[Travel] Merhaba, Turkiye!

Ndak terasa, sudah hampir 8 tahun berlalu sejak aku menginjakkan kaki ke negeri asal Orhan Pamuk, Turki. Skarang ini, aku ingin mem-flash back ingatanku di masa itu, suatu sore di bulan Mei 2006.

At that time, kalau ndak salah hari Selasa, 9 Mei 2006 di lobi HI UGM (yang sekarang gedung lamanya sudah completely gone XD), seorang senior yang merupakan bos-nya KOMAHI menawariku sebuah kesempatan. Aku tak pernah mengira, bahwa tawaran itu akan menjadi TIKET rezeki bagiku untuk pergi menginjakkan kaki di negeri seribu menara, Turkiye :D! Beliau hendak mengajukanku sebagai wakil dari KOMAHI untuk maju seleksi di tingkat Dekanat, dalam rangka 19th May Youth and Sport Festival in Istanbul.

Oya, undangan kegiatan ini berasal dari Kedutaan Besar Turki di Indonesia, yang diteruskan ke Kementrian Negara Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia, yang kemudian diteruskan lagi ke fakultas ISIPOL di dua universitas di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada.

Bang Miftah (UI) dan Aye (UGM)
Bang Miftah (UI) dan Aye (UGM)

Dari surat undangan yang dikirimkan Kemenegpora tersebut, sakjane yang diminta adalah 1 orang perwakilan dari ketua/pengurus BEM FISIPOL. Namun, berhubung di FISIPOL UGM ndak ada BEM-nya (you know the reason lah~ ;D), maka rupanya dekanat meminta tiap HMJ (himpunan Mahasiswa Jurusan) yang ada di FISIPOL untuk mencalonkan seorang wakilnya untuk diseleksi dan dipilih menjadi wakil UGM di dalam ajang ini.

Nah, berhubung tawarannya sangat mendadak dan mendesak (keesokan paginya sudah harus memasukkan berkas ke dekanat eui!), banyak teman-teman sejurusanku yang ndak bisa mendaftar seleksi ini. Karena, salah satu syaratnya adalah harus sudah punya PASPOR! Dan banyak dari mereka yang batal maju karena tak memenuhi syarat ini. Dan Alhamdulilillah, pada saat itu segala persyaratan untuk kegiatan semacam exchange student, sudah kumiliki, termasuk buku saku bersampul hijau nan “sakti” itu.

Turkiye, here I come :)
Turkiye, here I come🙂

Singkat cerita, setelah melewati proses seleksi administratif di dekanat UGM, Alhamdulillah aku terpilih🙂. Dalam waktu kurang dari satu hari, langsung segala persiapan keberangkatan ke Turki dilakukan. Segera saja aku mengontak ibuku yang ada di Jakarta, perihal “rezeki” ini.

Then, segeralah aku ke Jakarta untuk mengurus administrasi tiket dan visa (yang Alhamdulillah ditanggung semua). Kemudian, aku dan seorang temanku dari UI (saat itu beliau adalah ketua BEM Fisip UI) janjian untuk bertemu di Kedutaan Turki di daerah Kuningan untuk mengurus visa. Sebelum berangkat, kami pun sempat berkunjung ke kantor Kementrian Pemuda dan Olahraga RI di Senayan. Di sana, kami mendapat wejangan dari salah satu deputi. Beliau mengingatkan bahwa kami diamanahkan “tugas” untuk mewakili negeri tercinta untuk bergabung dan bertemu dengan para pemuda – pemudi dari 25 negara di Bayrampasa, Istanbul.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Friends around the world

Selama di sana, kami berkunjung ke berbagai tempat di Istanbul, seperti Masjid Biru dan St. Hagia Sophia / Ayasofia yang sangat termasyur, berlayar di selat Bosporus, berkunjung ke Miniaturk, Grand Bazaar, Rumeli Hisari (Benteng yang dibangun pada tahun 1452 oleh Sultan Mehmet II), Istana Topkapi, dll.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
In front of Ayasofia

Selain di Istanbul, kami juga berkesempatan untuk mengunjungi ibukota negara ini, Ankara dan bertandang ke gedung-gedung pemerintahnya. Jarak antara Istanbul ke Ankara cukup jauh, memakan sekitar 6 jam perjalanan. Dan itu dilakukan dalam satu hari!! Jadi, berangkat pagi-pagi dari Istanbul, dan baru sampai kembali ke situ keesokan dini harinya (jam 3 pagi). Benar-benar melelahkan, namun sungguh berkesan :D!

In Ankara, parliamentary house
In Ankara, parliamentary house

Di malam terakhir sebelum kumeninggalkan negeri tarian berputar, alhamdulillah, bersama-sama dengan 2 orang temanku dari Jepang dan satu orang dari Sudan, kami berkesempatan untuk homestay di rumah keluarga Turki. Jadi mempelajari banyak hal.

Smoga bisa bertandang kembali ke negeri ini. InshaAlla (next year, perhaps ;D?).InshaaAllah😀

2 thoughts on “[Travel] Merhaba, Turkiye!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s