Pak Kliwon dan Mie Ayam

Yogyakarta senantiasa menjadi destinasi utama dalam setiap liburanku, entah itu masa cuti kerja (dulu) maupun saat libur semester (#jadi anak kuliahan lagi ;D). “Mudik” ke Yogya kali ini salah satu agendanya adalah berkunjung ke my lovely SMA, Teladan Jayamahe :D!

Nah, tak kusangka, saat melewati jalanan dekat SMAku, kulihat  sesosok (?) gerobak dengan tulisan yang amat familiar. Gerobak itu turut mendampingiku selama 3 tahun di SMA (2001-2004); itulah gerobak mie ayamnya “Pak Kliwon”. Buat para Teladaners, Mie Ayam Pak Kliwon sudah menjadi panganan #wajib😀

IMG_3733

Kenapa aku begitu surprised dengan hadirnya gerobak mie ayam itu? Itu karena sudah hampir 8 tahun terakhir ini, aku tak lagi mencicipi nikmatnya mie ayam Pak Kliwon. Dari cerita yang kudengar, sebenarnya Pak Kliwon sudah berjualan mie ayam sejak awal tahun 1990-an, sehingga mereka sudah ada di sini puluhan tahun lamanya. Maka tak heran, untuk generasi 90-an dan awal 2000-an, keberadaan mereka sangat spesial😀. Senantiasa menjadi penolong perut yang kelaparan di kala jam makan siang😀. hehehehe….

Sekitar tahun 2006-an, aku pernah mendengar kabar dari kawan-kawan bahwa semua pedagang kaki lima yang ada di sekitar sekolahku dilarang berjualan oleh Pemkot Jogja sehingga mau tak mau mereka menyingkir (termasuk pak Kliwon). Tentu, hal ini menjadi kehilangan yang cukup besar, tak hanya untuk para pedagang kaki lima, tetapi juga para siswa sekolahku. Karena Mie ayam ini punya nilai historis yang luar biasa  buat kami.

Sejak saat itu, mereka berjualan di sebuah tempat sederhana di Jalan Wates (yang cukup jauh dari sekolah). Pernah kucoba menelusuri jalanan itu untuk “sekedar” makan mie ayam ini, namun takkunjung juga kutemukan. Maka dari itu, begitu terkejut (bercampur bahagia) aku saat melihat gerobak mie ayam pak kliwon kembali hadir di dekat my lovely SMA :D! Namun sekarang memang letaknya tak lagi di tempat semula, melainkan di dekat pagar pembatas dengan gedung sebelah.

IMG_3737

 

Saat aku menghampiri gerobak itu, jam menunjukkan pukul 12 kurang, which means beberapa saat sebelum jam istirahat (kalau pas jam istirahat, aku yakin bakalan ramai sangat ^^”). Maka, kugunakan kesempatan ini untuk “nostalgia” sambil berdiskusi dengan pak dan mbak kliwon ini. Aku menanyakan kepada Pak Kliwon terkait update terakhir tentang usaha mereka, tentang lokasi mereka di Jalan Wates, hingga alasan kembali lagi ke depan SMA. Berpindahnya mereka ke lokasi lain menyebabkan penurunan omset penjualan mereka, dan itu sangat signifikan. Sempat kutemukan raut sedih di wajah beliau, sehingga daripada ber-mellow ria, kualihkan pembicaraanku.

Kupesan semangkuk mie ayam spesial dengan segelas es teh yang rasanya sangat khas :D! Sewaktu SMA dulu, aku sering memesan minum 2 gelas :D! hahaha…. Dengan cekatan, beliau menyiapkan mie ayamku dan mbak kliwon segera membuatkanku segelas es teh :D!

IMG_3734

Saat makan, kujumpai pula “adik-adik” SMA yang sedang menikmati mie ayam mereka. Mereka sempat menyapa dan menanyakanku *yang heboh ini ngliat mie ayam Pak Kliwon.

IMG_3739
Semangkuk mie ayam ini Rp 5.000,- sahaja

Setelah puas makan dan minum (*alhamdulillah), kutanyakan berapa total harganya. Karena terbiasa dengan biaya hidup dan harga makanan Jakarta, kusiapkan 2 lembar uang sepuluh ribuan. Saat mendapat jawabannya, ternyata murah bangeeeeeet :D!! Terharuuuuuuu TT_____TT. Satu gelas es teh dihargai Rp 1.500,- dan semangkuk mie ayam dengan pangsit Rp 5.000,-. Jadi, totalnya Rp 6.500,-. Angka 6.500 merupakan harga yang cukup fantastis murahnya (dan ini masih sering kutemukan di Yogyakarta #love Jogja :D!). Kata pak Kliwon, harganya memang harga standar Jogja, jadi memang berasa murah😀

Finally, karena aku sudah terburu waktu untuk berangkat ke bandara (balik ke Jakarta), segera aku pamitan kepada mereka. Tak lupa, sebelum itu aku minta tolong adik2 SMA untuk mem-fotokan kami (Aku dan pak + mbak Kliwon).

IMG_3741

Alhamdulillah, semoga di waktu yang akan datang bisa mampir dan berkunjung lagi ke sini. Sambil reunian dengan teman-teman, khususnya TELADAN 2004 :D! Hi friends, it’s been 12 years lho since our first time in SMA 1 (2001). hohoho~ Jom, mari kita berkumpul lagiiii :)!

One thought on “Pak Kliwon dan Mie Ayam

  1. jay

    tujuan pertama setelah 7 taun di semarang ya di mi ayam pak kliwon hehehe.salam kenal mb.sy angkatan 2002

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s