[Share] Misteri Jodoh

CAUTIONS :

Before you read this posting, please no offense ya ^o^, terutama bagi yang nantinya ngrasa “tersindir”. Hehe… I just wanna praise how GREAT Allah SWT is, especially about HIS plan to meet and match each other. (Sesungguhnya di dunia ini kita diciptakan berpasang-pasangan…..^^)

Salah satu hal yang membuatku sangat curios dengan pernikahan teman-temanku adalah how’s she/he could met her/his Mr. / Ms. RIGHT? Pertanyaan ini bukan maksudnya kenapa-kenapa (apalagi maksud buruk, jangan sampe deh). Aku tertarik dengan bagaimana dan dengan cara apa DIA mempertemukan mereka. Tiap-tiap cerita mereka memiliki sisi romantis dan keindahan tersendiri, yang membuatku semakin kagum dengan rahasia dan skenario NYA tentang jodoh.

Mendengar cerita mereka bagaikan membaca kisah romantis en indah di negeri dongeng antara putri dengan pangeran (so that’s why, almost every girl really admiring Mr. Prince plus his white horse ^o^. Tapi tenang aja, klo jaman sekarang white horsenya bisa diganti yang lain koq ; bisa sepeda, motor, mobil, bis, truk, pesawat, kapal, angkot??? dll. Tapi alat angkut ndak menjamin quality-lah yau ^o^”). Apalagi ketika aku membaca banyak buku terkait dengan “jodoh” or pernikahan (oops, ketahuan deh ^^”…), ternyata memang ada banyak cara dan jalan DIA mempertemukan dua hamba-NYA.

Kalau dari cerita teman-temanku, mereka “bertemu” with Mr./Ms. RIGHTnya dengan bermacam cara ; entah itu sudah kenal sejak dahulu, baru saja kenal atau mungkin juga belum kenal sama sekali (istilahnya “dikenalin” oleh orang-orang terdekat ybs).

Nah, kemungkinan munculnya Mr. / Ms. RIGHT bisa dari JAPRI (jalur pribadi), maksudnya = teman se-TK (?), se-SD, se-SMP, se-SMA (ini banyak kasusnya ^^), se-kelas, se-jurusan, se-fakultas, se-kampus, tetangga-an (istilah jawanya ‘peknggo ?), teman KKN atau bunga/kumbang desa tempat KKN (hayo…yang mau KKN hati-hati lho ^^!), temen se-organisasi atawa teman-teman yang lain.

Then, kemungkinan itu ndak hanya muncul dari teman seangkatan aja, bisa juga mereka adalah kakak kelas atau bahkan adek kelas. hue…he… Eh, tapi belum tentu juga lho satu sekolah menjamin mereka saling kenal. Justru pengetahuan dan “perkenalan” mereka baru terjalin ketika sudah terpisahkan oleh waktu dan jarak, namun dipertemukan dengan cara-cara yang sudah dirancang NYA. Bisa aja melalui chatting, diskusi, pertemuan alumni (reuni), atau yang lainnya. (no offense yak, peace sist & bro ^^! I’m really proud of you)

Cara lainnya ada juga yang melalui = jalur perjodohan antar orang tua (aye setuju-setuju aja tuh ama cara zamannya Siti Nurbaya ^^”), dikenalin ama sodara, “guru ngaji” or orang lain yang dipercaya dan kompeten.

Bisa aja Mr. / Ms. RIGHT itu adalah putra or putrinya temen or sahabat bapak/ibu, atau putranya dari putri budhenya pakdhe dari kakaknya Mbah…..(halah, mumet. nganggo silsilah / trah keluarga sih. he…), atau si fulan-fulanah melalui skema “biodata”, atau lainnya.

Bisa juga she or he berasal dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali, Sulawesi, Papua, Maluku (pokoke sebutin 33 propinsi dan 1000an pulau di Indonesia) atau Pujasera (putri/putra Jawa kelahiran sumatra) seperti aye *yohoho…*. Ada juga kemungkinan terjadi “kokusai kekkon” or international marriage yang berarti nikah ama bule (silahkan sebut 190-an negara di dunia ini ^^).

