[Share] 125 Years NG Exhibition

As usual, instead of writing an academic one, I prefer to “run away” for a while, and post in my lovely blog :D!

Entah mengapa aku begitu “bangga” menyebut diri sebagai NatGeo Freak. hahaha -____-“. Istilah “freak” ini kugunakan untuk menghiperboliskan kesukaanku pada hal-hal yang berhubungan dengan si logo kotak kuning. Seperti yang pernah kutuliskan di postingan sebelumnya di SINI, tersebutlah bahwa aku adalah seorang kolektor NG Magazine. Alhamdulillah, koleksi ini sudah cukup banyak dan akan terus bertambah lagi karena aku sering “kalap” kalo nemu NGM edisi lama. Sedangkan untuk edisi yang baru, Alhamdulillah masih bisa update karena tak bela-belain tetep langganan di bumi Formosa ini😀.

1400476_10153425325750402_1956651827_o
Ini banner yang kulihat di depan stasiun!

Nah, pada hari Jumat 1 November yang lalu, saat baru keluar dari MRT Xihu hendak menuju KDEI Taipei, bertatapanlah aku dengan sebuah banner yang terpampang persis di depan stasiun MRT. Kulihat sosok yang sangat tidak asing! Si mungil kotak kuning! Banner yang bertuliskan karakter China itu, *walopun gak bisa baca semuanya, pada intinya menyebutkan klo di Taipei lagi ada pameran NG! hoho~ Kayaknya memang sudah rejeki dan jodoh untuk menghadirinya, ahahay~

And then, akhirnya pada hari Ahad, 3 November siang, setelah berkunjung ke lokasi ujian UTT, langsung saja aku menuju Huashan Creative Park 1914. Untuk bisa ke sana, silakan cek tautan berikut: HOW TO GET THERE. Berhubung pas weekend, ramai skali orang datang ke sini XD! Sakjane rada’ males klo terlalu rame, tapi karena udah gak sabar pengen lihat kaya’ apa pamerannya, kurelakan untuk berdesakan dan mengantri bersama ratusan pengunjung lainnya.

nat-geo
NG Cover all years

Harga tiket yang harus ditebus untuk melihat pameran ini sebesar NT$220 per orang (dewasa). Sedangkan kalau untuk orang tua (di atas 65 tahun) NT$ 180 saja. Kalau anak-anak dengan tinggi kurang dari 110 cm, GRATIS! hoho~ Nah, karena ada smacam promosi beli tiket + majalah NG special 125 tahun seharga NT$ 299, maka tiket masuknya jadi dapat diskon NT$20. So, total tiket masuk + majalah = NT$ 499.

Setelah pintu masuk, para pengunjung disambut dengan pajangan cover majalah NG secara berurutan, mulai dari yang paling baru hingga yang paling awal (terbitan Januari 1888!). Aye berasa gimanaaa banget saat melihat rentetan cover itu! I keep saying, “Oh, I have that one! Oh, I know it”. (Bisa kebayang lah, bagaimana ekspresi seorang freak pas ketemu dengan yang di-fans-in). hahaha…. Oya, kalau diperhatikan baik-baik, cover NG paling awal tu bentuknya seperti jurnal (gak ada gambar, apalagi warna). Barulah kemudian ada inovasi sedikit gambar dan warna pada cover terbitan tahun 1958. Tentu, tampilan akan seiring dengan perkembangan teknologi yang ada saat itu.

1888-National Geographic-Magazine
Ini cover pertama!

Lanjut lagi. Bagian selanjutnya disambut dengan sejarah singkat NG. National Geographic atau dalam bahasa Mandarin 國家地理 (Guójiā dìlǐ) didirikan oleh NG Society di Washington DC pada 13 Januari 1888. So, tahun 2013 ini NG sudah menginjak umur yang ke-125 tahun! Selama perjalanan 125 tahun ini, ada banyak sekali petualangan, eksplorasi dan penemuan yang mengubah dunia yang tertuangkan melalui NG. Sebanyak 150 foto paling bersejarah di NG dipajang dan beberapa video ditayangkan; membuat suasana pameran lebih hidup!

Anyway, di pameran ini ada 8 tema besar:

  1. Photographic history
  2. Into the unknown
  3. Wild lives in wildlife
  4. Violent of earth
  5. People and cultures
  6. Sciences of the times
  7. Simply beautiful
  8. Remembering Taiwan

Dari delapan tema itu, yang paling lama kupantengin adalah bagian “remembering Taiwan”. Berhubung sekarang ini aku mengambil studi tentang Taiwan, maka ada banyak hal terkait pelajaran di kampus yang kulihat juga di sini. Menarik! Terutama saat tahu bagaimana tulisan dari para peneliti NG yang mengulas kehidupan dan alam Taiwan. Edisi paling awal tentang Taiwan berangka tahun 1920, bulan Maret. Judul tulisannya adalah “Formosa the Beautiful”, ditulis oleh Alice Ballantine Kirjassoff yang berisi Taiwan in 20th century di bawah pemerintah kolonial Jepang (*fyi, Taiwan menjadi koloni Jepang dari tahun 1895 – 1945). Ada foto-foto tentang champor tree yang jadi komoditas Formosa pada zaman itu, serta foto-foto indigenous people di Taiwan.

