[My Kitchen] Home-made Cheese-cake

[My Kitchen] Home-made Cheese-cake

Sabtu lalu, karena lagi stress ngerjain paper final term, maka pelarianku adalah masak-masak. hwahahaha…. Motong-motong en ngaduk-ngaduk bahan masakan sambil nyari inspirasi untuk paper 3000 kata.

Entah pastinya kapan daku tiba-tiba terinspirasi untuk membuat cheese-cake. Kayaknya udah tertanam sejak jaman di Galuh 2 No. 4 deh (kantor IM), dibuatin cheese-cake ama mb Nia :D!

Berhubung peralatan masaknya terbatas, maka kucarilah resep cheese-cake tanpa proses pemanggangan/ oven. Nah, berikut ini hendak ku-share pengalamanku membuat cheese-cake setengah berhasil ini (instead of setengah gagal –> perkataan orang optimis :D).

Bahan

  1. Satu bungkus biskuit manis (kmaren pake Ritz Cheese –> gagal TT__TT. Lebih pas kalo pake biskuit smacam roti marie)
  2. 80 gr butter plain, lelehkan –> cari yang halal ya🙂
  3. 250 gr Light Philadelphia Cream Cheese Block –> alhamdulillah ini ada logo halal MUI en NZ
  4. Gula halus secukupnya –> kalau suka manis, diberi yang agak banyak😀
  5. Satu bungkus agar-agar plain –> cairkan dengan 1/4 gelas air mendidih
  6. Buah potong kecil untuk hiasan –> bisa kiwi, stroberi, ato olesan selai blueberry (sesuai selera)

Cara Membuat
1) Adonan biskuit
Hancurkan biskuit hingga halus, campur dengan butter yang sudah dilelehkan. Aduk hingga rata. Masukkan ke wadah yang telah disediakan . Ratakan, masukkan ke dalam kulkas.

2) Adonan Cheese
Lunakkan Philadelphia cheese block, masukkan gula halus sesuai selera dan tingkat manis, aduk hingga halus. Kalau punya mixer lebih bagus lagi

–> Klo aye berhubung gak punya, jadi aduk manual hingga pegel -___-”

3) Masukkan cairan agar-agar plain ke dalam adonan cheese, aduk hingga rata. Cairan ini berfungsi untuk membekukan dan menyatukan adonan🙂

4) Tuang adonan cheese ke atas adonan biskuit –> Di kasus percobaan pertama aye kemaren, berhubung pake Ritz kurang halus, jadinya adonan biskuit digabung ke adonan cheesenya :V.

5) Masukkan kulkas kira-kira 3 jam. Biarkan hingga adonan membeku dan menyatu.

Penyajian
Potong cheese-cake sesuai selera, hias dengan buah potong dan tuangkan krim cair atau gula halus.

Jumlah kalori
– Hm…. aye gak tahu sih, gak ngitung -___-“. Tapi pastinya kalori sepotong cheese-cake hanya bisa dihilangkan dengan berlari keliling lapangan 3 kali puteran. hehehe…..
– Warning buat yang lagi diet, disarankan untuk tidak makan ini :p

PS: Tulisan ini dibuat dalam rangka escaping (for a while) dari final term exam paper. hehehe

Selamat mencoba🙂

5 thoughts on “[My Kitchen] Home-made Cheese-cake

  1. dzikrina

    Aq mau nyoba dong Mba bikin cheese cake juga. Selama ini udah berhasil bikin beberapa kue-kuean tapi cheese cake ini belum, soale takut gagal ditu deh =.=
    Kalau roti marie, berarti harus nyari di toko Indo ya Mba. Hehehe…

      1. dzikrina

        udah dong Mba, wkkk….tapi aku lebih suka tiramisu kemana mana deh Mba huhuhu

      2. dzikrina

        klo tiramisu udah sering mba, kan ga perlu masuk oven, masuk kulkas jadi deh hehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s