[Share] Saatnya Bergerak, Memperjuangkanmu

Setelah beberapa bulan yang lalu (tepatnya September 20114) saya menuliskan, “Untuk Para Calonku“, kini saatnya saya bergerak, memperjuangkannya :”). Bismillah….

Saat yang saya nanti-nanti akhirnya datang juga. Kesempatan yang ditunggu ini, ternyata datangnya lebih cepat dari yang saya kira. MaashaAllah. Di satu sisi, ada rasa bahagia yang amat membuncah, namun pada sisi lainnya, ada sedikit rasa khawatir tentang berbagai kemungkinan yang tak sesuai harapan. Namun, saya coba tepis semua perasaan negatif itu dan memilih untuk berfokus pada ikhtiar untuk berjumpa kembali dan membersamai calon saya itu🙂

Segala persiapan sudah saya lakukan, termasuk hal-hal yang saya lakukan sepulangnya dari bumi Formosa pada akhir Oktober lalu. Berbagai informasi saya kumpulkan untuk lebih jauh mengenalnya. Kini saatnya, segala “amunisi” saya kerahkan, untuk berjuang di medan pertempuran ini.

Oya, saya lupa. Let me introduce (para) calon saya yang ada di Turki ;):

  1. BOGAZIÇI UNIVERSITY – Department of Political & IR (English) – Istanbul. Ini merupakan universitas yang paling top di Turki, menurut my Turkish friend sehingga persaingannya jauh lebih ketat dan sulit😄. Di kampus ini, ada profesor yang saya kagumi sejak tahun 2009 lalu. Saya pernah membaca publikasi beliau, yang sangat sesuai dengan minat studi dan penelitian saya.
  2. Marmara University – Department of Political Science and Int. Relations – Istanbul. Saya tertarik kampus ini karena ada profesor yang juga expert di bidang yang saya tekuni. Namun saya belum tahu terlalu banyak tentang profesor tersebut.
  3. Middle East Technical University (METU) – PhD program in Area Studies (English) – Ankara. Ini satu-satunya kampus yang menawarkan program PhD yang paling sesuai dengan concern saya.
  4. FSMVU (swasta) – Civilization Studies (English) – Istanbul. Ini adalah calon saya yang paling awal, namun seiring dengan berlalunya waktu, saya menemukan calon-calon lainnya😉
  5. Koc University (swasta) – Ph.D. Program in Political Science and International Relations
  6. Bilkent University – IR department
  7. Istanbul University – Department of IR (Turkish)

Nah, kalau ditanya mengapa saya memilih Turki, karena beberapa hal. Namun alasan-alasannya baru akan saya bagikan ketika proses memperjuangkannya selesai😉

Untuk rekan-rekan yang juga tertarik untuk lanjut studi dan mau berjuang bersama, silakan simak informasi berikut (sumber: dari FB Turkiye Burslari dan sahabat di Istanbul).

Applications for 2015 Türkiye Scholarships Start!

10942587_788694457888362_2892641216511631661_n

Applications for Türkiye Scholarships undergraduate, master and PhD programme will start in February 2015. Deadline will be announced later on our website. Application term usually last approximately 30 days.

Further information:

Setelah 9 tahun berselang, semoga Allah memperkenankan dan meridhoi pertemuan dan kebersamaan kami kembali tahun ini. Dear Turkiye🙂. Hope to see you soon

4 thoughts on “[Share] Saatnya Bergerak, Memperjuangkanmu

    1. aamiin yaa Rabb, syukron ya neng ;D. Klo aye rejeki di sana, inshaAllah will be there for 5 years. Please let me know klo mw berkunjung ke sana yaaah😉.

    2. @nila: klo beasiswa pemerintah Turki, wajib ambil kelas Bahasa Turki 1 tahun pertama, kemudian baru deh kuliah (PhD standarnya 4 tahun). Hehehe… InshaaAllah ntar klo aye ke Jogja, kita ketemuan yaaah ;D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s