The 2013 Yangmingshan Flower Festival

Senin, 18 Februari 2013 lalu, aku bersama 2 orang temanku sesama mahasiswa Indonesia di NCCU pergi ke Yangmingshan. Di Taipei sini, ada acara rutin tahunan bernama Yangmingshan Flower Festival di tiap awal musim semi (sekitar akhir Februari – pertengahan Maret). Berhubung pas hari itu masih liburan kuliah dan hari cerah, maka berangkatlah kami ke sana.

Dari kosku menuju ke Yangmingshan, bisa dikatakan cukup jauh; memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan (paling lama karena antri bis sebenarnya ^^”). Tapi, demi menyambut musim semi yang sebentar lagi tiba, dan setelah hampir empat bulan melalui dinginnya cuaca di Taiwan, tak bela-belain ke sana :D!

logo

Yangmingshan (陽明山) yang terletak di sebelah utara antara kota Taipei dan New Taipei City, memang sangat terkenal dengan festival bunga yang digelar tiap tahunnya di musim semi. Untuk tahun 2013 ini, Yangmingshan Flower Festival digelar pada 12 Februari hingga 10 Maret, yang meliputi area taman yang sangat luas, dan juga berbagai macam bunga. Yang paling menarik adalah cherry blossom (atau lebih dikenal dengan SAKURA) yang mulai bermekaran. Sakura terkenal tidak hanya di Jepang, tetapi juga di Negara-negara lain di Asia Timur, termasuk Taiwan. Ada beragam jenis sakura yang ada di Yangmingshan, seperti;  mountain cherry, Yaezakura (Peony Sakura), Yoshino cherry, dan Showa cherry.

Sakura da!
Sakura da!

Image

Sekilas mengenai sejarah Yangmingshan, pada mulanya tempat ini disebut sebagai Grass Mountain semasa Dinasti Qing. Kemudian, sebagai bentuk penghargaan dan untuk memperingati salah satu scholar bernama Wang Yangming yang hidup di masa Dinasti Ming, tahun 1950 Presiden Chiang Kai-shek mengubah nama Grass Mountain menjadi Yangming-shan.

Patung Yangming
Patung Yangming

Eniwei, untuk menuju ke Yangmingshan, cara termudah dan ternyaman adalah dengan menaiki MRT jalur Merah tujuan Tamsui, turun di stasiun MRT Jiantan. Dari sana, perjalanan dilanjutkan dengan bis 15, 260, R5 dan 111 menuju Yangmingshan. Sekitar 30 menit kemudian, sampailah kita di terminal Yangmingshan. Dari terminal tersebut, kita dianjurkan menaiki shuttle bus menuju lokasi festival bunga.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke sana adalah selama bulan Maret hingga awal April, saat sakura sedang bermekaran dengan penuhnya. Dan pastikan perkiraan cuaca pada hari tersebut untuk mendapatkan pemandangan yang sempurna; indahnya bunga dan birunya langit. Disarankan untuk berangkat ke Yangmingshan pada pagi hari, agar saat tiba di sana matahari tidak terlalu terik. Siapkan pula payung, topi, perbekalan makanan dan minuman yang cukup supaya bisa mengelilingi taman dengan kuat. Waktu ke sana, aku sengaja bawa nasi bekal😀

Oya, bagi penggemar fotografi seperti daku, jangan lewatkan kesempatan ini dengan membawa lengkap segala keperluan fotonya. Kuro chan full gear + lensa 55-250 mm + tripod.

Satu perjuangan, foto-foto!
Satu perjuangan, foto-foto!

Informasi lebih lanjut tentang The 2013 Yangmingshan Flower Festival, dapat lihat website resminya. Selamat menikmati sakura dan mengagumi kebesaran + keindahan ciptaan-Nya :D!

3 thoughts on “The 2013 Yangmingshan Flower Festival

  1. Pingback: [Kurochan] My 2013′s Journey with Kurochan | Chikupunya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s