Antara Studi & Galau

Sekitar dua pekan lalu, aku merasa galau. Tapi ini bukan galau yang biasa lho! Dan jangan terlalu berbaik sangka tentang apa yang aku galaukan :p. Semenjak menginjakkan kaki di negeri Formosa ini, aku memantapkan hati untuk segera mengatur strategi for my thesis. Sebenarnya, aku sudah ada bayangan tentang apa yang hendak aku bahas ketika penelitian dan penulisan tesis nanti. Namun tiba-tiba, setan menghembuskan rasa was-was di hati, sehingga akupun jadi galau. Hal yang kugalaukan mungkin agak sedikit filosofis, sehingga ini sungguh menguras pemikiranku tentang apa tujuan dan eksistensiku berada di Taiwan sini, serta apa manfaat nyata dari penelitian dan tesisku itu.

taken from Google🙂

Terlebih, setelah membaca, melihat dan mendengar beragam kasus yang terjadi di tanah air akhir-akhir ini, membuatku sungguh geram sekaligus kesal. Aku merasa use-less, karena belum bisa berbuat hal yang bermanfaat untuk kebaikan masyarakat di negeriku.

Namun, alhamdulillah ketika melakukan kuliah online dan diskusi bersama sensei terkait riset dan isu disekitarnya, kudapatkan jawaban atas rasa galauku tersebut. My sensei gives me an enlightening suggestion and opinion about my problem. Berikut adalah diskusi singkatku bersama beliau secara online pada Sabtu, 29 September 2012 siang yang lalu.

***

red_now14: Sensei, wajar gak sih ada perasaan bahwa penelitian yang kita lakukan itu sebenarnya untuk apa dan siapa? Merasa saya gak bisa berbuat apa2 untuk negeri TT___TT.  Kaitannya apa antara self curiousity dengan kemaslahatan orang banyak?  Kaitannya dengan indonesia apa coba?

Andy Sensei: hehehehe biasa itu… Biasanya perasaan itu muncul pas peneliti tersebut berada di tengah-tengah kejemuan meneliti. Kegunaan penelitian yang kita lakukan untuk Indonesia akan jelas setelah kita selesai meneliti. Paling tidak,  kita sudah punya modal dulu untuk mengamati dan memecahkan masalah yang nyata ada di negeri kita.  Kalo mash ditengah-tengah neliti, ya nggak akan keliatan.

Saya kasih contoh deh. Orang yang neliti nanoteknologi,  dia nggak akan memikirkan hasilnya nanti buat apa yah. Wong yang dia teliti benda yang super duper kecil gitu. Tapi setelah semua selesai, pengetahuan yang dia harus ketahui tentang benda itu sudah complete dia kuasai.  Maka dia akan dengan mudah ngerti apa fungsinya, karena sudah menguasai seluk beluknya.

red_now14: Ho~ berarti intinya jalani dulu ya sensei? sempet depresi (lebay), ngliat banyaknya permasalahan di negeri

Andy Sensei: iya. heheheh, wajarlah. Tapi, apakah anak SD tahu apa kegunaan dirinya bagi bangsa ini? Makanya dulu kalo pas SD sering dikasih tau: Kalau mau berguna untuk nusa dan bangsa, maka belajar yang tekun. Gitu tho? Karena dengan belajar itu kita tahu suatu hal yang pasti bisa berguna.

***

Alhamdulillah, setelah melakukan obrolan singkat ini, aku jadi paham. Walau sebentar, tapi sangat bermakna dan tepat sasaran. Inti dari diskusi dan kuliah online tersebut adalah bahwasanya janganlah pesimis. Paling tidak, semangat untuk membangun dan berkontribusi itu sudah ada, tapi bentuk penyalurannya disampaikan dalam bentuk yang berbeda yaitu untukku saat ini, di sini, adalah dengan giat belajar dan terus luruskan niat. Agar ketika nanti, ilmu yang kita pelajari saat ini bisa bermanfaat; walau kita belum tahu pasti apa bentuk kemanfaatan itu.

Semoga bisa terus istiqomah dalam menuntut ilmu untuk semakin mendekat pada Nya. aamiin…  Mari bersemangaaaat :D!

PS:

* red_now14 –> ID YM ku🙂

** Syukron katsir untuk Andy sensei yang senantiasa sabar menghadapi murid yang banyak nanya ini. Semoga Allah swt membalas kebaikan sensei dengan keberkahan dan rezeki dunia akhirat. aamiin

Three concepts of education; emphasizing knowledge, growing maturity and developing good manners

One thought on “Antara Studi & Galau

  1. aamiin..iya, berdiskusi dengan sensei Andi banyak menemukan pencerahan,ya, mbak🙂 siip, mbak..semoga perjalanan tesisnya membuahkan hasil yang bermanfaat bagi siapa saja, khususnya kontribusi untuk negeri tercinta🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s