Tour de Campus in Taiwan

Setelah sebelumya daku menulis tour de masjid in Taiwan, kali ini giliran kampus-kampusnya🙂. Eh, jangan salah lho ya, kalo jalan-jalan tu ndak mesti ke tempat-tempat wisata, tapi universitas alias kampus juga bisa jadi salah satu alternatifnya.

Kebiasaanku maen ke kampus sudah dimulai sejak jaman di Jogja dulu. Alhamdulillah, karena tergabung di salah satu organisasi yang memiliki jaringan di 70-an kampus di seluruh Indonesia, jadi bisa punya kesempatan berkunjung ke berbagai kampus di penjuru nusantara. And then, saat berkesempatan mampir ke negara lain juga ndak boleh melewatkan mampir ke kampus-kampusnya, terutama kalau si kampus itu jadi idaman (untuk kuliah) sejak dulu.

Nah, kebiasaan ini kulanjutkan selama di Taiwan sini. Daku yang sudah dikenal sebagai tukang jalan a.k.a. travel freak (-____-“), sangat senang dan bersemangat jika bisa melihat tempat para penerus generasi masa depan menuntut ilmu dan dididik🙂. Semangat mereka bisa menular ke diriku #berasa awet muda. Fyi, di Taiwan nan mungil ini, ada sekitar 120-an kampus negeri dan swasta di seluruh penjurunya. Per 29 Maret 2013 ini, beberapa kampus yang sudah kukunjungi, antara lain (*diurut berdasarkan daya ingat):

Image1. National Chengchi University (NCCU) – Taipei

Yang ini mah “rumah” sendiri😀. Kampusku ini sering dikira berada di luar kota Taipei karena letaknya yang mlosok di ujung tenggara Taipei (di jalur MRT warna coklat jurusan Taipei Zoo mentok). Padahal “masih” termasuk di wilayah administratif Kota Taipei (hahaha… –> gak trima ni ceritanya). Sometimes agak susah njelasin dimana lokasi kampusku, karena kadang agak gak enak klo mau bilang “deket Taipei Zoo”. Mau coba ganti image, ntar bilangnya deket “Maokong Gondola” aja. Ni Gondola lumayan terkenal di Taipei :p. Cerita khusus tentang NCCU bisa dilihat di: My Campus – NCCU

2. National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) – Taipei

Ini kampus kedua yang paling sering dikunjungi. Letaknya cukup dekat dengan kota (dan transit bis dari kampusku ke pusat peradaban :p). Kampus ini adalah kampus dengan jumlah mahasiswa Indonesia terbanyak se-Taiwan! Almost 300 orang, mayoritas orang Indonesianya berasal dari ITS (Surabaya), kampus-kampus di Jawa Timur atau Aceh. Oleh karenanya, berbagai kegiatan mahasiswa Indonesia (organisasi, event besar dll) biasanya berpusat di sini.

Selain karena sebagai pusat kegiatan, daku sering ke sana karena di sana ada kantin halal dengan harga yang amat bersahabat :D! Teman-teman di NTUST sampai “hapal” dengan kebiasaanku “nongkrong” mampir ke kantin. “Chiku ke sini mau beli ayam ya?”, begitu kata mereka :”). hehehe… Karena jumlah muslim yang lumayan banyak ini pula, di NTUST punya mushola sendiri.

3. Taipei Medical University (TMU) – Taipei

Ini adalah kampus yang baru kuhampiri 2 pekan lalu. Para mbak dan mas dokter, ahli gizi, dan profesi di dunia kesehatan lainnya melanjutkan studinya di sini. Letak kampusnya sangat amat dekat dengan ikon Taipei, yaitu Taipei 101. Daku ke sana dalam rangka silaturrahim dengan para mahasiswa baru semester spring di Taiwan daerah utara.