Ini foto Atayal Tribe-man dengan tato di dahi
Ini foto Atayal Tribe-man dengan tato di dahi

Yang menarik, ada foto Atayal Tribesman (Wulai, Taipei) dengan tato khas sukunya di dahi. Juga yang paling menarik perhatian (sekaligus serem) adalah foto kumpulan tengkorak yang dipajang di desa. Oya, suku pedalaman/ indigenous people khususnya dari Seediq/ Atayal dulu memang terkenal dengan aktifitas head hunting-nya. Lanjut lagi ada tulisan berjudul “I lived in Formosa” terbitan January 1945, ditulis oleh Joseph W Ballantine, US Vice consul in Taiwan. Tulisan selanjutnya pada February 1950 “Formosa Hot Spot of the east”; April 1953 “Eyes on the China Coast”; April 1955 “Patrolling troubled Formosa Strait”; February 1956 “Pescadores Wind Swept Outpost of Formosa”; January 1969 “Taiwan the watchful dragon”; January 1982 “Taiwan”; dan November 1993 “The Other China Changes Course Taiwan”.

Dulu dan sekarang
Dulu dan sekarang

Bagian yang selanjutnya kulihat adalah violent earth. Di sini terpajang berbagai foto yang menggambarkan “murka alam”; banjir, kekeringan parah, gempa, gunung berapi, topan dan halilintar. Trus di bagian simply beautiful, ada foto induk dan anak singa yang lagi menatap sunset. Waaaaah, bikin hati melelh XD! Ada juga foto ka’bah! Subhannallah… Ini salah satu foto yang cukup monumental dalam sejarah fotografi di NG. Then, ada juga foto anak perempuan Afghan yang sangat ikonik (jadi cover NG di tahun 1988). Sekarang sang anak tersebut telah tumbuh dewasa.

Pada intinya, kurang lebih 2,5 jam berada di dalam sana bener-bener ndak bikin bosen (*trutama untuk seorang NG freak seperti saya) dan banyak pelajaran terkait kekayaan dunia beserta keragamannya yang bisa kita dapat darinya. Really recommend you to go🙂

Oya, one caution! Hati-hati terhadap isi dompetmu! Karena sebelum pintu keluar pameran, ada bagian souvenir NG yang bisa bikin kalap *help XD! Ada banyak buku foto NG yang dijual dengan harga cukup miring (dalam artian murah untuk kategori buku foto dengan kualitas kertas oke), juga pernak pernik NG lainnya seperti gantungan kunci, mouse pad, kartu pos, majalah NG special edition (*sayangnya dalam bahasa Mandarin smua), serta hal-hal berbau NG laennya🙂. Trus, ada satu benda unik yaitu tumblr berbentuk lensa! Sempet kaget, koq minum lensa isinya kopi🙂. Fyi, pembayaran bisa menggunakan kartu debit berlogo visa dan mastercard. Jadi, hati-hati ya! Mungkin gak bawa duit cash, namun isi kartu atm dari tabunganmu bisa berbahaya juga. hahaha… (that’s happenned to me). Dan satu lagi, untuk setiap pembelian lebih dari 1000 NTD, mendapatkan souvenir ^^

Photojojo Canon Lens Cup
Minum pake “Lensa” 24-105 mm

Sebagai info, di dalam area pameran pengunjung dilarang mengambil foto (hiks), tapi di deket pintu keluar ada bagian yang bisa untuk poto2.  Harap dimaklumi. Trus, bisa juga mungkin coba ikutan isi kuesioner pameran. Ada mbak-mbak di deket pintu keluar yang nungguin. Bagi pengisi kuesioner, bisa mendapatkan undian dengan beragam jenis hadiah (aye rejekinya dapat logo kotak kuning buat frame foto, yang laen ada yang dapat majalah NG, photo box, ama buku agenda). Tapi satu hal yang harus diperhatikan saat mengisi kuesioner ini; (of course) all in Chinese :D! Walo aye bahasa Mandarinnya mepet-mepet, tapi paling ndak masih bisa baca beberapa kanji plus dibantu dengan “kreatifitas” + SKSD nanya pengunjung laen.

Me: “哥哥,會說英文嗎?請幫助我. 在英文這個有什麼意思?” (“Gēgē, huì shuō yīngwén ma? Qǐng bāngzhù wǒ. Zài yīngwén zhège yǒu shé me yìsi?”)

*yang artinya: “Mas, mas. Bisa bahasa Inggris gak? Bisa tolong bantu, ini dalam bahasa Inggris artinya apa?”

hahaha… (gedek gedek -___-“)

Jaa, selamat berkunjung ya! Pameran di Taipei dibuka hingga 24 November 2013. Untuk informasi tentang pameran ini, bisa dicek di tautan berikut.

***

Ini beberapa hasil jepretan dan narsisanku :p

Eksis dulu di depan Huashan Creative Park!
Eksis dulu di depan Huashan Creative Park!
IMG_7211
Bisa foto-foto di depan sini (doang)
Hasil "kalap" XD
Hasil berburu. “kalap”😄

9 thoughts on “[Share] 125 Years NG Exhibition

  1. dps

    Mborong mbaaakk. Hahaha kmrin d sg itu 50 best photograph mba sm gmn cara mereka ambil gambarnya..

  2. Haryo Wicaksono

    kutipan awalnya menohok banget..
    “i runaway from my thesis and read this post”
    haha

  3. Sekarang kata ‘freak’ memang jadi terasa keren.
    Fanatisme berlebih dan konsisten saja.
    FYI aja, NG di dalam dunia industri artinya ‘Not Good’ barang reject.
    😀

    1. hahaha….
      wah, bener juga. Baru nyadar klo NG can refers to that meaning as well -___-“. Sakjane nge-ringkesnya jadi “NatGeo”, not NG yak. Thanks atas suggestion-nya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s