[Share] How to Apply Japanese Visa from Taipei

Alhamdulillah. Memang rencana-Nya selalu indah. Di akhir Juli lalu saya mengalami peristiwa yang mengubah rencana hidup saya selama satu semester, status saya sebagai mahasiswa yang harus diperpanjang sampai Januari 2015. Namun ternyata ada skenario-Nya yang lain, yang sedang menanti. Itu adalah rezeki untuk bisa berkunjung ke tanah para Samurai, Jepang.

Sebenarnya saya sudah merencanakan kunjungan ke Jepang sejak November tahun lalu, namun karena terpentok masalah finansial, saya sempat urung menjalankan rencana tersebut. But, Alhamdulillah, sponsorship yang saya dan teman saya ajukan, dikabulkan. Salah satu alasan dikabulkannya, karena saya masih berstatus “mahasiswa” 😉

Nah, beberapa pekan terakhir ini sempat ramai dengan kebijakan imigrasi baru Jepang yang akan memberikan bebas visa untuk WNI pemegang E-paspor per 1 Desember 2014 nanti. Namun, tentu saja ada beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi, untuk mendapatkan “bebas visa” ini. Berita lengkapnya bisa dibaca di SINI.

Buat rekan-rekan WNI yang khususnya ada di Taipei dan belum memiliki E-paspor, harus mengurus visa. Untuk pengurusan Visa ke Jepang dari Taiwan, bisa diajukan ke: Japan Interchange Association – Taipei Office, yang beralamat di No. 28號慶城街松山區台北市 Taiwan 105.

Silakan lihat detail ancer-ancernya di bawah ini 😀

alamat taipei
Naik MRT Wenhu Line (jalur coklat), turun di MRT Nanjing East Road Station.

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan visa Jepang:

  • VISA Application form. Bisa diunduh di Visa Application Form
  • One photo (standard passport), ukuran 2 x 2 inch (sekitar 4,5 x 4,5 cm), berwarna dengan latar belakang foto putih. Ditempel di formulir pendaftaran.

Kalau saya, berhubung waktu pengurusan visanya agak mepet dengan jadwal keberangkatan, saya mengakali foto 4 x 6 saya dengan menggunting bagian atas-bawahnya supaya pas jadi 4×4 :p.

  • Original passport + Photocopy of passport’s personal information page
  • Photocopy of passport’s page proving the latest stamp entering Taiwan
  • Original ARC + Photocopy (both sides); or other entry permits sticker/receipt as if the ARC is under issued,
  • Original student ID card + Photocopy (both sides),
  • Bank account passbook (already swiped with the latest balance info) + Photocopy; the balance should be at least NTD 100,000.

Nah, untuk urusan tabungan ini, memang yang paling memberatkan dari semua persyaratan. Bagi yang mendapat sponsor untuk kunjungan ke Jepang (dibuktikan dengan surat asli financial coverage), syarat tabungan ini bisa digugurkan.

  • Itinerary schedule for the trip; for a conference trip, it’s better to ask the itinerary schedule and invitation letter from conference’s committee,
  • Round trip flight ticket proof. If we go with somebody else, and that somebody was helping us to buy the ticket, then we also need to provide passport’s personal info page photocopy of that somebody.

Ini hukumnya wajib, saat saya kemarin ke kantornya, saya sempat salah menge-print tiket kepulangan, sehingga sedikit bermasalah. Tapi, Alhamdulillah ibu-ibu bagian visanya berbaik hati memberikan waktu untuk saya men-forward email bukti pembelian tiket ke email kantor mereka, dan di-print-kan di sana.

  • Proof of hotel reservation in Japan.

Semua syarat di atas disusun rapi dan berurutan ya :). Oleh ibu-ibu penjaga loket visa akan dicek dengan sangat teliti keabsahan di tiap lembar dokumen yang disertakan. Apabila ada hal lain yang diperlukan, beliau akan menanyakannya.