4. National Taipei University (NTPU) – Sanxia, New Taipei City

Kampus ini baru sekali kukunjungi. Letaknya cukup jauh dari kampusku, sekitar 2 jam perjalanan; naik MRT jalur biru sampai mentok, trus lanjut naik bis. Daku ke sana dalam rangka mengantar teman yang baru datang untuk lanjut studi di sana.

5. Chinese Culture University (CCU) – Yangmingshan, Taipei

ImageIni kampus yang sering dikira kampusku, karena singkatannya hampir mirip. Bedanya di huruf “N” di depannya aja🙂. Kampus ini sangat kereeen! Karena letaknya di atas gunung dengan pemandangan yang sungguh, maasyaAllah luar biasa cantiknya. Yangmingshan dikenal sebagai pusat taman bunga paling deket di Taipei. Eniwei, kampus ini punya arsitektur bangunan yang khas banget dengan budaya China; memang cocok mencerminkan nama universitasnya “Chinese Culture”. Di sini, ada jurusan seni musik tradisional China, opera China, musik klasik, tari klasik, etc. Menarik! Dan berdasarkan info dari temenku, setahun sekali CCU mengadakan pagelaran besar semacam konser di national hall. Cool B-)!

6. National Taiwan University (NTU) – Taipei

ImageIni dia kampus nomor 1 di Taiwan dan kampus yang masuk di rangking kampus top dunia! Luar biasa deh image-nya di kalangan orang-orang Taiwan🙂. Kalo ditanya kuliah di mana, en menjawab “Tai-da” (baca tai-ta), smua bakal kagum (*hiperbolis). Kampus yang mulanya merupakan kampus imperial Jepang ini, letaknya juga di pusat kota. Sungguh luar biasa luasnya! Juga nyaman banget untuk sekedar jalan-jalan sore, adem, ijo, banyak bunga, ada kolam/ danau. Enak deh :D! Kalo mau keliling kampusnya, disarankan naik sepeda. Daku lumayan sering ke NTU (numpang lewat sebenernya) karena searah dengan jalan menuju NTUST.

7. National Taiwan Normal University (NTNU) – Taipei

Kampus ini semacam “IKIP” di Indonesia. Di sini banyak mahasiswa Indonesia yang belajar bahasa mandarin. Sejujurnya, daku baru akan mampir ke kampus ini besok Sabtu, 30 Maret 2013 dalam rangka ujian bahasa mandarin. hehehe…. Jadi detail ceritanya menyusul aja nggih.

8. Shih Hsin University (SHU) – Taipei

Wah, ini nyaris kelewatan *baru teringat. Daku maen ke kampus ini pas awal-awal baru sampai di Taipei, skitar 2 pekan setelah menginjakkan kaki di Formosa. Mungkin gak banyak yang tahu kampus ini ya? SHU letaknya di Muzha, ndak terlalu jauh dari kampusku. Ngapain ke sini? Pas awal tahun ajaran baru, semua penerima MOE Scholarship Program 2012 dari berbagai penjuru dunia diundang untuk mengikuti semacam orientasi. Ada sekitar 700-an orang yang datang ke sana. Mereka adalah para penerima beasiswa studi S1, S2, S3 dan juga program HES (Huayu Enrichment Scholarship).

Cukup berkesan kunjunganku ke sini, karena selain bisa bertemu dengan semua mahasiswa Indonesia yang mendapat beasiswa via TETO, daku juga dapat rejeki semacam gelas (?) antik dengan ukiran ala China klasik keluaran National Palace Museum – Taiwan, yang kudapat saat sesi doorprize en tanya jawab. Alhamdulillah🙂

9. National Central University (NCU) – Zhongli

Kampus ini “surga dunia”! Begitu komentarku saat pertama kali ke sana. Lokasinya yang juga di atas bukit, penuh dengan pohon cemara *love cemara*, sejuk, luas, pokoke mantep deh ;D! Di sini jumlah mahasiswa Indonesia lumayan banyak, sehingga cukup banyak jumlah muslimnya, en mereka punya mushola khusus dari kampus #ngiri~. Daku ke sana tahun lalu saat ada pelatihan leadership di sana.

