[Tips] Surat Izin Penelitian di Provinsi NTB (on the spot)

 

Kali ini, saya bercerita tentang bagaimana mengurus surat rekomendasi penelitian di Bakesbangpoldagri Nusa Tenggara Barat di Mataram. Pengurusannya dilakukan langsung di kantor Bakesbangpoldagri NTB, yang beralamat di Jl. Pendidikan No.2, Dasan Agung Baru, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83125 (lihat peta). Ruang pengurusan surat rekomendasi penelitian terletak di bagian belakang. Jika bingung, bisa tanyakan ke satpam yang ada di depan pintu masuk.

Syarat pengurusan surat rekomendasi penelitian bisa dilihat di gambar berikut ini:

kesbangpol ntb
Ini syarat permohonan rekomendasi penelitian di Kesbangpol Prov NTB

Beberapa syarat di atas, sudah saya miliki semua kecuali nomor 6, yaitu amplop putih 5 buah. Amplop ini perlu kita siapkan untuk digunakan sebagai amplop surat tembusan ke berbagai instansi dan juga lembaga/ lembaga yang jadi tujuan penelitian kita. Karena saya sudah terlanjur ke Bakesbangpol, makan saya serahkan dulu persyaratan dan permohonannya ke petugas, baru kemudian menyusulkan amplopnya.

Proses pengurusannya sekitar 1 hari kerja. Namun mengingat saya perlunya mendesak karena waktu penelitian yang terbatas, maka bisa selesai dalam hari yang sama tapi sore hari. Saya datang sekitar pukul 08.30 dan mengambil suratnya pukul 15.00 WITA. Nah, saat mengambil suratnya, ternyata saya masih perlu memfotokopi surat yang ada sebelum dicap basah. Agak repot memang, karena jadinya bolak balik ke tempat fotokopian (awalnya untuk membeli amplop), ternyata masih harus ke fotokopian lagi untuk menggandakan surat yang ada (sesuai jumlah yang diperlukan). Alhamdulillah saya ada pinjaman motor, jadi tidak terlalu sulit harus ke tempat fotokopian yang agak jauh jika harus jalan kaki.

Memang, birokrasi antar instansi daerah yang satu dengan yang lain punya sistem dan kekhasan masing-masing, walaupun sama-sama instansi pemerintah. Jadi, yang bisa saya lakukan sekarang ya cuma ikuti alurnya saja, walaupun sempat agak berekspektasi lebih (dan membandingkan dengan daerah lain yang lebih simpel dan memudahkan).

Semoga layanan birokrasi di tanah air semakin mempermudah dan memperlancar urusan pihak-pihak yang memerlukan dan memenuhi syarat :). Kurang lebih itu pengalaman saya. Semoga bisa menjadi gambaran bagi teman-teman yang memerlukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.