[Share] National Geographic Magazine

1888-National Geographic-Magazine
First cover!

One of my most favorite reading materials adalah National Geographic Magazine! WHY? Because life is full of curiosity… Mulai dari hal terkecil di bumi hingga galaksi dunia, semua dibahas di NGM. Majalah yang terbit premiere pada tahun 1888 ini, kini sudah tersebar di seluruh penjuru negera dan telah diterjemahkan ke dalam 33 lebih bahasa dunia.

Hm.. Sakjane daku sedang mencoba mengingat-ingat kapan pastinya aku mulai tertarik membaca NGM ini. Sik jelas, ketika majalah NG versi Indonesia terbit untuk pertama kalinya pada Bulan April 2005, aku sudah mengikutinya.Why aku suka dengan NGM? Selain karena konten/isinya yang oke punya, dan foto-foto kelas dunia yang slalu bikin mupeng, plus bonus-bonus petanya, juga karena kualitas kertasnya. Aku sangat suka dengan buku yang memiliki jenis kertas ala ensiklopedi. Bisa tahan lama dan skaligus bisa jadi investasi di masa depan :D! Hope that my children will love to read them all ;D

Selain sebagai pembaca, bisa dikatakan pula bahwa aku seorang kolektor NGM berbagai versi. So far, NGM yang paling banyak kumiliki adalah versi bahasa inggris (versi Amrik), Bahasa Indonesia, juga ada beberapa yang berbahasa Jepang dan Mandarin (RRC).

Alhamdulillah, hingga saat ini koleksi NGM ku yang tertua dipublikasikan pada tahun 1961 yang berarti NGM ku yang satu ini, jauuuuh lebih tua daripada umurku. Hahaha…. And slain itu, tampaknya aku perlu membeli rak buku yang baru untuk menampung seluruh koleksiku tersebut :p

Oya, terkadang aku suka hunting NGM di beberapa pasar buku bekas yang ada di TMII (pasar buku langka), samping rel stasiun Pondok Cina UI, juga berbagai event pameran buku. Selain hunting sendiri, aku juga bekerjasama dengan salah satu provider NGM (istilah keren untuk pak penjual buku bekas :D) yang memang khusus mengumpulkan NGM untuk para kolektor. Melalui merekalah, aku bisa melengkapi dan mendapatkan satu per satu NGM dari berbagai tahun terbit hingga nyaris lengkap :D! Senangnya~ (ckck.. memang daku sangat boros untuk hal macam ini)

Btw, sebelumnya aku sempet menyebut tentang investasi. Jenis investasi apakah itu? Menurutku, investasi tersebut berupa info serta sejarah tentang perkembangan ilmu pengetahuan dari masa ke masa, yang bisa terus diingat dan dibaca. Tak hanya bagi generasi senior, tetapi tentu saja juga generasi muda imut-imut yang akan menjadi penerus bangsa kita. ha..ha..

Senang rasanya bisa mengamati dan mengetahui perkembangan teknologi dan bahasan sosial masyarakat dari masa ke masa. Sebab, ada kekaguman dan keanehan tersendiri ketika membaca NGM terbitan tahun jadoel. Bisa kebayang gak, suatu teknologi yang skarang ini dianggap ketinggalan abis, pernah menjadi primadona dan pusat pesona berjuta pasang mata di masanya. That’s the world that always changing ya…. MasyaAllah…. Mantabs😀

ngm_jan_2013_cvr_set_01-558x400

3 thoughts on “[Share] National Geographic Magazine

  1. wah, sama nih, saya juga menggemari national geo magz, mbak! cuma blm smpe jd kolektornya, baru sebatas berdasar tema yg bagus aj sh. nyarinya pun di tempat2 buku bekas juga, lumayan buat kantong, bisa dpt harga miring smpe 10rb per buku, padahal klo baru bisa 50rban. eniwai, ttg saudaranya, majalah traveller, menurut mbak gmn ya?

  2. Pingback: [Share] 125 Years NG Exhibition | Chikupunya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s