Oya, catatan tambahan:

  • Proses pengurusan visa adalah 1 hari kerja (misalnya, masukin hari Senin pagi, hari Selasa siangnya sudah bisa diambil 🙂 ). Untuk beberapa kasus urgent dan penting (misal, terkait tugas negara), pemrosesan visa bisa hanya 3 jam sahaja 😉
  • Kantor Japan Interchange Association-nya buka dari jam 09.15 – 11.30 (khusus untuk pengajuan visa) dan dibuka lagi jam 14.00 – 16.00 (untuk pengajuan dan pengambilan visa) dan pengurusan visa hanya hari Senin – Kamis saja (Jumat tidak melayani visa).
  • Biaya pemrosesan visa adalah sebesar NTD 920, dibayar tunai saat pengambilan paspor dan visa.

Jaa, bagi rekan-rekan WNI yang berencana ke Jepang dari Taiwan, selamat membaca dengan seksama. Kalau ada yang mau ditanyakan, don’t hesitate to ask your question and leave your comment below 🙂

*PS: beberapa bagian di postingan ini saya copas infonya dari Mas Hadziq di facebook bliau. Mohon izin nggih mas, maturnuwun sanget

25 thoughts on “[Share] How to Apply Japanese Visa from Taipei

  1. nice post,

    btw hari Jumat pengurusan Visa Jepang di Taipei buka atau tutup? beberapa kantor imigrasi hanya buka senin-kamis untuk pengajuan visa.

    nuhun.

  2. Minta pendapat,
    Bila kelengkapan dokumen Sudah terpenuhi (namely; passport, bank account balance, itinerary, boomhotel), kemungkinan diterimanya Visa menurut Ibu berapa persen ya?

    Oh ya, terkait bank account balance, kami berniat mengakali dengan cari pinjaman. Pertanyaannya, apakah periode waktu lamanya nominal tersebut ada di rekening saya menjadi konsiderasi oleh pihak JIA?
    (misal 100.000 NTD ada di rekeneing saya beberapa hari sebelum apply)

    trimakasih

    1. setahu saya tidak ada batasan waktu minimal. Dulu sempat ada beberapa kawan yang juga seperti itu, cari pinjeman, print buku tabungan 100.000 ntd sebelum apply visa pekan depannya. dan mereka dapat visa. kalau kemungkinan diterima, hanya pihak JIA yang tahu :). Pun kalau ada syarat tambahan atau koreksi, biasanya nanti akan diberitahukan oleh petugas visa di JIA saat pengecekan dokumen dan aplikasi visanya.

      1. Lanjut lagi bu pertanyaannya, hhe 🙂
        Berkenaan dgn buku tabungan dan nominal di dalamnya, in case setelah apply, dokumen visa kami diterima, apakah buku tbungan tsb juga diperlukan untuk entrng jepangya?
        I mean to say, 100000 NT tdi cuma dicek di JIA sja atau di Jepang di recheck lagi?

        Sukran katsiran 🙂

  3. hamham

    Ibu, sya sudah ke JIA dan mncoba tnyak persyaratan apply visa.
    Sya ingin tahu lagi
    1. Berkenaan dgn saldo rek. Mereka tdk mmnta minimum value dri kita. 100rb dri pglaman ibu itu mncul di case sprti apa kah?

    2. Kami berstatus mhswa di taiwan, dn mndpt beasiswa. Dgn status itu, Mereka mmnta dokumen tmbhan yg menerangkan bhwa kita pnrma beasswa. Mnrt ibu, Apakah ini dianggap sbg pgganti nominal minimum yg ibu jelaskan?

    Terimakasih banyak atas informasi bermanfaat serta bantuannya.

    Sukran 🙂

    1. halo,
      kalau saldo rekening minimum, itu berdasarkan pengalaman dari teman2 sebelumnya yang sudah pernah apply untuk tujuan turis. Rata2 dari kedutaan meminta seperti itu (terutama yang turis), walo tidak ter-state secara formal di persyaratan.

      Kalau mendapat beasiswa, sebaiknya surat keterangan dari kampus juga disertakan. Dulu saya juga menyertakan surat keterangan mahasiswa dari office of international cooperation kampus dan juga surat keterangan beasiswa, walaupun saya punya sponsor yg membiayai perjalanan ke Jepang dan tujuan ke sana untuk kegiatan resmi (bukan untuk wisata). Dokumen2 tersebut untuk memperkuat saja.

