[Share] Dream: Trans-Siberian Railway

trans siberia
Sumber: http://www.seat61.com/Trans-Siberian.htm#Trans-Siberian_route_map

This is one of my “craziest” and “biggest” dreams. Traveling around the world by riding “trans-siberian” railway, crossing Russia – Mongolia – China

Saya sudah punya mimpi ini sejak lama. Namun saya tergelitik untuk mempostingkannya ke sini (supaya tidak lupa) dikarenakan seorang kawan dekat dari Taiwan melakukan perjalanan ini dari Finland sampai ke Shanghai. Ia menawarkan saya kartu pos untuk dikirimkan dari beberapa kota yang ia singgahi selama perjalanan. Mantaaab!

Dan kemudian beberapa pekan lalu seorang kawan semenjak kuliah dulu sampai sekarang magang bareng, juga mengatakan hal serupa. Punya mimpi menjelajahi Rusia sampai China dengan kereta ini. Sungguh, hal tersebut membuat saya jadi berambisi lagi untuk merealisasikan mimpi ini suatu saat nanti.

Setelah browsing beberapa website, saya lihat bahwa perjalanan ini bakal cukup panjang. Bisa bayangkan melintasi Moscow sampai Beijing sepanjang 7.865 km lewat jalur darat bakal memakan waktu berapa lama? Kalau non-stop sekitar 6 hari. Bayangkan juga gimana pegel dan gempornya? Belum lagi kalau kita mau singgah di beberapa kota selama perjalanan, harus dipersiapkan dengan mantab tuh planning-nya🙂

Ini foto postingan teman Taiwanku yang berhasil menempuh hampir 10,000 km! Officially arrived in Vladivostok on Jan 19th. Congrats Ang!
Ini foto postingan teman Taiwanku yang berhasil menempuh 9,000 km lebih! Officially arrived in Vladivostok on Jan 18th. Congrats Ang!

Terkait “kegemporan” dalam berperjalanan kereta jarak jauh sudah pernah saya lakukan dengan “gila”nya saat melakukan solo traveling dari Beijing – Wuhan – Xian – Beijing pada waktu summer tahun 2010 lalu. Total tempuh perjalanan kereta mencapai sekitar 3,000 km lebih, dijalani dalam waktu 5 hari (sambil mampir-mampir). Jadi paling tidak, saya sudah memiliki gambaran umum bakal seperti apa melewati 8,000 km jalur darat. Tinggal 2,6 kali lipatkan dengan pegal-pegal yang dulu. hahaha….

Dari sisi biaya, untuk harga tiket Trans-Siberian Railway (Moscow – Beijing one way) sekitar USD 750 – 1,200. Harga tergantung apakah non-stop trip ato berhenti di beberapa kota, juga tergantung jenis kelas yang diambil; 2 bed sleepers atau 4 bed sleepers di dalam satu kompartemen (kamar) dan juga jenis keretanya. Info lengkap tentang harga dan details perjalanan ini bisa dicek di SINI atau INI. Hal lain yang dipertimbangkan adalah pasokan makanan selama perjalanan dan kebutuhan lainnya kalau mampir-mampir. Jadi paling ndak perlu nyiapin sekitar USD 2,000 – 3,000 untuk perjalanan ini😄

Semoga suatu hari nanti, diberikan rezeki, kesempatan, waktu dan kesehatan untuk merealisasikannya. Semoga Allah meridhoi. Aamiin yaa Rabb.

PS: Buat my (future) partner dunia akhirat, siap-siap nabung dan kencangkan ikat pinggang buat merealisasikan rencana (kita) ini ya😀. hahahaha

3 thoughts on “[Share] Dream: Trans-Siberian Railway

    1. hoho.. klo Moscow – Vladivostok lebih jauh mbak😄. Mari semangat menabung :D! Aye pengen banget ke Mongolia, trus lanjut kelilingi China pake kereta ke Lhasa (Tibet) en Urumqi (Xinjiang)

      1. Novriana

        Seandainya uang tak jadi masalah ya, mungkin udah berangkat dari kapan😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s