[Share] Recommended Korean Movies

Setelah sebelumnya aye nulis tentang rekomendasi film-film produksi Jepang, kini saatnya untuk film Korea :)! Film yang ada di sini kurekomendasikan berdasarkan pengalaman bertahun-tahun “mengamati” film-film dari negeri Ginseng ini. Alasan kenapa kurekomendasikan adalah selain karena nilai hiburannya, tetapi juga nilai pelajaran serta kesan yang begitu mendalam setelah menontonnya.

Oya, caution! Sebaiknya nonton film-film ini pas lagi bener-bener ada waktu luang dan perlu hiburan yah. Don’t blame me (again) if you watch too much :p. Jaa, Selamat menyaksikan ^^! Judul film diurut berdasarkan tahun rilis.

1) Miss Granny (2014)

2014 - Miss Granny (poster 1)-thumb-300xauto-44999

Streaming onlinenya baru dirilis beberapa hari terakhir ini. Sejak nonton trailernya awal tahun lalu, langsung penasaran pengen lihat. Akhirnya, bisa nonton juga😀. Film ini mengisahkan seorang nenek berumur 70 tahun yang karena foto di studio foto ajaib, ia kembali jadi muda. She’s 20 years old now! Bisa bayangkan, bagaimana seorang nenek dengan ciri khasnya, menjalani kehidupan sebagai gadis muda. Hal yang kupelajari dari film ini adalah bagaimana memahami perasaan orang tua, gambaran ketika tua nanti, pentingnya keluarga serta bagaimana menghargai sebuah cita-cita. Btw, buat yang mau nonton ini dan punya gejala mudah melow en nangis, siapin tisu ya :p

Watch here: Miss Granny

2) Miracle in Cell No. 7 (2013)

Miracle_in_Cell_No._7_poster

Another family-type story movie. Film ini mengisahkan seorang anak perempuan yang tinggal bersama ayahnya yang mengalami keterbelakangan mental. Karena sebuah kesalahpahaman, sang ayah dituduh membunuh seorang anak kecil dan mendapat hukuman mati. Sang anak perempuan tersebut, mencari cara bagaimana bisa bertemu ayahnya, bahkan dengan nekat menyusup di sel penjara no. 7, tempat sang ayah mendekam. Again, you should prepare your tissue to watch it.

Watch here: Miracle in Cell No. 7

3) Secretly Greatly (2013)

Secretly Greatly

Agak berbeda dengan dua film di atas, film yang ini mengisahkan tentang seorang agen militer terbaik dari Korea Utara yang ditugaskan untuk menyusup dan menjadi mata-mata di Korea Selatan. Ia menyamar sebagai laki-laki muda dengan keterbelakangan mental dan tinggal di toko milik seorang ibu tua. Hm…. sebenarnya aye agak kurang suka dengan tipe ending film seperti ini, but still, worth to watch.

Watch here: Secretly Greatly

4) As One (2012)

as one korean movie

Aye termasuk orang yang nge-fans ama Ha Ji Won (mbak-mbak di cover yang sebelah kiri baju biru). Sosok bliau sungguh sporty, jadi sangat cocok main film ini😀. Pertama kali tahu film ini saat melihat list film yang ditayangkan selama penerbangan dari Jakarta ke Taipei. Film ini diambil dari sebuah kisah nyata, tentang “diplomasi ping pong” dimana Korea Utara dan Korea Selatan pernah bersatu dalam ajang pertandingan ping pong mewakili nama “Korea”. Selain keren permainannya, juga bisa sedikit belajar sejarah dan hubungan antara dua negara bersaudara ini. Really worth to watch!

Watch here: As One

5) I am the King (2012)

fullsizephoto245012 (1)

Film ini berlatarkan sejarah bangsa Korea, tepatnya masa pemerintahan “Sejong the Great”. Raja Sejong ini dikenal sebagai Raja yang menemukan alfabet “hangeul” dan berperan penting dalam peningkatan dan perkembangan dunia keilmuan dan hukum di Korea. Cerita film ini berkisah tentang seorang pengemis yang kebetulan berwajah mirip dengan sang pangeran (yang akan menjadi Raja Sejong). Karena beberapa hal, mereka bertukar peran. Sang pangeran menjadi pengemis, dan sang pengemis menjadi pangeran. Film ini menarik karena selain kita bisa belajar sejarah Korea dan peranan Raja Sejong, juga genre film yang komedi sehingga cukup menghibur bagi yang menonton. Untuk tahu sinopsis lengkap film ini bisa dilihat di SINI.

Watch here: I am the King

6) Hello Ghost (2011)

hello-ghost_-opens-23june

Siap-siapin tisu kalian XD! Film ini merupakan film dengan sejuta rasa saat menontonnya. Antara ngeri, lucu dan juga mengharukan. Mengisahkan tentang seorang laki-laki yang mencoba untuk bunuh diri hingga berkali-kali, namun gagal. Hingga akhirnya, setelah percobaan yang terakhir, ia kemudian bisa melihat hantu. Ada sekeluarga hantu yang semenjak saat itu sering mengganggunya. Mereka berjanji akan pergi apabila sang lelaki itu mau memenuhi permintaan mereka. Lengkapnya sinopsis, bisa baca di SINI.

Watch here: Hello Ghost

7) Welcome to Dongmakgol (2005)

Welcome_to_Dongmakgol_poster

Ini adalah salah satu film Korea yang pertama kali kutonton ketika jaman kuliah S1 di Jogja dulu. Dan masih hingga sekarang, film ini yang paling meninggalkan kesan mendalam buatku. Kisahnya berlatarkan perang Korea pada tahun 1950. Saat itu, ada pertempuran di daerah pelosok antara Korea Utara dan Korea Selatan beserta sekutu. Beberapa tentara terjebak di sebuah desa bernama Dongmakgol. Desa ini cukup terisolir sehingga warganya tidak tahu bahwa sedang terjadi perang di negeri mereka. Mereka adalah orang-orang lugu nan tulus sehingga meluluhkan hati para pihak yang berperang.

Film ini bener-bener membuat kita tertawa, sekaligus nangiiiis banget (karena saking menyayatnya XD). Oya, Welcome to Dongmakgol ini mendapatkan banyak penghargaan tingkat nasional maupun internasional. Yang paling kusuka dari film ini adalah backsound dan instrument song-nya! Yang paling kusuka yang judulnya “A Waltz of Sleigh” (soundtrack lengkap bisa didengar di SINI). Sedangkan untuk tahu plot cerita lengkapnya, bisa dilihat resensinya di SINI.

Watch here: Welcome to Dongmakgol

4 thoughts on “[Share] Recommended Korean Movies

  1. kacau, aku baru nonton 2 dari list ini, haha. mesti dicatat nih

    mba chiku udah nonton 71 into the fire belum? kl aku bikin list kaya gini, film itu akan aku masukkan. hehe

    1. hehehe… selamat mencatat😀. Sebenernya pengen masukin Taegukgi jg, tapi itu terlalu serius😄. but will revise later dah.
      Wah, blm nonton tuh yang 71. Langsung cek ah~ thanks ya jeng masukannya ;D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s