[Review] J-Drama – Kounodori

800px-kounodori-main

Perjalanan menjalani proses kehamilan selama 40 minggu, plus 3 hari di ruang bersalin, plus 2 hari di ruang rawat, ditambah lagi 3 minggu menjalani peran sebagai emak-emak baru, memberikan pengalaman yang sungguh luar biasa buat saya.

Maka dari itu, saat tahu ada dorama Kounodori dari postingannya Ikkyu-mama alias jeng Riska di SINI, akhirnya saya pun langsung menontonnya (*nontonnya sambil nyambi ngemong anak). It’s been a long time not watching dorama. hahaha….

Dari dorama ini, saya semakin memahami dan mengamini bagaimana resiko para ibu dan calon bayi selama kehamilan dan persalinan. Saya harus banyak bersyukur karena saya dan debay bisa melewati proses hidup-mati ini dengan selamat dan sehat hingga sekarang. Alhamdulillah…

Selama ini, saat melihat teman saya yang hamil – melahirkan, saya kira proses tersebut mulus-mulus aja. Hahaha ^^”. Tapi kalau dipikir-pikir, asumsi ini muncul karena keterbatasan pengetahuan saya dan juga jarang banget ada orang yang share di sosial media terkait duka dan pahitnya menjalani kehamilan dan persalinan. So, saat mengalaminya sendiri, saya baru ngeh kalau hamil – melahirkan tidak semudah yang saya bayangkan sebelumnya. 

Selain proses kehamilan dan persalinan itu sendiri, saya juga jadi belajar banyak tentang dunia per-obsgin-an dari dokter kandungan saya (dr. Kartini, Sp.OG) dan para bidan di RSIJ Pondok Kopi tentang suka duka mereka. Sehingga, saat saya menonton 10 episode dorama Kounodori ini, saya bisa memahami betul bagaimana situasi dan kondisi para dokter kandungan dan bidan yang membantu para ibu dan calon bayi untuk bisa melewati proses penuh resiko tersebut.

Banyak filosofi dan nilai pelajaran yang bisa kita ambil dari dorama ini. So, it’s really worth to watch, especially buat para calon ibu yang sedang diamanahi salah satu “keajaiban” yang Allah swt berikan khusus untuk para perempuan, juga para calon dokter yang berencana untuk jadi dokter spesialis kandungan (*ayo dong, banyakin dokter kandungan perempuan XD).

Untuk menonton dorama ini, bisa streaming di: http://kissasian.com/Drama/Kounodori

Selamat menikmati dan mencari hikmahnya 🙂

[K-Drama] Misaeng

Saya suka sekali dengan tayangan-tayangan yang punya nilai dan makna pembelajaran filosofis mendalam. Karena, tidak hanya menghibur, tapi dari situ kita bisa mengambil hikmah dan juga sambil mengevaluasi diri. So kali ini, let me reviewed a currently airing K-drama named Misaeng (미생).

Berawal dari rekomendasi kakak saya (yang suka banget Korean-things), saya diberitahu tentang serial drama Korea baru ini. Awalnya saya tak terlalu tertarik karena “sok” sibuk dengan status pengangguran banyak acara yang baru saja saya sandang per akhir Oktober lalu :p. Tapi kemudian saya pun mencoba untuk melihatnya.

48975-266502

Misaeng (Hangul: 미생 – Misaeng) atau berarti “an incomplete life” merupakan live version dari serial komik online di Korea. Drama ini merupakan yang pertama melakukan syuting di Yordania. Episode pertamanya cukup membuat saya penasaran karena scene awalnya berlatarkan “Petra”, salah satu World Heritage yang ada di Yordania (*and aye sangat mengimpikannya untuk bisa ke sana XD. Nge-fans abis euy ama saksi peradaban yang satu ini). Selama menonton (sampai tulisan ini dibuat, sudah sampai episode 10) emosi saya dibuat naik turun karenanya (including mewek part :p).

Misaeng bercerita tentang seorang pemuda 26 tahun bernama “Geu Rae” yang tidak pernah duduk di bangku kuliah, dan hanya punya sertifikat GED saja (*semacam ijazah penyetaraan SMA). Namun ia harus menjalani kenyataan untuk masuk ke dunia kerja, di mana skill (pendidikan, bahasa asing, dll) adalah segalanya. Tentu saja, banyak yang nyinyir dengan pemuda tersebut. Bisa kerja apa dengan hanya bermodalkan GED?

