautan tersebut.

Di benakku, sempat terpikir untuk melanjutkan studi di India, tepatnya di Delhi University atau Jawaharlal Nehru University dengan konsentrasi jurusan East Asian Studies. Kalau dipikir-pikir, cukup unik juga belajar tentang Asia Timur dari kacamata India🙂. Then, aku teringat kakak kelasku sewaktu kuliah S1 dulu, yang tengah melanjutkan studi di New Delhi. Jadilah aku semakin penasaran ingin bertanya-tanya tentang India. Oya, supaya bisa ikut membaca juga, silakan buka tautan
INI untuk informasi seputar BIHAR, dan tautan
ITU untuk info tentang kehidupan mahasiswa Indonesia di India. Sangat menarik :D!

Wah, intinya sehabis membaca undangan dari temanku itu, aku jadi semakin "terbakar" untuk pergi mengunjunginya di India sana. Walau saat hari penting temanku itu aku tidak bisa hadir, namun semoga suatu saat nanti aku bisa berkunjung dan menemui sahabatku itu (sekalian jalan-jalan keliling India). aamiin…..

PS: I am a big fan of Indian culinary, Hindi language, India Civilization & History, dan tak lupa, LADAKH :D!


Go kekkon omedetou gozaimasu, Nive san :D! Wish you all the best

Informasi tentang beasiswa India (deadline 17 Februari 2012), dapat diunduh di tautan berikut.

2 thoughts on “Dream to India

  1. aku juga penasaran banget pengen ke india😀 dimas pernah kesana tuh mba

    pasti menarik banget ya datang ke pesta pernikahan orang india, itu salah satu mimpiku. lihat budaya mereka secara langsung, bukan dari film

  2. pemikirulung said: aku juga penasaran banget pengen ke india😀 dimas pernah kesana tuh mba pasti menarik banget ya datang ke pesta pernikahan orang india, itu salah satu mimpiku. lihat budaya mereka secara langsung, bukan dari film

    Ayo ke India buuuu :D! Iyaaa, mupeng banget pas tahu kalau Dimdim pernah ke sana. Si Daniel kayaknya juga pernah deh. uhuhu….

    Hayuuk, klo ke India kabar-kabarin ya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s