[Share] Resolusi 2014

Bukan karena latah, aku membuat resolusi di tahun 2014 ini. Memang sudah menjadi salah satu kebiasaan yang menurutku baik, untuk senantiasa merencanakan kebaikan dan perbaikan, deshou? Dengan menggunakan logika ala project dalam pekerjaan, perencanaan adalah salah satu tahapan terpenting.

Tiap orang memiliki impian, keinginan masing-masing. Untuk mencapainya, diperlukan adanya tahapan-tahapan. Maka, di sinilah pentingnya perencanaan. Mengutip kata Ust. YM terkait “keinginan yang terencana”, biasakan untuk tidak membiarkan hidup mengalir bagai air, walaupun sudah ada ketetapan Allah.

Selain itu, penting pula untuk menuliskan perencanaan tersebut. Ada yang mengatakan, “rencanaku sudah kuinget-inget koq”. But, itu tidak cukup. Ada pepatah China mengatakan, sebaik-baiknya ingatan, akan lebih baik goresan tinta di kertas yang menguning. Maksudnya, manusia itu ada batasan dalam kemampuan mengingat. Tapi dengan menuliskannya, itu akan jauh lebih awet (kecuali kalo kertasnya ilang ato rusak ya. hahaha). Faktor lain pentingnya suatu perencanaan (tertulis) yaitu untuk menghindari kealpaan kita sebagai manusia yang kerap dengan begitu mudahnya melupakan keinginan dan rencana kita; disebabkan karena kesibukan/ padatnya aktifitas.

Lagi, menurut Ust. YM, tahapan selanjutnya dari perencanaan adalah dengan aktualisasi mimpi dan keinginan + keyakinan, visualisasi, and then connecting/ action. Dan satu lagi yang seringkali kita lupakan adalah, berdoa kepada Sang Maha, secara konsisten. Wujud paling aktual & visual dari suatu mimpi adalah berdoa (YM, 2012).

I’ve both short and long term life planning, but here let me share about my plan in 2014. Cekidot!

Taken from: http://bit.ly/19ERrmB
Taken from: http://bit.ly/19ERrmB

(PS: mungkin resolusiku di bawah ini tak selengkap chart di atas, karena ada beberapa yang sifatnya sangat personal :p)

  1. Mau cari pemilik partner-nya kuro-chan (a.k.a Menikah). Hahaha… ini nulisnya setengah malu (*blushing). Tapi biarlah. Soalnya kalo ndak difokuskan seperti ini, tampaknya akan sulit. Dari kajiannya Ust. YM dan juga masukan dari berbagai teman yang sudah menikah, memang, harus ada niatan yang kuat dan fokus. Kita tak pernah tahu rahasia Allah yang satu ini, memang jodoh adalah misteri. Tapi tak ada salahnya untuk menguatkan niat dan senantiasa yakin bahwa DIA sudah menyiapkan seseorang, pasangan kita, sejak di lauful mahfudz. Pun kalau tak tercapai, tak mengapa, karena memang belum waktunya🙂. Wallahua’lam, be wise😀
  2. Wisuda tanggal 7 Juni 2014 & lulus dari NCCU dan balik ke tanah air pada Juli 2014! Ayo semangat proposal + penelitian + menulis tesis ^^
  3. Persiapan untuk studi lanjut (PhD) di tahun 2015 (either in spring or fall semester). Sekarang udah mulai cari info inceranku; SOAS – University of London (Inggris), Leiden University Institute for Area Studies (LIAS – Belanda), ato GSAPS Waseda University (Tokyo) dengan pembiayaan beasiswa dari LPDP/ Dikti.
  4. Untuk mendukung nomor 3, salah satu persiapan yang terpenting adalah kecakapan bahasa. I wanna take IELTS course + test dengan result minimal score 7.5 (all bands).
  5. Menabung untuk beberapa kebutuhan;
  • Beli temennya Kuro-chan, lensa fix canon

Review-Lensa-Canon-EF-50mm-f1.8-mark-II

  • Bayar hutang :p
  • Tambahan ongkos naik haji
  • Jalan-jalan/ backpacking ke Malaysia Timur (Sabah + Sarawak) + Brunei (May), ke China daratan untuk penelitian tesis, tepatnya di Quanzhou, Xiamen, Fujian + Guangzhou (Mar)
  • Kelilingin the rest of Taiwan sebelum pulang; ke Taitung, Alishan, Chiayi, dan Miaoli.
  • Konferensi di: Hongkong (Mar), Chiba (May)
  • SI PPI Dunia 2014 di Jepang (Sept)

6. Menyelesaikan target bacaan (terutama terjemahan Alquran, wajib sepanjang hayat), dan juga istiqomah dalam menjalankan tilawah one day one juz🙂

7. Mendaftar pekerjaan untuk short-term based (kontrak 1 tahun) di NGO/GO internasional, dosen di HI UGM/ UMY/ UIN Syarif Hidayatullah, ato CPNS DIKTI dan laennya yang menarik minat.

8. Jaga kesehatan, terutama dari sisi jam tidur –> tidur awal dan bangun awal (jangan lagi sering begadang dan tidur pagi)

Sementara ini dulu yang sudah tercatat untuk perencanaan di 2014 ini. Semoga Allah ridhoi dan mudahkan segala sesuatunya. Aamiin. Semangaaat :D!

5 thoughts on “[Share] Resolusi 2014

    1. wah, ya mboten😄. Klo menurut saya tiap keinginan dan impian masing2 orang itu keren. Besar/kecil itu relatif😀, sesuai dengan prioritasnya. Saya kagum dengan orang2 yang senantiasa punya impian dan berusaha mencapainya –> in which prosesnya lebih dilihat. So, mari bersemangat dalam berusaha meraih impian masing2 :D!

  1. Reblogged this on Mizwandi Zuandi and commented:
    blog ini keren, tulisan dari mbak @retno ini so awesome for me. saya pribadi walaupun punya resolusi 2014, sudah selesai pada desember kemaren tapi ga berani share to my blog. salah satunya “takut” ditertawakan. so nikmati guys tulisa ini. yuk yang belum punya resolusi 2014 silahkan dibuat. masih diawal tahunkan?? apa sih enaknya buat resolusi ini, ya selain karena kita tahu target yang akan kita raih dan langkah-langkah meraihnya bukankah ini akan memprmudah kita untuk berdoa. Bukankah Allah sesuai Prasangka Hambanya??
    berdoalah kepadaku, maka aku akan mengabulkannya.

    teringatkan dengan tulisan andrea Hirata, ” bermimpilah, maka tuhan akan Memeluk Mimpi-mimpimu’. dan selalu jika saya pulang kekampung dan akan berangkat ke kampus lagi, satu nasehat dari emak saya’ banyak-banyak Berdoa nak. ya sehingga saya hafal kata-kata ini. yuk kita ciptakan sebuah pencapaian besar untuk 2014 ini. kita harus menjadi manusia Indonesia yang luar biasa!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s