[Travel] Qixingtan, Hualien

Awal Juni 2013 lalu, aku diajak my partner in travelling, mbak Dian, untuk jalan-jalan ke  Hualien. Ini lokasi sangat terkenal kecantikannya di Taiwan. Selama di Hualien, aku berkunjung ke Taroko dan Qixingtan. Untuk Taroko akan kutulis khusus di postingan berikutnya, yang di sini tentang Qixingtan beach dulu yaaa.

Musim panas nan lembab sudah mengampiri Taiwan sejak Mei lalu. Sesekali, ingin rasanya bermain-main di air dan juga menikmati angin sepoi-sepoi. Yang terbayang kemudian adalah berkunjung ke pinggir laut. Nah, salah satu alternatif lokasi jalan-jalan di musim panas seperti sekarang ini adalah Qixingtan di Hualien.

IMG_9698

Di manakah Qixingtan itu? Qixingtan terletak di Desa Beipu, Xinchheng di sebelah timur laut kota Hualien. Letaknya tidak terlalu jauh dari National Hualien University of Education dan Bandara Hualien. Pantai timur Taiwan ini berhadapan langsung dengan Samudra Pasifik. Jernih dan birunya air serta pemandangan di sekitarnya yang disertai dengan bebatuan Kristal dan perbukitan hijau semakin menyemarakkan keindahan alam di sekitar Qixingtan.

IMG_9677

Dari Qixingtan, jika cuaca sedang cerah, kita juga bisa melihat Qingshui Cliff (tebing Qingshui) yang cukup terkenal di Taiwan. Dan apabila kita beruntung, kita juga bisa melihat Taiwan Air Force (Angkatan Udara Taiwan) sedang melakukan latih terbang di sekitar sana. Memang, lokasi Qixingtan bersebelahan dengan basis Angkatan Udara Taiwan di Hualien (Hualien Air Force Base).

Image

Sambil menikmati keindahan alamnya, kita juga bisa berolahraga dengan bersepeda di sepanjang 21 km jalur sepeda dari Taman Nanbin di tengah kota, kemudian melewati Pelabuhan Hualien dan menyusuri pantai timur Taiwan.

Pemerintah kota Hualien bahkan membangun beberapa tempat dan fasilitas rekreasi seperti Stone Sculpture Park, the Star Watching Plaza untuk melihat bintang, the Sunrise Building untuk menikmati matahari terbit, tempat bermain anak-anak, juga taman botani dengan berbagai hewan pantai dan tumbuhan.

Image

Untuk ke sana, bagi yang berasal dari Taipei bisa menggunakan kereta dari Stasiun Taipei (Taipei Main Station). Waktu tempuh perjalanannya sekitar 2,5 – 3 jam, tergantung jenis kereta. Perlu diperhatikan, di akhir pekan tiket kereta dari dan ke Hualien sering habis, sehingga bagi yang berencana ke sana harus memesan tiket keretanya jauh-jauh hari. Alternatif lainnya adalah dengan menaiki bis dari Taipei menuju Yilan station, kemudian dilanjutkan dengan kereta selama 1 jam dari Yilan ke Hualien. Ini bisa menjadi salah satu strategi jika ke Hualien saat puncak pengunjuk. Dari Stasiun Hualien ke Qixingtan, sayangnya tidak ada angkutan/ bis umum yang melayani secara langsung, sehingga kita disarankan naik taksi atau menyewa mobil. Biaya perjalanan ke Qixingtan dengan taxi dari Hualien Station, sekitar 170 – 200 NTD.

Nah, tunggu apalagi? Selama musim panas ini kita bisa berwisata ke Hualien sambil bertadabbur alam. Hualien merupakan tempat yang paling cocok untuk liburan, sambil bersantai dan menikmati suasana.

Image
Membersamaimu hingga senja

2 thoughts on “[Travel] Qixingtan, Hualien

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s