Trus (duh, gak ada habisnya ^^”), bisa dari berbagai latar belakang studi atawa profesi. Bisa dokter (idaman para mertua. he..he..), dosen (belajar terus!), pengacara (belalah yang benar), jaksa (utamakan keadilan), politisi (?), legislator (er….?), diplomat (duta besar eui), psikolog (wa…), perawat ^^, akuntan (ayo berhitung), fisikawan (mumet), wartawan (ayo terjun ke lapangan), profesi lain yang berakhiran -an or -wan, de es be.

Intine, banyak jalan menuju Roma lah ~ ^^

***

Dari cerita-cerita orang tuaku dan teman-teman yang sudah menikah lainnya, bahwasanya jodoh itu memang benar-benar misteri dan rahasia-NYA. Ukuran “suka” dan jangka waktu tidak menjadi jaminan untuk naik pelaminan. Hal ini terlihat dari adanya fakta bahwa (belum tentu) dua orang yang saling suka atawa sudah sekian lama menjalin hubungan itu berjodoh dan menikah.

Bukan maksud untuk mengumbar-umbar cerita, tapi dari pengalaman my mom and my dad, ukuran waktu tidak menghalangi mereka. Jarak antara my mom & dad berkenalan dan “melamar” gak sampe sehari ; Pagi berkenalan, sorenya melamar! Padahal mereka belum kenal sebelumnya. Namun ya itu tadi, rahasia dan skenario jodoh dari Allah really SUGOI!!

Dari pengalaman tersebut, My mom said, “Pada prinsipnya, kalau Allah tidak meridhoi, niscaya tidak akan “jadi” dan begitu pula sebaliknya (kun…fayakun). Jadi, kalau berdoa, mintalah yang terbaik dan yang diridhoi menurut Allah, bukan terbaik ukuran kita (manusia). Karena DIA MAHA SEGALANYA”. Aku-pun mengangguk-angguk ketika mendapatkan nasihat itu.

Dari semua paparan di atas, aku semakin penasaran dengan rencana-NYA untukku. Moshikashite, that Mr RIGHT berada jauh or dekat dariku, entah sudah kenal atau belum, dan entah dengan cara apa. Tapi, yang pasti aku ingin bertemu dengannya melalui cara-cara yang diridhoi NYA.

I wish I can meet someone who has a same vision with me, seseorang yang shaleh dan bisa mengajakku bersama-sama berlomba untuk meraih kebaikan dunia akhirat, seseorang yang senantiasa berintrospeksi dan berusaha untuk membersihkan hatinya, seseorang yang paham dan melaksanakan apa yang menjadi kewajiban dan haknya, dan tak lupa, seseorang yang melihatku sebagai diriku yang sebenarnya, bukan karena embel-embel yang melekat padaku (kya…kya…..mukaku jadi kaya’ kepiting rebus >_<! ). Pun jikalau aku tidak bisa bertemu dengannya di dunia ini, semoga di akhirat kelak aku dapat bertemu di jannah NYA (aamiin….^^).

***

Dan yakinlah bahwa rezeki, jodoh dan mati sudah ditentukan-NYA, bahkan sejak kita belum terlahir di dunia ini. We only just need to picked them up with the trully ikhtiar and tawakal! So, Ganbarimasho ^^! Ja, atashi wa matte imasu. Still waiting for you….Tanoshimi.

Advertisements

21 thoughts on “[Share] Misteri Jodoh

  1. chikupunya said: Jarak antara my mom & dad berkenalan dan "melamar" hanya sehari! Pagi berkenalan, sorenya melamar. Padahal mereka belum kenal sebelumnya, namun ya itu tadi, rahasia jodoh dari Allah

    wow, jodoh memang bener2 misteri ya 🙂

  2. chikupunya said: Jarak antara my mom & dad berkenalan dan "melamar" hanya sehari! Pagi berkenalan, sorenya melamar. Padahal mereka belum kenal sebelumnya, namun ya itu tadi, rahasia jodoh dari Allah

    ho oh, betul sekali….Semakin menarik untuk dinanti ^o^!