      Kalau pengganti nominal minimum, sy kurangtahu juga apakah bisa atau tidak, terutama kalau konteksnya untuk turis. Pengalaman lain, saat saya ke Korea, mereka tidak memerlukan syarat tabungan karena tujuan saya ke sana untuk konferensi dan saya menyertakan surat beasiswa. Jadi baiknya ditanyakan saja ke JIA untuk memastikan, apakah tetap perlu tabungan minimal atau tidak.

      Semoga cukup menjelaskan.

      PS: panggil saya chiku saja, belum jadi “ibu-ibu”, hehehe…

  4. Ersam Richard

    Dear Mba chiku,

    Saya berencana mau berkunjung (wisata) ke Jepang pada akhir Desember ntar, saya mau bertanya untuk kasus jika saya disini adalah pegawai white collar (saya perwakilan Bank BNI yang ditempatkan di Taiwan) apakah syarat untuk NTD 100.000 berlaku? saya baru disini 1 bulan mba. .

    Mohon petunjuk dan bantuannya

    Regards

    Ersam

    1. Halo Mas Ersam,
      menurut saya syaratnya sama terutama kalau konteksnya tujuan ke jepang adalah wisata (bukan bisnis atau akademik). Btw sudah ada ARC? Kalau sudah ada ARC akan mempermudah keluar masuk taiwan. daftar visa ke jepang cepet jadinya kq. Jadi pas desember H- 2 minggu masih memungkinkan apply visa pas ARC sudah jadi. Tapi untuk memastikan coba aja datang langsung ke kantor perwakilan jepang di taipei y mas. Mohon maaf kurang bisa membantu infonya ^^”

    2. Slmt mlm mas Ersam, kebetulan baca komen di sini. Mau numpang tanya, apakah bank BNI 46 cabang Taiwan benar resmi di buka? Mohon informasi lbh lanjut karena internet banking saya bermasalah dan harus register mobile banking. Sedangkan domisili Taiwan sangat tidak memungkinkan utk itu. Kalau boleh korespondensi lbh lamjut dgn mas ersam, bisakah via email.

      Terima kasih,
      Briliant Adhi Prabowo
      briliano@gmail.com

  5. lusie

    hy aku juga mau nanya tabungan memang harus 100rb NT ta? apa ada yg pernah apply kurang dari itu? karena saya plan ke okinawa japan dec ini juga hanya 4hari… tapi ttp disertakan bank statement BF saya.

    1. klo untuk keperluan traveling saja kemungkinan begitu. kalau saya pas ke sana untuk keperluan seminar dan dibiayai sponsor (ada surat jaminan). Jadi tidak harus 100rb. Ada teman saya 2 orang, meminjam uang untuk print buku tabungan saja, kemudian uang dikembalikan

  6. Adeline

    Dear Mba Chiku
    Ituu mengenai minumum saldo rek. kita, bolehkah kita memakai saldo rek. ortu kita yang skrg tinggal di Indonesia? Karena sy skrg tinggalny di Taiwan dgn status sebagai mahasiswa. Thank Youu

    1. Halo Adeline,
      hm… saya kurang tahu juga apakah bisa atau ndak pakai saldo rekening ortu di Indonesia. Lebih jelasnya, coba kontak email atau datangi langsung perwakilan Jepang di Taipeinya.

      Mostly klo temen2ku yang jalan2 ke Jepang, mereka saling pinjem uang sampe 100rb NTD untuk sekedar ngeprint di buku tabungan, setelah itu balikin lagi uangnya ^^

  7. Mba Chiku

    mohon bertanya apabila saya berangkat dari Taipei bersama anak dan istri, apakah rekening tabungannya hanya 100rb NTD per keluarga atau harus disiapkan 3x100rb NTD

    Terima Kasih

    1. Halo mas Herry,
      Setahu saya syarat itu untuk per orang, bukan per keluarga. Tapi kalau untuk anak-anak saya kurangtahu apakah ada syarat khusus atau tidak. Lebih amannya, coba ditanyakan langsung saja ke Kantor perwakilan Jepangnya.

    1. Hm… Saya kurangtahu pastinya. Coba datang langsung dan tanyakan ke kantornya mbak. Kalau dulu saya perlu menyertakan resident card (semacam KTP) Taiwan. Nah, kalau visitor saya tidak tahu apakah perlu syarat kartu tanda pengenal tertentu lainnya. Mohon maaf tidak bisa membantu

Leave a Reply