Image10. National Taiwan Ocean University (NTOU) – Keelung

Kampus ini letaknya di ujung paling utara Taiwan, di pinggir pantai~ NTOU dikenal sebagai pusatnya para ahli kelautan, perikanan, dan lain-lain yang terkait laut dan air. Ke sana akhir Desember lalu saat ada ulang tahun kampus NTOU ke 59, dan mereka mengundang para mahasiswa internasional dari kampus lain dengan sangat niat dan ramah (disediain bus gratis, makan gratis, jalan-jalan gratis :D). Senengnya~ Sempet melihat ruang simulator kapal (ruang kendali dan kemudi kapal). Cool~

11. National Ciao Tung University (NCTU) – Hsinchu

Ini dia kampus topnya untuk jurusan science and technology! NCTU terletak di Hsinchu, yang disebut-sebut sebagai Silicon Valley-nya Taiwan. Memang, di sini adalah pusat penelitian dan pengembangan teknologi Taiwan yang cukup canggih. Taiwan dikenal sebagai salah satu pusat semi-konduktor dunia. Para ahli sains & teknologi Taiwan di perusahaan top seperti ASUS, HTC, dll mostly berasal dari sini.

Daku ke sini 3 kali, tapi mostly itu cuma sampai di danau depan kampusnya aja, belum sampai berkeliling kampus. Oya, di NCTU ada mushola juga lho! Selain jalan-jalan, daku ke sana sekaligus bertemu sahabat sejak SMA yang dah lama gak ketemu en kemudian gak nyangka bakalan tinggal di satu negara yang sama, maasyaAllah.

12. Asia University (AU) – Taichung

ImageAU memiliki gedung kampus yang woke punya, berarsitektur Eropa klasik, ada kubah besaaaaar, keren buat poto-poto. Letaknya cukup jauh dari kota Taichung, sekitar 1 jam perjalanan naik bis. Daku ke AU cukup sering juga, skitar 4 kali. Mengapa? Kampus AU bisa dikatakan pusat kegiatannya temen-temen Indonesia di wilayah Taiwan tengah. Jumlah mahasiswa Indonesia termasuk cukup banyak, sehingga kampus memberikan sebuah ruang khusus untuk dijadikan  mushola.

13. Feng Chia University – Taichung

Daku ke sana bulan Februari 2013 lalu, dalam rangka rapat bareng temen-temen sedivisi di PPI Taiwan. Kampus yang letaknya sangat dekat dengan Feng Chia night market (night market –> pasar malam) ini, termasuk salah satu yang terkenal di daerah central Taiwan.

14. National Sun Yat Sen University (NSYU) – Kaohsiung

Ini kampus terjauh yang pernah kukunjungi di Taiwan. Letaknya di ujung selatan Taiwan :D! Hehehe…. Daku ke sini saat ada kegiatan di Masjid Kaohsiung, dan kemudian oleh temanku diajak ke kampusnya di NSYU. Saat mampir ke sana pas malam, jadi ndak terlalu kelihatan pemandangannya. Tapi looks that kampusnya mantep, luas, banyak pohon, en deket pantai🙂

***

Hm… Setelah didaftar ternyata baru 14 kampus yang dikunjungi. Still long way to go untuk mengunjungi kampus lainnya di Taiwan secara keseluruhan. hahaha…. But, smoga dimudahkan dan dilancarkan. InsyaAllah will add more campuses to my list very soon, masih ada 1 tahun 3 bulan lagi di sini.

5 thoughts on “Tour de Campus in Taiwan

  1. Catherine Kirana

    Halo, mau tny, klo utk jurusan ekonomi or bisnis yg bgs univ mna?
    Ble minta id line? Makasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s