  3. chikupunya said: Jarak antara my mom & dad berkenalan dan "melamar" hanya sehari! Pagi berkenalan, sorenya melamar. Padahal mereka belum kenal sebelumnya, namun ya itu tadi, rahasia jodoh dari Allah

    sapa yg mw nikah?tld 04 ya? *gosip mode on*

    nunggu undangan dr Aunty Retno 😀

  4. chikupunya said: Jarak antara my mom & dad berkenalan dan "melamar" hanya sehari! Pagi berkenalan, sorenya melamar. Padahal mereka belum kenal sebelumnya, namun ya itu tadi, rahasia jodoh dari Allah

    kalo aku masih cari yang bisa menjadi dialektika

  5. chikupunya said: Jarak antara my mom & dad berkenalan dan "melamar" hanya sehari! Pagi berkenalan, sorenya melamar. Padahal mereka belum kenal sebelumnya, namun ya itu tadi, rahasia jodoh dari Allah

    masih ngerasa misteri juga.. Kadang2 mikir kok bisa ya.. hehehe.. Alhamdulillah, subhanallah

  6. chikupunya said: Jarak antara my mom & dad berkenalan dan "melamar" hanya sehari! Pagi berkenalan, sorenya melamar. Padahal mereka belum kenal sebelumnya, namun ya itu tadi, rahasia jodoh dari Allah

    ehem…ehem….^o^!
    Alhamdulillah, Subhannallah, Allahuakbar..!
    Skenario-NYA memang tiada duanya (including your’s and her’s. he…he…^^)!

  7. chikupunya said: Jarak antara my mom & dad berkenalan dan "melamar" hanya sehari! Pagi berkenalan, sorenya melamar. Padahal mereka belum kenal sebelumnya, namun ya itu tadi, rahasia jodoh dari Allah

    Eh, ada tld 04 yang mw nikah ya (gosip mode ON juga ^^") ?? Yang mo nikah temenku les di UI.
    My invitation?? insyaAllah bu ^^! tapi nunggu pangeran berkuda putihnya datang ngadep ke bapak dulu ya….he…he…^o^" (kapan tu???)

  8. chikupunya said: Jarak antara my mom & dad berkenalan dan "melamar" hanya sehari! Pagi berkenalan, sorenya melamar. Padahal mereka belum kenal sebelumnya, namun ya itu tadi, rahasia jodoh dari Allah

    Aamiin..aamiin! semoga bisa mendapatkan yang bisa menjadi dialektika (??)
    Klo dah ada, ditunggu ya undangannya, senpai ^^!

  9. chikupunya said: Jarak antara my mom & dad berkenalan dan "melamar" hanya sehari! Pagi berkenalan, sorenya melamar. Padahal mereka belum kenal sebelumnya, namun ya itu tadi, rahasia jodoh dari Allah

    jd inget dek
    nek anak teladan itu seringnya ga kreatif, temenku yg nikah ma temen sekelas ada lima pasang sampe sekarang. yg seangkatan banyak, yg satu sma jg bnyk dr sekitar 60an yg udah nikah.

  10. chikupunya said: Jarak antara my mom & dad berkenalan dan "melamar" hanya sehari! Pagi berkenalan, sorenya melamar. Padahal mereka belum kenal sebelumnya, namun ya itu tadi, rahasia jodoh dari Allah

    ho..ho…Mempertahankan "galur murni" SMA satu ya? he…he…cukup terinspirasi ^^"!

  11. chikupunya said: Jarak antara my mom & dad berkenalan dan "melamar" hanya sehari! Pagi berkenalan, sorenya melamar. Padahal mereka belum kenal sebelumnya, namun ya itu tadi, rahasia jodoh dari Allah

    vapourrain, kayakny bukan soal kreatif nda kreatif deeeh mas (membela :P),,,

    soal takdir, dan may be, sma mempertemukan mereka, ada yg UI, ada yg HMI, apapun itu lah,,,,di mana pun, smua soal takdirNya, insyaAllah yg terbaik….

