[Share] Biaya Hidup di Bonn

Beberapa waktu lalu, ada seorang kawan yang bertanya, “berapa sih biaya hidup rata-rata di Bonn?” Nah, di sini saya mengulas sedikit tentang topik ini.

Jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa Barat lainnya, Jerman tergolong yang paling murah biaya hidupnya. Adapun di dalam Jerman sendiri, Bonn termasuk yang cukup murah (walau bukan yang paling murah) dibandingkan kota-kota lainnya, seperti Cologne, Stuttgart, apalagi Munchen.

Sebagai gambaran, biaya hidup minimal yang disyaratkan kantor Imigrasi adalah 720 euro per orang dewasa, dan 360 euro per anak. Tapi dalam praktiknya, jika hidup berhemat, biaya hidup bisa lebih murah.

Begini rincian biaya hidup (untuk single):

  • Tempat tinggal: 200 – 500 euro per bulan. Tergantung luas, jenis, fasilitas dan lokasi apartemen. Untuk mahasiswa, ada fasilitas asrama yang cukup murah, berkisar 200 – 300 euro per bulan
  • Makan: 60 – 100 euro per bulan. Bisa lebih murah lagi jika memasak sendiri dan gak pengen makan makanan yang mahal, seperti daging sapi, seafood atau produk-produk dari toko Asia tiap harinya 😀
  • Asuransi Kesehatan: 70-an euro per bulan. Untuk mahasiswa S1-S2, adanya asuransi publik sangat membantu dalam menjamin biaya kesehatan. Asuransi publik termasuk yang sangat murah. Tapi kalau terpaksanya menggunakan health insurance dari perusahaan swasta (karena berumur 30+ atau mahasiswa PhD) biaya asuransinya bisa jadi lebih murah atau mahal tergantung perusahaannya.
  • Transportasi: untuk mahasiswa, biayanya gratis karena adanya semester ticket yang dibayar sekaligus pada awal semester. Semester ticket ini berlaku selama 1 semester dan bisa dipakai untuk naik bus, tram, dan kereta regional sepuasnya di satu bundesland (semacam negara bagian klo di Amrik). Kalau bukan mahasiswa, bisa membeli tiket bulanan area dalam kota Bonn seharga 95 euro.
  • Untuk pengeluaran lain, disesuaikan dengan kebiasaan masing-masing (untuk kebutuhan sekunder dan tersier)

Intinya, kalau untuk syarat tinggal di Bonn jika dengan biaya sendiri (tanpa beasiswa), paling tidak, perlu membuktikan kemampuan untuk mendapat minimum 720 euro per bulannya selama setahun.

Kurang lebih begitu. Feel free kalau ada hal lain yang ingin ditanyakan 😀

Advertisements

One thought on “[Share] Biaya Hidup di Bonn

  1. Wayan Jeki

    Hi Retno, artikel ini sangat membantu sekali, karena saya ada planning untuk Desember ini mengunjungi pacar saya disana.
    Pertanyaan saya: Tempat yang paling Retno rekomendasi untuk couple di daerah Bonn dimana ya? 🙂
    Dan berapa duit habis dari hold planned? Maksudnya dari ticker pesawat sampai bertinggal selama sebulan disana dan menggunakan fasilitas akomodasi yg standar menengah?
    Cuman mau mempersiapkan semuanya..

    Terimakasih,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s