Karena jaringan koneksi yang ia dapatkan, ia berkesempatan untuk magang di salah satu international trade company. Tentu saja, selama menjalani magang, ia sangat kewalahan baik dari sisi skill kerja maupun mental karena sering di-ghibah-in oleh teman magang dan kantornya. Akan tetapi, satu hal yang membedakan pemuda ini dengan mereka, bahwa walaupun ia kalah dalam hal skill, ia memiliki kemauan dan keseriusan untuk belajar (dan bekerja) secara totalitas.

Yang paling menarik buat saya, Geu Rae senantiasa mengaitkan pengalaman yang ia alami sehari-hari dengan permainan “Go” (atau dalam bahasa Korea bernama “Baduk”), yaitu semacam catur tradisional China. Ia bisa menemukan dan mengaitkan antara strategi bermain baduk dengan kehidupan yang ia alami. Di sini letak filosofisnya, bagian mencari makna, refleksi hidup dan belajar darinya. Dan saya suka sekali itu.

Di balik sosok Geu Rae yang sepertinya tidak ada apa-apanya, sebenarnya ia adalah seorang calon pemain baduk profesional. Sejak kecil hingga dewasa, ia selalu berkutat dengan baduk dan menghabiskan 10 jam tiap harinya untuk berlatih. Namun, ia gagal untuk menjadi seorang pro sehingga di usianya yang 26 tahun, dia dianggap terlambat karena tidak memiliki keterampilan lain.

Saat magang, ia berada di bawah supervisi Dong Shik dan manajer Oh Sang-shik. Dua orang ini merupakan pekerja keras, ekspresif namun memiliki kepribadian yang hangat. Dari merekalah, Geu Rae banyak belajar tentang kehidupan nyata dan budaya perusahaan.

Selain Geu Rae, ada juga 3 tokoh lain (Young Yi, Baek Ki dan Yoon Shik) sesama pegawai baru, yang memiliki latar belakang pendidikan dan skill sangat menyilaukan. Geu Rae dan ketiga koleganya, di dalam drama ini, menghadapi tantangan masing-masing. Dari situ, mereka belajar tentang kenyataan yang dihadapi di dalam sebuah perusahaan.

***

Buat yang pernah (atau sedang) bekerja tentu ada pengalaman yang mirip-mirip dengan yang dikisahkan di dalam drama ini. Dari film ini saya mencoba merefleksikan pengalaman saya selama mencicipi dunia kerja formal walaupun tak terlalu lama, hanya 1 tahun 8 bulan.

Meskipun tempat saya berkarya adalah sebuah NGO (not a commercial or profit oriented company in which lebih keras persaingannya), tapi dari pengalaman tersebut saya sangat menyadari bahwa apa yang saya pelajari selama menempuh pendidikan formal mulai dari SD sampai S2 tidaklah cukup sebagai “bekal” untuk terjun di dunia masyarakat dengan tantangannya yang begitu nyata. Tidak selalu yang namanya skill dan latar belakang pendidikan adalah segalanya di dunia kerja. Banyak hal-hal praktikal yang belum pernah kita pelajari, temui atau alami selama di bangku pendidikan formal.

Menurut saya, proses belajar itu takkan pernah berhenti dimanapun kita berada, termasuk di dunia kerja. Kita tak boleh membatasi diri dan merasa “jumawa” dengan apa yang sudah kita raih dan menutup diri untuk belajar. Sangatlah penting, men-sari-kan pengalaman hidup untuk mendapat hikmah agar kita menjadi pribadi yang lebih bijak dalam menjalani hidup.

Jaa, bagi yang tertarik untuk menontonnya via streaming online, bisa dilihat di tautan ini: MISAENG watch. Selamat belajar dan berjuang dalam berkarya di dunia masyarakat. Welcome to real world 🙂

PS: Diterjemahkan dan diolah dari berbagai sumber (Asian Wiki dan Drama wiki)

[Movie] Recommended Japanese Movies

Taiwan 4 hari ini sedang long weekend dalam rangka Moon Festival, atau dikenal juga sebagai mid-Autumn Festival. Nah, mumpung libur nih, let me share some recommended Japanese movies (as usual, nge-streaming online :D). Kurekomendasikan karena film-film ini bukan hanya sekedar penghibur dan pengisi waktu luang, namun ada nilai-nilai dan pelajaran yang bisa kita ambil darinya. Genre-nya pun bervariasi. Nah, bagi yang lagi senggang en ndak ada kewajiban lain, terutama bagi yang punya koneksi internet tak terbatas dan kuenceeng, silakan menyimak dan melihat-lihat daftarnya (diurut berdasarkan abjad) :). Itu ada beberapa hyperlink deskripsi tentang filmnya dan juga link streaming onlinenya.

