[Travel] U-Bike and Taipei City Touring

Ingin berjalan-jalan sambil berolahraga? Atau ingin berkeliling kota Taipei secara hemat dan ramah lingkungan? Ada satu solusinya, yaitu dengan bersepeda :). Taipei merupakan salah satu kota di dunia yang “ramah” terhadap pengguna sepeda, dengan fasilitas jalur sepeda yang nyaman.

Image

Pemerintah kota Taipei, dalam hal ini Departemen Transportasi, memberikan fasilitas transportasi “umum” yang baru berupa sepeda dengan sistem sewa. Fasilitas sepeda sewa ini disebut U-bike. Untuk menyewa sepeda ini sangat murah lho! Untuk pemakaian di bawah 30 menit, dihitung gratis, dan selebihnya tidak terlalu mahal.

Sistem penyewaan sepeda ini ditujukan untuk mendorong masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai kendaraan transit jarak pendek. Selain itu, adanya sepeda juga mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan rendah energi, mengurangi polusi lingkungan, dan meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor (untuk kasus Taipei, penggunaan motor).

Sebagai informasi, Taipei bukanlah yang pertama menerapkan sistem ini di Taiwan. Kaohsiung sudah memulai sistem ini terlebih dahulu. Skema persewaan sepeda macam ini sudah umum dilakukan di kota-kota di berbagai penjuru dunia. Salah satunya yang terkenal adalah Velib system di Paris.

you-bike

Nah, bagaimana cara menggunakan U-bike? Pertama-tama, kita disarankan memiliki EasyCard (kartu transportasi) dan handphone dengan nomor telepon Taiwan. Kemudian, daftarkan diri secara online di mesin pendaftaran di stasiun sepeda U-bike. Proses pendaftarannya tidak sulit dan cukup cepat. Rekan-rekan hanya perlu memasukkan data diri ke mesin tersebut, dan terdapat dua pilihan bahasa (Mandarin dan Inggris). Setelah itu, masukkan identitas, password, nomor handphone dan nomor EasyCard (lihat bagian belakang kartu). Kemudian akan ada kode konfirmasi ke handphone masing-masing. Setelah kode konfirmasi dimasukkan, siaplah kartu tersebut digunakan untuk menyewa sepeda.

Image

Semua proses penyewaan dan pengembalian sepeda dilakukan secara elektronik (ada mesin sensor) di tiap sepeda. Cukup dengan menge-tap-kan kartu yang sudah didaftarkan, sepeda siap digunakan! Begitu pula untuk pengembaliannya, cukup dengan meletakkan kembali sepeda di tempatnya semula (di stasiun U-bike), dan tap lagi kartunya untuk memastikan sepeda sudah terkunci dengan sempurna.

Sudah siap mencoba U-bike? Rekan-rekan bisa berjalan-jalan mengelilingi tempat menarik di pusat Kota Taipei, tidak mahal, mudah dan juga bisa sambil membakar kalori. Praktis kan :D!

Oya, untuk peta stasiun U-bike bisa diunduh di sini: YouBike_DM_map

Informasi lengkap tentang U-bike bisa click di SINI

Advertisements

2 thoughts on “[Travel] U-Bike and Taipei City Touring

  1. dzikrina

    wah makasih ya Mba udah mereview cara menyewa sepeda ini. Waktu ke Grand Mosque kan ada banyak persewaan sepeda kayak gini di sekitar taman. Semoga lain waktu bisa nyoba nyepeda dan keliling tamannya 😀

    1. sami2 nduk ;). U-bike bisa dipake untuk keliling2 jarak dekat. En klo mw gratisan, be aware dengan limit 30 menitnya. Kadang klo dah mw habis, daku ngembaliin sepedanya, trus kuambil lagi supaya gratis lagi en lebih lama lagi makenya :p. hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s