[Share] Eksperimen “Undian” + Haven’t Met You Yet

*Tak perlu memikirkan ketidak-sinkronan judul di atas :p

Semester ini, aku mengambil mata kuliah yang cukup menantang buat seorang mahasiswa jurusan hubungan internasional, yang katanya “anti” terhadap angka. Dan karena itu, ku-ambillah mata kuliah “Introduction to Statistical Analysis”, yang sebenarnya gak terlalu terkait dan diperlukan dalam penelitian tesisku nanti. Tapi tak mengapa, namanya juga cari tantangan, dan itung-itung sebagai bekal ilmu buat menjadi seorang researcher kelak, yang gak melulu menggunakan metode kualitatif, tapi juga bisa kuantitatif. hoho~ (*terlihat tampak “keren”, walo keadaan sebenarnya megap-megap hampir tenggelam belajar statistik TT___TT. HELP!)

Nah, kebiasaan buruk seorang deadliner adalah baru mengerjakan PR ketika mepet waktu pengumpulan tugas (dan walau tahu ada deadline tugas, ini masih sempet aja nulis di blog :p). Tugas ini harus kukumpulkan sore nanti. hahahaha…. (indeed, I’m really good on working under pressure and in limited time –> semakin mepet, semakin kreatif).

Pagi-pagi, saat mentari baru terbit, aku pun langsung menyibukkan diri mengerjakan eksperimen statistik (*yay, senengnya akhirnya mahasiswa ilmu sosial bisa “eksperimen”). Tugas kali ini cukup tidak biasa, mahasiswa diminta bermain “undian” ala statistik; bab probability. Kami diminta bereksperimen mengundi 50 kertas sample berisikan angka umur mahasiswa dengan metode random sampling. Kemudian, kertas tersebut diundi sebanyak 50, 100 dan 200 kali (*pingsan duluan) dengan masing-masing pengambilan undian sebanyak 5 kertas.

Tujuan dari eksperimen ni adalah untuk menguji teori “central limit theorem“, dengan cara mencari “mean” dari sampling distribution, kemudian digambar kurvanya, dilihat bentuknya,trus dibandingkan dengan bentuk “kurva normal”.

Ini kurva central limit theorem. Diambil dari SINI
Ini kurva central limit theorem. Diambil dari SINI

Nah, di tengah-tengah eksperimen inilah aku merasa pusing. Walhasil, tampaknya seorang auditori sepertiku perlu ditemani alunan i-tunes yang berisi lagu campur aduk; mulai dari nasyid – murottal, instrumen tradisional en klasik, lagu jepang, indonesia, barat, bahkan hingga lagu india (*hadeh, saya memang labil -__-“). Dan entah mengapa, saat mas Michael Buble nyanyi “Haven’t Met You Yet”, jadi tiba-tiba ke-distract, dan akhirnya di tengah ngerjain eksperimen, aku pun pengen nulis blog (niat awalnya mau menggalau :p).

Yah, waktu terus bergulir. Janganlah berlama-lama men-distract-kan diri (*bahasa yang kacau). Mari kembali fokus. Ingat deadline :)!

Jaa, bagi teman-teman yang mau menemani saya dan ingin mendapat tambahan tugas (maksudnya kurang kerjaan) bisa unduh soal statistiknya di sini 🙂 : homework_sampling_distribution_of_sample_means

Selamat mencoba :)!

Advertisements

2 thoughts on “[Share] Eksperimen “Undian” + Haven’t Met You Yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s