***

1 LITRE OF TEARS

1-liter-of-tears-one-liter-of-tears-gma

Nah, film ini tentu sudah sangat familiar di telinga kawan-kawan. Seperti serial dramanya, 1 Litre of Tears movie sama-sama sangat mengharukan dan menguras air mata. Maka judul “1 liter airmata” itu bukan sembarang judul, karena bener-bener bikin nangis dan capek hati. Sehabis nonton ini, mataku sempat bengkak seharian :p. Kisahnya berfokus pada kehidupan keluarga Aya dan juga sahabatnya setelah Aya meninggal. Nilai yang bisa kita ambil adalah tentang nilai sebuah kehidupan, perjuangan dan keluarga. Silakan tonton di: 1 Liter of Tears

1,778 STORIES OF ME AND MY WIFE

1778stories4_poster

Film ini pernah kutulis reviewnya di SINI. Kisahnya mengharukan deh pokoknya, dan jadi banyak belajar tentang pengorbanan dan kesetiaan sepasang suami-istri. Saran –> siap-siapin tisu bagi yang mudah mewek seperti saya :p. Filmnya bisa ditonton di: 1,778 Stories of Me and My Wife

20th CENTURY BOYS (Trilogy – LIVE ACTION)

movie2

Bagi penggemar manga Jepang, terutama yang ber-genre adventure, tentu tak asing dengan judul ini. Kisah dari manga-nya diangkat ke dunia nyata. Filmnya menarik banget dah, penuh ketegangan dan perjuangan. Dari sini, belajar tentang persahabatan. Yang tertarik, bisa nonton online di tautan berikut: 1) 20th Century Boys2) 20th Century Boys 2: The Last Hope dan 3) 20th Century Boys 3: Redemption

CASTLE UNDER FIERY SKIES

katen_no_shiro

Film ini pernah ku-review di SINI. Berkisah tentang seorang arsitek jaman feodal Jepang yang ditugaskan sang Shogun untuk membuat kastil. Di sini banyak belajar dan mendapatkan nilai-nilai perjuangan, dedikasi terhadap profesi serta keluarga. Selain itu juga bisa belajar sejarah Jepang :). Silakan tonton di: Katen no Shiro

DEPARTURES

departures_ver2_xlg

Film ini punya kisah yang cukup unik dan tak biasa. Bercerita tentang seorang pemain Cello yang mendadak harus berubah profesi menjadi seorang “coffiner” alias pengurus jenazah/ pe-meti mati (?) –> maksudnya tugasnya seperti tukang memandikan dan mengkafani jenazah kalo di Islam. Dari film ini belajar bahwa profesi apapun, ketika kita menjalaninya dengan ikhlas dan sepenuh hati, itu akan jadi bernilai lebih. Oya, film ini sempat memperoleh berbagai penghargaan film internasional lho! Untuk menontonnya bisa dilihat di: Departures

DOOR TO DOOR

Door-to-Door-SP

Film ini mengisahkan seorang yang cacat fisik, namun ia punya keinginan yang kuat untuk bekerja dan membahagiakan ibunya. Terdorong oleh motivasi ingin seperti alm. ayahnya, sang tokoh pun berjuang untuk menjadi seorang sales yang menjual produk dari pintu ke pintu. Nilai yang bisa kita pelajari adalah tentang perjuangan, pantang menyerah, keluarga dan juga dukungan terhadap orang yang kekurangan secara fisik. Oya, film ini ternyata diadaptasi dari film Barat dengan judul dan kisah yang sama  (baru tahu ni aye). Bisa ditonton di: Door to Door SP

GRAVE OF THE FIREFLIES (Live Action)

grave poster

Wah, kalau nonton yang ini, harus bener-bener nyediain tisu yang banyak XD. Berkisah tentang kehidupan sepasang adik-kakak yang berjuang untuk hidup di tengah-tengah Perang Dunia di Jepang pada tahun 1940-an. Kunang-kunang (fireflies), menjadi point cerita yang paling menyayat hati TT___TT. Bisa ditonton di: Grave of the Fireflies

KIMI NI TODOKE (Live Action)

