Setiap sesuatu ada penyakitnya

Copas dari lapak sebelah…

Semoga bermanfaat untuk kita semua. aamiin…

RENUNGAN: SETIAP SESUATU ADA PENYAKITNYA

(dicopas dari Rumah Zakat)

Rasulullah SAW bersabda kepada menantunya, yang juga sahabat tercintanya Ali bin Abi Thalib r.a, "Wahai Ali, setiap sesuatu pasti ada penyakitnya.

Penyakit bicara adalah berbohong, penyakit ilmu adalah lupa, penyakit ibadah adalah riyaâ. Sedangkan penyakit akhlak mulia adalah kagum kepada diri sendiri. Penyakit berani adalah menyerang, penyakit dermawan adalah mengungkapkan pemberian, dan penyakit tampan dan cantik adalah sombong.

Penyakit bangsawan adalah membanggakan diri, penyakit malu adalah lemah, penyakit mulia adalah menyombongkan diri. Penyakit kaya adalah kikir, penyakit royal adalah hidup mewah, dan penyakit agama adalah nafsu yang diperturutkan.

Ketika berwasiat kepada Ali bin Abi Thalib r.a., Rasulullah SAW pun bersabda : âWahai Ali, orang yang riya’ itu punya tiga ciri, yaitu rajin beribadah ketika dilihat orang, malas ketika sendirian dan ingin mendapat pujian dalam segala perkaraâ?.

Wahai Ali, jika engkau dipuji orang, maka berdoalah : "Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik daripada yang dikatakannya, ampunilah dosa-dosaku yang tersembunyi darinya, dan janganlah kata-katanya mengakibatkan siksaan bagiku".

Ketika Ibnu Masâud r.a ditanya bagaimana cara mengobati hati yang sedang resah, gelisah dan gundah gulana. Maka sahabat Ibnu Mas’ud r.a pun berkata: "Dengarkanlah bacaan Al-Qur’an atau datanglah ke majelis-majelis dzikir atau pergilah ke tempat yang sunyi untuk berkhalwat (sendiri sembari ibadah) dengan Allah SWT. Jika hal itu belum juga terobati, maka mintalah kepada Allah SWT hati yang lain, karena sesungguhnya hati yang kamu pakai bukan lagi hatimu".***

Nah, itu semua kerap sekali terjadi kepada diri kita. Hal-hal yang dikisahkan Rasulullah kepada menantunya Ali bin Abi Thalib ra. Itu terkadang membuat hati ini resah, gelisah dan gundah-gulana, menimpa kita semua.

Mudah-mudahan renungan ini bisa menjadi pemicu semangat kita semua untuk senantiasa memperbaiki diri guna menjadikan pribadi kita yang lebih baik. Aamiin Ya Robbalâalamin.

dikutip dari renungan yg dikirim rumah zakat

3 thoughts on “Setiap sesuatu ada penyakitnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s