[Travel] Qingjing Farm – Nantou County

Terbayang-bayang selalu dalam angan, melihat domba-domba lucu berlarian di padang rumput nan luas. Dan setelah sekian lama, akhirnya yang diangankan tersebut tersampaikan juga :D!

IMG_0362

Alhamdulillah, pada Sabtu, 18 Januari 2014 yang lalu aku bersama rekan-rekan dari FORMMIT melakukan traveling bersama ke daerah Nantou County (central Taiwan). Adapun tujuan perjalanan kami adalah Hehuanshan dan juga Qingjing Farm. Seperti yang sudah kuniatkan tahun 2013 lalu, ekspedisi snow hunting yang gagal harus dilakukan lagi pada 2014 ini. Dalam postingan ini, khusus akan kuceritakan pengalaman selama di Qingjing Farm dengan domba-dombanya yang sungguh menggemaskan :D!

Qingjing Farm (清境農場 = Qīng jìng nóngchǎng) merupakan kompleks area peternakan yang dijadikan objek wisata di daerah Renai township, Nantou county (arah menuju Hehuanshan). Kompleks peternakan ini terdiri dari beberapa bagian, salah satunya yang paling terkenal dan sering dikunjungi adalah green green grass land; padang rumput luas dengan kontur berbukit-bukit dengan domba-domba yang berkeliaran bebas di sana. Berlokasikan di ketinggian 1,748 meter, Qingjing Farm yang dikelola oleh Veterans Affairs Commission, dibangun pada 20 Februari 1961 dengan mencakup area perbukitan seluas 700 hektar.

IMG_0397

Menurut beberapa sumber, jika ingin melihat padang rumput hijau + bunga bermekaran + pohon-pohon pir, persik dan apel berbuah, datanglah ke Qingjing pada musim semi + awal musim panas (sekitar bulan Maret – Juni). Sounds perfect! Sedangkan selama musim gugur – dingin, rumputnya berubah menguning, sehingga anganku sebenarnya belum 100% tercapai. hehehe… Tapi, bagaimanapun pemandangan dan suasana di sini tetap luar biasa. Sangat kurekomendasikan untuk dikunjungi :)!

Biaya masuk ke area green grass land Qingjing Farm adalah NTD 160 (untuk dewasa/ umum pada weekdays) sedangkan untuk anak-anak dan pelajar/ mahasiswa ada diskon khusus; hanya perlu membayar NTD 120 dengan menunjukkan kartu pelajar (so, jangan lupa untuk dibawa ya ^^). Untuk informasi lengkap tentang biayanya, silakan klik di SINI.

Adapun untuk transportasi ke Qingjing Farm, saat aku ke sana, kami menyewa mini-bus dengan kapasitas 20 orang supaya lebih mudah dan efisien. Tapi kalau mau coba dengan transportasi umum, menurut temanku, kita bisa naik bis dari Taichung menuju Puli station. Kemudian lanjut lagi naik bis jurusan Puli – Qingjing Farm Station (lengkapnya lihat SINI). Waktu tempuh perjalanan dari Taichung ke sini sekitar 2 – 2,5 jam.

IMG_0388

Btw, di dalam area green green grass land ada semacam bangunan berbentuk kastil unik, dan juga ada performance stage dekat kandang kuda yang biasanya menampilkan adegan pencukuran (?) bulu domba + pertunjukan koboi yang menaiki kuda yang gagah nan ganteng (yang ganteng dan gagah kudanya lho, bukan koboinya. hahaha). Performance ini dilakukan tiap harinya pada pukul 14.30. Mengingat kemarin agak terburu-buru, kami tidak sempat menyaksikan penampilan itu. But hopefully next time bisa lihat :D!

IMG_0410

Oya satu lagi, di sini pengunjung bisa juga memberi makan domba dengan semacam kaplet pangan khusus yang dijual dengan harga NTD 10 per kotaknya (bisa dibeli di box penjual). Menarik lho, geli-geli takut plus asik saat memberi makan domba, langsung dari tangan kita ^^

Sebagai informasi di Qingjing Farm – green green grass land ada dua gerbang utama; gerbang atas dan gerbang bawah. Nah, saranku, ada baiknya untuk masuk dari gerbang atas dan keluar/ pulang dari gerbang bawah. Di dekat exit gerbang bawah, ada semacam area food court + pusat jualan buah segar, cemilan dan oleh-oleh.

Untuk makan siang di Qingjing Farm, alhamdulillah di sana ada yang berjualan makanan halal (ada logo halalnya), berupa masakan Myanmar Yunnan :). Fyi, dari sejarahnya memang banyak Muslim China keturunan orang Yunnan yang berkewarganegaraan Thailand atau Myanmar atau Taiwan, dan membuka usaha restoran halal di Taiwan ^^. Alhamdulillah.

Rasa dan harganya cukup oke; mirip-mirip masakan Indonesia dan harganya sekitar 60 – 100 NTD per porsi. Untuk memudahkan pengunjung keluar masuk lokasi green-green grass land, diharapkan untuk mencap tangan dengan cap khusus pengunjung sehingga tak perlu repot-repot menunjukkan karcis kita.

IMG_0480

Jaa, sementara ini begitu laporan perjalananku ke sana :). Teman-teman yang ingin menikmati dan men-tadabbur-i keindahan alam, sangat kurekomendasikan datang. Terlebih bagi yang sudah berkeluarga, sangat cocok untuk tamasya bersama. Smoga bisa berkunjung lagi di summer nanti bareng my parents, insyaAllah :D! Here, beberapa foto lain. O-tanoshite kudasai :D!

Credit photo to: Mas Hadziq
Credit photo to: Mas Hadziq
IMG_0411
Berasa di Eropa ^^”
Di kejauhan terlihat bangunan ala Eropa, bagai istana~
Di kejauhan terlihat villa dengan gaya ala Eropa~
Memberi makan domba
Memberi makan domba
Advertisements

8 thoughts on “[Travel] Qingjing Farm – Nantou County

    1. Iyaaa, untuk sampe ke sana perlu skitar 6 jam perjalanan dari Taipei -____-“, dan untuk biayanya skitar 1300 NTD (transport PP dari Taipei + Hehuanshan & Qingjing Farm, plus tiket masuk Qingjing)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s