Kimi_ni_Todoke_movie_poster

Nah, kalau film-film sebelumnya itu banyak nangis en tegangnya, yang ini kukasih link film romance :p. Dari sekian film drama Jepang yang romance, Kimi ni todoke ini yang paling menarik dari sisi ide cerita. Berkisah tentang si Sawako yang dijuluki SADAKO (karena rambut dan mimik wajahnya) dengan teman sekelasnya, seorang yang paling populer di sekolah. SADAKO, aslinya adalah orang yang sangat baik hati dan hangat. Namun sering dikucilkan karena rumor yang tersebar. Ini adalah live action dari serial anime dengan judul yang sama. Bisa ditonton di: Kimi Ni Todoke

RUROUNI KENSHIN (SAMURAI X – Live Action)

Rurouni_Kenshin_(2012_film)_poster

Bagi penggemar berat anime dan manga, pastinya SAMURAI X sangat-sangat tak asing. Sejak daku masih SMP hingga sekarang, yang namanya Samurai X tu sesuatu banget. Hahaha… Nah, di tahun 2012 lalu dibuatlah live action-nya, trus karena saking penasarannya, aku dan rekan-rekan di kampus sampai bela-belain ke bioskop di Taipei untuk nonton. Namun, apa daya belum rejeki. Walhasil, si film baru bisa kutonton secara online :D. Secara values, mungkin gak terlalu dalam. Tapi ini cukup patut ditonton, terutama buat para penggemar berat Samurai X. Bisa dilihat di sini; Rurouni Kenshin

SWING GIRLS

cover_swing_girls_jp_le

Nah, satu lagi film Jepang yang menarik dan gak terlalu berat di otak dan hati :p. Swing Girls ini dimainkan oleh Ueno Juri *yang maen di Nodame Cantabile. Berkisah tentang kehidupan siswi-siswi SMA yang ingin membentuk klub Jazz. Menarik, jadi tahu bagaimana itu Jazz :D. Filmnya bisa ditonton di; Swing Girls

***

Sementara, sekian dulu daftar film-film Jepang yang kurekomendasikan. Tampaknya perlu beberapa hari untuk menyelesaikan itu semua. Hahaha… Selamat liburan dan menyaksikan. Jangan lupa, sambil nonton sambil belajar dan memetik hikmah di baliknya ya. Supaya gak sia-sia, en rugi udah menghabiskan banyak tisu + air mata + waktu. hahaha…. Enjoy!

[Drama] Putri Huan Zhu

[Drama] Putri Huan Zhu

Keinget jaman SMP dulu, paling demen nonton film ini :D! Sempet booming dan jadi hits di era 1998-1999. Awalnya kukira ini drama berasal dari China daratan, eh ternyata setelah tinggal di Taiwan sini, daku baru sadar klo ternyata rumah produksi dan beberapa artisnya berasal dari Taiwan :). 

Jadi, sebelum film meteor garden dan F4-nya booming, tren film Taiwan di tanah air bisa dikatakan sudah sejak adanya film Putri Huan Zhu ini. Terlampir adalah link nonton streaming full episode untuk Putri Huan Zhu :). Selamat bernostalgia 😀

[J-Movie] Castle Under Fiery Skies

火天の城 (Katen no Shiro) atau dalam bahasa Inggrisnya berjudul “Castle Under Fiery Skies” merupakan film berlatarkan sejarah Jepang zaman feodal Jepang di bawah kepemimpinan Oda Nobunaga. Ceritanya tentang perjuangan seorang arsitek untuk membuat benteng 5 lantai. Ceritanya oke punya deh pokoknya, sangat mengharukan TT___TT

Dari dulu daku mencari-cari film ini, kalau ndak salah nonton selama penerbangan ke Tokyo tahun 2009 lalu. Setelah 4 tahun kemudian, akhirnya daku bisa menemukan link untuk nonton secara online :D. Film ini meninggalkan kesan yang sangat dalam padaku. Mungkin karena saat itu sedang belajar sejarah Jepang, sehingga ketika berkunjung dan melihat langsung benteng Jepang, bisa memahami dan mendalaminya.

Berikut adalah sinopsis dari situs Asian Wiki:

Katen_no_Shiro

Profile

Movie: Castle Under Fiery Skies
Romaji: Katen no Shiro
Japanese: 火天の城
Director: Mitsutoshi Tanaka
Writer: Kenichi Yamamoto (novel)
Producer:
Cinematographer:
Release Date: September 12, 2009
Runtime: 139 min
Language: Japanese
Country: Japan

Plot

The year is 1575 in feudal Japan. Oda Nobunaga’s (Kippei Shiina) forces defeat Takeda Katsuyori, when Nagashino Castle was besieged during the Battle of Nagashino. The next year Oda Nobunada decides to build a lavish new castle symbolizing his unification of various factions. The castle named Azuchi Castle will be built near water and high enough to be seen from the capital city of Kyoto.