  12. dzikrina08 said: apourrain, kayakny bukan soal kreatif nda kreatif deeeh mas (membela :P),,,

    klo temen sekelas memang ndak kreatif sekali :)).

    Yang dahsyat klo beda angkatan dan ndak pernah bertemu di sma..

    kakakakak

  13. dzikrina08 said: apourrain, kayakny bukan soal kreatif nda kreatif deeeh mas (membela :P),,,

    assalamu’alaykum,,,
    mmm,,,permisi,,ada angk kecil di sini,,
    hehhe 🙂

    yang "galur murni" gitu emangnya banyak banget ya mbak??1 angkt bisa berapa pasang?hohho

  14. zaqiia said: 1 angkt bisa berapa pasang?hohho

    angktnq dari 40-an pasang so far, udah 3 pasang sesama angkatan.. insya Alloh bentar lagi 4 pasang (wis nrimo undangane)..

    Jadi berkisar antara 10%..

  15. zaqiia said: 1 angkt bisa berapa pasang?hohho

    Wa’alaykumussalam wr.wb.
    hi…hi….Galur murni seangkatan maybe belum terlalu banyak ne, tapi insyaAllah dalam waktu beberapa tahun ini "mungkin" saja presentasenya akan meningkat.
    Klo sekarang, kebanyakan tu antar angkatan…..ho..ho…
    Terinspirasi untuk bergalur murni satu angkatankah ;D? fu..fu…

  16. zaqiia said: 1 angkt bisa berapa pasang?hohho

    Iya deh, beda angkatan en ndak pernah ketemu di sma memang dahsyat ;D!
    Tapi, klo temen sekelas, menurutku ndak masalah mw kreatif or ga kreatif, klo emang jodohnya, who knows ^___^ ?? wallahua’lam….(tanoshimi ne…mattemasu)

  17. zaqiia said: 1 angkt bisa berapa pasang?hohho

    siapakah dia de chiku? brgkali sy kenal.. kalau mb vina sama kak fia kenal ga? alhamdulillah udah menggenapkan separuh din jg.. dari teladan 2003, mb arum n mgkn yg lain.. ganbatte ne! lanjut dmana skrg de S2 ya?
    ^_^

  18. zaqiia said: 1 angkt bisa berapa pasang?hohho

    Apanya yang siapa mbak? he…he…
    Klo mas Fia kenal, mb Vina kurangtw, mas joko en mb arum juga kenal (coz mereka bos2 cq di MPK. he..he..). Mb Arum dah nglahirin to?
    Trus, siapa lagi ya yang akan menyusul?? Mungkinkah saya? wa..wa…
    Klo angkatan 2004 ketoke belum ada pasangan se-angkatan yang nikah. But, soon…insyaAllah (hayoo..hayo…)
    Hai, ganbarimashou ^o^! Iya, skarang lanjut S2 di Pascasarjana UI jurusan Kajian Wilayah Jepang (Politik & Diplomasi). he..he…
    Faito,,,,ough!!!

  19. chikupunya said: Klo mas Fia kenal, mb Vina kurangtw, mas joko en mb arum juga kenal (coz mereka bos2 cq di MPK. he..he..). Mb Arum dah nglahirin to?Trus, siapa lagi ya yang akan menyusul??

    waaa… malah ngomongke cah2 angkatanq.. tak tambahi.. yang seangkatan lagi: Riza Alwi + Dini.. yang mau nyusul dalam waktu segera adalah Fendi dan Dhiany..

  20. chikupunya said: Klo mas Fia kenal, mb Vina kurangtw, mas joko en mb arum juga kenal (coz mereka bos2 cq di MPK. he..he..). Mb Arum dah nglahirin to?Trus, siapa lagi ya yang akan menyusul??

    hhehehe… hidup sma1 deh..
    wah kayaknya chiku segera menyusul ni..:P ntar aku liatin deh kali2 ada white horse lewat klender menuju pondok gede 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s