Tips merawat buku ala @bentangpustaka

Sebagai book lovers, tips-tips ini penting sekali demi menjaga keberlangsungan jendela dunia🙂

#Tips merawat buku ala Bentang Pustaka

Retweet dari TL @bentangpustaka

Dicopy-paste dari
tautan INI

>Buat semua yang suka banget baca dan mengkoleksi buku, terkadang punya masalah gimana caranya merawat buku yang benar. #tipsbuku

Gambar diambil dari
SINI

> Adalah PENTING tetap menjaga buku tersebut dapat dibaca berulang2 kali tanpa rusak parah. *kecuali dipinjam trus gak balik2.😛 #tipsbuku

> 1. wajib banget menyampulkan buku minimal pake sampul plastik transparan (kalo bisa yang anti rayap juga *yang tebel gitu) . #tipsbuku

> 2. letakkan buku di rak khusus buku, pastikan posisinya berdiri. jgn dibuat menumpuk krn membuat kertas2 dlm buku jadi menempel. #tipsbuku

> 3. jangan sekali-kali menjadikan buku sebagai bantal tidur atau pengganjal pintu karena akan membuat penuaan dini pada buku. #tipsbuku

> 4. untuk menjaga buku biar tidak menguning, bisa disisipkan butir penyerap air (silica gel) dan kapur barus dalam rak buku. #tipsbuku

> 5. Hindarkan buku dari air, minyak, debu dan panas matahari langsung atau lampu yang berkekuatan tinggi, nanti bisa bikin Kertasnya akan cepat berjamur, menguning dan cepet robek. #tipsbuku

> 6. kalo punya rejeki berlebih, akan lebih baik beli buku edisi hardcover (jika ada), biar cover dan isinya tidak cepat rusak. #tipsbuku

> 7. Jangan memfotokopi buku. biasanya kl di FC gitu punggung buku akn ditekan keras2, bsa mempersingkat jilidan bku, cepet lepas. #tipsbuku

> 8. Secara rutin buku dibersihkan dari debu dgn menggunakan kemoceng atau kuas kering. Minimal sekali sehari biar gak nimbun debu. #tipsbuku

> 9. selain kapur barus, untuk menghindari buku dari serangga bisa juga menyisipkan rempah-rempah seperti cengkeh. #tipsbuku

> 10. untuk posisi terbaik rak buku, jgn di letakkan terlalu rapat dgn dinding untuk mencegah lembab dari dinding menyebar ke buku. #tipsbuku

> 11. Jangan mencampur kumpulan buku dengan barang2 lainnya, tujuannya agar tidak dimakan rayap. pastikan buku ada di rak khusus. #tipsbuku

> 12. Simpan buku dalam rak di ruangan yang cukup ventilasi, dan pastikan tidak dalam ruangan yang lembab. #tipsbuku

> 13. Rajin2 lah mengangkat buku yg lama tidak dibaca untuk mengusir ngengat serta hama serangga lain, jangan lupa dibersihkan. #tipsbuku

> 14. Cepat perbaiki sampul buku bila rusak atau ada yang sobek sedikit, sedikit celah bisa membuat buku menjadi lembab. #tipsbuku

> 15. Dilarang melipat buku atau menandai halaman buku dgn mencorat-coretnya. Cukup selipkan kertas pembatas pd halaman tertentu. #tipsbuku

> Semoga bermanfaat.😀

Salam Bentang Pustaka.

Sumber :

1. http://forum.upi.edu/index.php?topic=16623.0

2. http://www.aseps21.com/2012/02/cara-merawat-buku.html

3. http://www.anneahira.com/tips-merawat-buku.htm

6 thoughts on “Tips merawat buku ala @bentangpustaka

  1. Hwaa….Chikuuu..tips yg no 15 sangat amat terlalu sering aku langgar…aku kalau baca buku aku coret2 pakai pensil warna atau stabilo…malah kadang ku tempelin gambar tempel kalau suka halaman yg itu *kaco deh* makanya aku berusaha beli senidiri buku yg kusuka daripada pinjem… (karena kalo pinjem gak bisa ku coret2 kan? dan vice versa, aku gak suka ngasih bukuku yg udah kucoret2 itu ke orang, soalnya nilainya yg udah dicoret2 itu personalllll sekali)

  2. wayanlessy said: Hwaa….Chikuuu..tips yg no 15 sangat amat terlalu sering aku langgar…aku kalau baca buku aku coret2 pakai pensil warna atau stabilo…malah kadang ku tempelin gambar tempel kalau suka halaman yg itu *kaco deh* makanya aku berusaha beli senidiri buku yg kusuka daripada pinjem… (karena kalo pinjem gak bisa ku coret2 kan? dan vice versa, aku gak suka ngasih bukuku yg udah kucoret2 itu ke orang, soalnya nilainya yg udah dicoret2 itu personalllll sekali)

    hehe… klo untuk personal kita sendiri, gak apa-apa sih mb🙂. Mempermudah belajar😀

  3. tintin1868 said: sekarang udah males banget lapisin pake plastik.. kalu emang pengen koleksi buku, ku sekalian beli yang hardcover deh..

    hihi, klo aku walopun hardcover, tetep aku sampulin plastik mbak😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s