Notes

  • Based on Kenichi Yamamoto’s 2004 Novel “Katen no Shiro”.
  • The movie and novel concerns wood carpenters ordered to construct the Azuichi Castle, built from 1576-1579 on the shores of Lake Biwa in Omi Province, under the supervision of daimyo Oda Nobunaga.
  • Location was chosen due its proximity to the capital of Kyoto – could watch and guard approaches to the capital, but distant enough to be immune to the conflicts and fires that occasionally occurred in Kyoto.
  • Unlike other castles of its days, Azuichi was not built solely for military purposes, but also as a lavish mansion, which would impress and intimidate rival clans.

***

Untuk menonton filmnya secara lengkap bisa melalui link watch online DI SINI.

GALILEO (J-Drama)

Category: Movies
Genre: Mystery & Suspense
Dorama 10 episode ini memberikanku pengetahuan yang baru tentang cara pandang "para scientist ilmu eksak". Yukawa Manabu, seorang Profesor ilmu Fisika, yang juga disebut sebagai GALILEO, membantu pemecahan kasus-kasus kriminal yang ditangani detektif dari Kepolisian, Utsumi-san.

Tapi, bagaimanapun, Yukawa-sensei hanya sebatas tertarik dalam memecahkan trik-trik pembunuhan yang sepertinya "tak mungkin" dilakukan dan tidak dapat dinalar dengan pemikiran biasa. Kata-katanya yang khas, "Jitsu ni OMOSHIROI!!"

"Jangan pernah menilai dengan mudahnya suatu fenomena secara irasional. Pasti-lah fenomena tersebut memiliki penyebab yang logis, yang dapat dibuktikan secara fisika".

(sakjane rada’ abot sih, soale akeh simbol-simbol en logika fisika gituh >_
<!– <! Ning apik tenan…jadi belajar tentang banyak hal baru).

Pokoke, GALILEO = Film Detektif dengan perspektif yang berbeda… –>

Voice (J-Drama)

Category: Movies
Genre: Mystery & Suspense
Drama ini baru aja tayang di Jepang (sejak 12 Januari 2009).

Baca judul filmnya, sekilas memang kurang menarik. Tapi setelah tahu isi ceritanya, aye jadi seneng banget…^__^! Ndak sekedar menghibur, tapi menambah pengetahuan juga seputar dunia kedokteran plus cara berpikir logis ala detektif.

Ceritanya berkisah tentang lima mahasiswa tahun terakhir di Fakultas Kedokteran, yang memilih Kedokteran Forensik sebagai peminatan khususnya. Jarang-jarang mahasiswa memilih minor study ini, secara kalah tenar dengan bidang lain seperti Kedokteran Bedah atawa Kedokteran Jantung yang prestis.

Mungkin alasannya adalah dunia Forensik itu berhubungan dengan manusia yang sudah meninggal….

Namun, justru disitulah letak sisi menarik film ini, dimana para tokoh utama ditantang untuk menguak tabir penyebab manusia tersebut bisa meninggal (karena kecelakaan, pembunuhan, dsb). Merekalah yang bisa mendengar "suara" (voice) tersebut……

Berikut ringkasan isi drama (diambil dari wikidrama) :

A group of five medical students take on the task of conveying the "voices of the dead." Kaji Daiki fails to get into a popular heart surgery seminar but is somehow accepted into a seminar on forensic pathology. When he approaches professor Sagawa and asks him why he ended up in the seminar, Sagawa challenges him by asking why he wants to study heart surgery. Daiki replies that medicine is meaningless after the heart stops, but Sagawa counters that medicine also applies to the dead. And so, together with fellow students Ryosuke, Kanako, Teppei and Akira, Daiki begins to explore the mysteries of death……

Lebih lanjut, sila click jejaring ini :
http://wiki.d-addicts.com/Voice

Oya, aye rekomendasikan drama ini buat temen-temen yang tertarik dengan dunia kedokteran, dunia detektif, serta yang lainnya….

Drama ini perhaps bisa membuka mata kita, bahwa dunia forensik itu tak "sengeri" yang kita kira dan sangat menantang….^^